16 Jenis Buah dan Sayuran Untuk Diet Sehat

Diet adalah salah satu cara untuk mendapatkan body atau bentuk tubuh yang ideal. Pada dasarnya semua orang, terlebih kaum hawa, selalu ingin terlihat menarik dimata semua orang terutama bentuk fisiknya. Yang mana tentunya, semua sepakat jika bentuk tubuh atau badan yang langsinglah yang di nyatakan sebagai bentuk tubuh yang ideal.

Untuk mendapatkan body ideal tersebut, Anda harus menjaga pola hidup, maupun pola makan yang sehat. Dengan tidur yang cukup, olahraga teratur serta mengkonsumsi sayuran hijau dan buah buahan segar yang sangat tinggi serat, protein, nutrisi dan berbagai vitamin.

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan wajib yang harus kita konsumsi, karena didalam sayur dan buah terdapat banyak sekali kandungan gizi, tinggi nutrisi serta serat untuk melancarkan pencernaan.

Nah, berikut adalah aneka sayuran dan buah-buahan yang bisa menunjang suksesnya program diet yang sedang Anda jalankan demi mendapatkan body impian Anda.

1. Brokoli

Brokoli sudah terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker. Tetapi dari istilah itu brokoli masih punya keunggulan lain. Yaitu sangat cocok untuk dikonsumsi pada waktu diet. Brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks berfungsi untuk menurunkan berat badan. Serta kandungan serat yang tinggi dalam brokoli juga dapat melancarkan system pencernaan tubuh.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran terbaik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Bayam mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dibandingkan sayuran hijau lainnya. Kandungan serat didalam sayuran bayam ini selain berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, serat didalam bayam juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, yaitu bisa mengurangi timbunan air dalam tubuh manusia.

3. Jeruk Lemon

Buah jeruk lemon ini berguna untuk detoksifikasi dan juga melancarkan peredaran darah. Selain dua manfaat itu, buah jeruk juga dapat membersihkan kolesterol dalam tubuh dan melancarkan pencernaan, sehingga melalui hal ini jeruk lemon bisa menurunkan berat badan dan sangat tepat untuk diet. Tidak hanya itu, ternyata mengkonsumsi buah jeruk juga dapat mencegah rasa lapar dalam perut.

4. Buah Berry

Buah berry adalah buah buahan yang terdiri dari strawberry, blueberry dan blackberry. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini hampir sama halnya dengan buah jeruk lemon. Yaitu mengandung serat untuk pencernaan. Tetapi dalam buah berry terdapat kandungan hormon leptin dan adinopectin yaitu hormon yang bisa memberi sensasi kenyang pada tubuh.

5. Bunga kol

Bunga kol adalah sayuran berikutnya yang baik untuk kesehatan. Jika kita semua tahu kalau jeruk mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi, maka dalam kategori sayuran, bunga kol adalah sayuran yang mengandung vitamin c tertinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Kandungan vitamin C ini sangat penting untuk membakar lemak dalam tubuh.

6. Buah Apel

Buah yang sangat terkenal dan disukai banyak kalangan ini ternyata juga mengambil peran saat kita sedang menjalankan program diet. Apel sangat rendah kalori, dalam 1 buah apel hanya terdapat sekitar 100 kalori. Itu sebabnya buah apel masuk referensi untuk dikonsumsi saat Anda menjalankan diet. Kandungan serat yang tinggi juga menyebabkan kita merasa kenyang lebih lama setelah memakannya.

7. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang kami maksudkan adalah sejenis kacang hitam atau kacang kedelai. Jenis maknan ini adalah sumber protein nabati, akan tetapi tidak mengandung lemak jenuh seperti layaknya daging. Walaupun diet harus berusaha mengurangi asupan kalori, protein tetaplah dibutuhkan dalam tubuh. Kacang-kacangan adalah makanan yang proses pencernaannya lama. Jadi dapat membuat perut akan teras lebih kenyang.

8. Buah Pear

Buah pear ini mempunyai banyak sekali kemiripan dengan buah apel untuk program diet. Selain  itu buah pear juga mengandung serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama dan menahan rasa lapar.

9. Buah Nanas

Buah berwarna kuning jika sudah matang ini juga menjadi salah satu buah-buahan yang wajib konsumsi saat diet berlangsung. Karena buah nanas dapat mengontrol lemak dalam tubuh, bebas kandungan kolesterol, bebas lemak, sehingga buah ini sangat tepat untuk diet. Nanas mengandung 85% air sehingga tidak memberikan kalori dalam tubuh. Mengkonsumsi buah nanas secara teratur juga menbuat kita kenyang lebih lama.

10. Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah pepaya mempunyai kandungan serat yang banyak untuk melancarkan proses pencernaan. Buah ini juga mengandung sedikit gula sehingga tidak memberikan kalori pada tubuh. Maka dari itu buah pepaya sangat cocok untuk Anda yang menjalankan diet.

11. Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang tinggi kalori. Tanpa disadari buah pisang sebagai buah tinggi kalori sangat berguna untuk program diet sangat dibutuhkan. Jika Anda mengkonsumsi buah pisang pada pagi hari Anda akan lebih lama untuk merasa kenyang. Hal itu disebabkan karena kandungan kalori dalam buah pisang yang tinggi.

12. Buah Melon

Buah berbentuk bundar ini adalah buah yang rendah karbohidrat. Buah melon juga banyak mengandung air. Karena kandungan ini makan buah melon dapat membantu meregulasi suhu tubuh dan juga mengeliminasi kolesterol jahat dalam tubuh. Buah melon juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan seseorang.

13. Buah Tomat

Selain manfaat buah tomat untuk mata, ternyata buah mungil berwarna merah ini juga baik dikonsumsi saat Anda menjalankan program diet. Karena kandungan kalori didalam buah tomat yang sedikit, maka buah tomat sangat cocok untuk menurunkan berat badan seseorang.

14. Buncis

Buncis adalah sayuran yang hamper sama bentuknya dengan kacang ini ternyata juga berguna bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Buncis terkenal untuk melancarkan system pencernaan dalam tubuh manusia karena kandungan serat yang ada didalamnya.bukan hanya sistem pencernaan, tetapi gula darah juga bisa diatur dengan mengkonsumsi buncis.

15. Sawi

Hampir ada kesamaan dengan sayuran bayam. Pada sayur sawi ini terdapat banyak sekali serat yang dimiliki. Sehingga untuk Anda yang sedang menjalankan diet sangat cocok mengkonsumsi sayuran ini, supaya kegiatan pencernaan dalam tubuh kita bekerja dengan semaksimal mungkin.

Dan juga kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

16. Buah Kiwi

Buah kiwi tidak hanya enak untuk di makan tetapi juga sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Didalam buah kiwi terdapat kandungan serat yang tinggi. Serta biji kiwi yang berwarna hitam juga mengandung serat yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Karena hal ini pula, buah kiwi cocok untuk diet karena akan memberi rasa kenyang pada perut Anda.

Demikian di atas 16 buah dan sayuran yang idealnya Anda konsumsi saat sedang menjalankan diet. Dan juga tentunya bagus di konsumsi kapan saja buat semua orang tanpa terkecuali. Nah, selamat mencoba dan semoga uraian di atas bisa bermanfaat

Nurhayani, SKM

Nurhayani, SKM, biasa dipanggil Ibu Yani, saat ini bekerja sebagai staf PPI (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) di RSUD Kota Makassar. Aktif menulis di DOKTERKU.co.id, juga aktif di organisasi profesional seperti PPNI (persatuan perawat nasional Indonesia), FORMIKI (Organisasi Profesi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia).