10 Penyebab Osteoporosis yang Jarang diketahui

Jenis Penyakit ini sering diidentikkan dengan wanita atau pria yang sudah renta dan yang merasakannya umumnya merasa kurang percaya diri. Umumnya masyarakat yang ingin mengetahui Penyebab Osteoporosis adalah dari golongan usia menjelang lansia, agar ketika usianya sudah lanjut tetap segar tubuhnya dan tidak mengalami masalah pada tulang.

Walaupun memang ada sebagian masyarakat yang usianya masih produktif juga mencari informasi penyebab osteoporosis namun tetap saja hanya sekedar mendapatkan informasi semata. Pada dasarnya bila kita jarang berolahraga dalam jangka panjang hal tersebut menjadi penyebab osteoporosis. Selain itu dari makanan yang dimakan pun juga ada yang menjadi menyebabkan masalah tersebut terjadi. Osteoporosis merupakan sebuah penyakit yang menyerang bagian tulang pada tubuh manusia, yang ditandai dengan penurunan fungsinya atau pun mengalami kerapuhan. Kegiatan yang menyebabkannya seperti sering membungkuk ataupun terlalu sering duduk.

Menurut data yang telah DOKTERKU.co.id himpun, 60% yang mengalami osteoporosis adalah orang yang sudah lanjut usia. Kemudian bagian tubuh yang paling beresiko terkena osteoporosis umumnya adalah pinggul, tulang punggung, hingga lutut. Bagian tubuh lain pun juga dapat beresiko terkena masalah yang sama, namun untuk bagian tersebut umumnya yang paling jarang digerakkan.

Jika Anda merasa baik-baik saja mungkin dikarenakan tidak mengetahui gejala yang dirasakan bila terkena masalah osteoporosis. Gejala umumnya seperti sakit pada bagian punggung, kehilangan tinggi badan secara periodik dikarenakan badan menjadi bungkuk, dan masihbanyak lagi. Selain jarang berolah raga masih banyak lagi hal-hal yang menjadi penyebab osteoporosis, oleh karena itu agar dapat lebih memahaminya berikut uraiannya lebih lengkap, antara lain :

1. Faktor Usia

Faktor Usia adalah salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Pertumbuhan tulang pada manusia akan berhenti di usia dua puluh tahunan, dan akan mulai berkurang kekuatannya jika tidak dipakai bergerak. Khususnya wanita yang usianya semakin bertambah dan melewati masa menopause akan merasakan gangguan pada tulang tubuhnya.

2. Faktor Jenis kelamin

Jenis kelamin adalah salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Penyebab osteoporosis juga dapat dipengaruhi dari faktor ini, dimana umumnya wanita adalah yang paling beresiko terkena osteoporosis terutama yang sudah melewati masa dimana wanita tidak mengalami menstruasi atau menopause.

3. Faktor Ras

Ras merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

wanita yang kulitnya putih khususnya yang ada di Asia lebih tinggi resiko terkena Osteoporosis. Ini dikarenakan wanita Asia umumnya lebih sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium rendah seperti misalnya menghindari produk dari hewan seperti daging atau telur.

4. Faktor Genetik atau Keturunan

Genetik atau keturunan merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Penyebab lainnya osteoporosis adalah bilamana orang tua atau kerabat ada yang memiliki riwayat penyakit osteoporosis, maka akan beresiko tinggi diturunkan pada generasi selanjutnya.

5. Faktor Ukuran Badan atau Tubuh

Ukuran badan atau tubuh merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Secara umumnya tubuh yang kecil pada pria maupun wanita akan memiliki resiko terkena osteoporosis lebih besar dikarenakan masa tulangnya yang lebih sedikit. Apalagi ditambah dengan usia yang semakin bertambah akan semakin beresiko juga terkena masalah tersebut.

6. Faktor Hormonal

Hormonal merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Hormonal merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Jika jumlah hormon yang terdapat dalam tubuh semakin sedikit juga menjadi penyebab osteoporosis. Hormon yang dimaksud adalah hormon sex yang akan memicu melemahnya tulang tubuh. Berkurangnya jumlah hormon esterogen terhadap wanita akan mempercepat masa menopause dialami sehingga semakin beresiko terkena masalah osteoporosis. Sedangkan untuk pria jika jumlah hormon testosteronnya dikarenakan bertambahnya usia sehingga memicu timbulnya masalah tulang. Tidak hanya berkurang, bilamana Hormon Tiroid bertambah jumlahnya sehingga terlalu banyak juga akan menyebabkan masalah osteoporosis. Umumnya yang menyebabkan jumlahnya bertambah adalah karena hormon tiroid yang terlalu aktif sehingga banyak mengkonsumsi obat untuk mengurangi hormon tersebut.

7. Faktor Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Jika makanan yang banyak dikonsumsi memiliki jumlah kalsium yang rendah, maka akan menjadi penyebab osteoporosis. Ini dikarenakan asupan yang mengandung kalsium memberikan asupan kepada masa tulang agar lebih padat sehingga terhindar dari resiko patah tulang. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium seperti ikan dan sejenisnya akan memperkuat tulang. Sedangkan makanan seperti daging merah hingga minuman bersoda justru sebaliknya akan melepaskan kalsium dalam darah sehingga memicu masalah tulang. Selain itu bagi Anda yang selalu menjaga berat badan dengan selalu mengurangi kalori makanan yang mengandung protein dan kalsium juga akan memicu masalah yang sama.

8. Faktor Tindakan Medis Khusus

Tindakan medis khusus merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Bila Anda pernah mengalami tindakan medis khusus seperti Operasi Gastrointestinal juga menjadi penyebab osteoporosis. Akibat tindakan operasi tersebut akan menyebabkan penurunan ukuran perut akibat adanya penghapusan bagian usus khususnya yang membatasi daerah-daerah penyerapan nutrisi sebagai contoh kalsium. Dengan begitu penyerapan tubuh untuk kalsium semakin berkurang yang akan menjadi penyebab osteoporosis.

9. Faktor Konsumsi Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Bagi yang sedang sehat memang sebaiknya mengurangi konsumsi obat-obatan, sebab hal tersebut akan menjadi penyebab Osteoporosis. Baik obat yang disuntik maupun yang dikonsumsi melalui mulut seperti obat cortisone hingga prednisone yang mengganggu pada proses pembangunan tulang.

10. Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan salah satu faktor penyebab Osteoporosis

Bagi Anda yang selalu beraktifitas sambil duduk sebaiknya berhati-hati karena justru Anda termasuk orang yang paling beresiko terkena osteoporosis dibandingkan dengan orang yang lebih aktif. Untuk itulah gaya hidup sehat harus diterapkan seperti melakukan kegiatan menahan beban, berjalan, melompat, hingga berlari danmenari merupakan kegiatan produktif yang akan mencegah terjadinya masalah osteoporosis.

Tidak hanya itu saja bagi Anda yang terbiasa gaya hidupnya mengkonsumsi alkohol, merokok, hingga minum kopi dan teh pun juga memiliki resiko yang sama karena berkontribusi melemahkan tulang. Menurut pakar kesehatan, Air seni orang yang biasa mengkonsumsi kopi terdapat kandungan kalsium yang berfungsi dalam proses pembentukan tulang.

Jadi dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penyebab osteoporosis cukup beragam dan bisa jadi salah satunya terdapat pada kebiasaan yang Anda lakukan setiap harinya. Oleh karenanya sebaiknya evaluasi kembali gaya hidup yang Anda lakukan apakah terdapat beberapa kegiatan yang menjadi penyebab masalah tulang? Jika Ada sebaiknya kurangi bahkan tinggalkan kegiatan tersebut dan ganti dengan kegiatan lainnya yang justru sebaliknya menghindarkan Anda dari resiko osteoporosis. Selain dari faktor makanan dan obat pada dasarnya manusia memang ditakdirkan harus banyak bergerak agar terhindar dari berbagai resiko penyakit selain dari masalah tulang tersebut. Khususnya bagi Anda yang bidang pekerjaannya lebih banyak duduk diruangan. Dengan mengetahui penyebab-penyebab osteoporosis tersebut harapannya masyarakat jadi lebih mawas diri bahwa tidak ada manusia yang terhindar dari penyakit karena penyebabnya ada pada diri Anda serta lingkungan Anda sendiri dalam menjalankan kehidupan.

dr. Megaputera, Sp.OT

Dokter Bedah Tulang (Ortopedi) sub-spesialis lutut dan cedera olah raga. Seorang Ayah dari 2 orang Anak, Founder Surabaya Knee Centre surabayakneecentre.com