3 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan, rasa gatal dan sakit muncul secara tiba-tiba tanpa tau apa penyebabnya. Biasanya sakit tenggorokan terjadi akibat virus dan bakteri, sakit tenggorokan akan sangat terasa sakit saat Anda menelan makanan atau minuman, ada peradangan pada saluran pernapasan memang membuat banyak aktivitas mulut menjadi terganggu, sakit tenggorokan paling sering menyerang anak-anak dan remaja, pasalnya mereka kerap berada dan mengonsumsi makanan dan minuman dengan sembarangan.

Selain karena bakteri dan virus yang masuk ke dalam saluran pencernaan, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi serta beberapa penyakit tertentu. Orang yang sedang mengalami penyakit seperti flu, cacar, campak serta sesak napas kemungkinan juga akan mengalami rasa sakit di bagian tenggorokan nya. Sakit tenggorokan juga disertai dengan beberapa gejala seperti sakit kepala, iritasi, tenggorokan gatal, nyeri otot dan bahkan dapat memicu batuk.

Ketika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, Anda tak harus panik dan bingung bagaimana cara menyembuhkannya. Karena penyebab utama adalah bakteri dan virus, maka langkah yang baik untuk menghilangkan sakit tenggorokan adalah dengan membunuh pemicunya tersebut. Jangan biarkan rasa sakit tenggorokan hingga mengakibatkan rasa perih akibat adanya iritasi pada tenggorokan, pasalnya jika sudah dalam kondisi demikian Anda akan kesulitan untuk mengobatinya. Jadi sebaiknya lakukan pengobatan sedini mungkin ketika Anda merasakan tenggorokan sakit, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati dan meredakan sakit tenggorokan. Dan berikut cara mengobatinya.

1. Menggunakan Air Garam

Kandungan garam dapat menghentikan iritasi dan membunuh bakteri yang ada di tenggorokan Anda.Dengan berkumur air gram hangat secara rutin sakit tenggorokan yang Anda alami bisa segera hilang. Cukup larut kan 1 sendok teh garam dapur ke dalam 1 gelas berisi air hangat, selanjutnya berkumurlah setiap satu jam sekali. Memang akan terasa sangat asam dan bahkan tidak nyaman, namun Anda tak perlu menelan larutan garam tersebut, hanya berkumur hingga larutan garam merata di area mulut Anda. Dan dipastikan dalam waktu setidaknya 3 hari rasa sakit tenggorokan yang Anda rasakan akan hilang. Selain dapat mengobati sakit tenggorokan, air garam juga bisa Anda pakai untuk mengobati batuk dan flu.

2. Hentikan Merokok

Salah satu penyebab sakit tenggorokan adalah merokok, jika Anda salah satu perokok dan mengalami sakit pada tenggorokan maka sebaiknya jangan merokok dulu hingga sakit tenggorokan Anda benar-benar sembuh. karena kandungan nikotin pada sap rokok dapat mengiritasi saluran pernapasan Anda dan mengakibatkan tenggorokan terasa sangat sakit.

3. Istirahat yang Cukup

Ketika kekebalan tubuh Anda menurun, maka beragam bakteri siap masuk ke dalam tubuh Anda. Biasnya bakteri kerap masuk melalui mulut dan saluran pernapasan, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada tenggorokan. Untuk mengembalikan kekebalan tubuh Anda, sebaiknya istirahatlah yang cukup, ketika istirahat anda cukup maka kekebalan tubuh menjadi semakin meningkat dan sakit tenggorokan yang Anda alami tidak semakin parah.selain istirahat untuk mengobati sakit tenggorokan agar lebih cepat sembuh Anda tentu harus melakukan pengobatan, seperti berkumur atau mengonsumsi obat pereda sakit tenggorokan.

Selain ketiga cara di atas, agar sakit tenggorokan Anda benar-benar hilang, sebaiknya Anda juga perhatikan kelembapan rumah Anda. Pasalnya salah satu penyebab terjadinya sakit tenggorokan adalah karena kekeringan udara, ruangan yang kering dapat memicu sakit tenggorokan. Jadi sebaiknya selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga bisa memerhatikan ruangan rumah Anda.

Kemudian agar sakit tenggorokan tak berulang, perhatikan juga kebersihan tempat Anda tinggal, seperti kebersihan pakaian, air yang Anda minum serta kebersihan diri serta makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya degan menjaga kebersihan, maka Anda akan terhindar dari berbagai bakteri dan virus yang mencoba masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan. Jika keadaan sakit tenggorokan dibiarkan dalam waktu lama, maka kemudian gejala awal yang akan Anda alami adalah batu, dalam kondisi terparahnya Anda bisa batuk berdarah akibat adanya luka pada tenggorokan, selain itu akibat iritasi yang cukup parah tersebut batuk pun akan terasa sangat perih dan tentu sangat menyiksa.

Jadi sebaiknya agar hal-hal yang tidak kita ingin terjadi, segeralah lakukan pengobatan alami pada sakit tenggorokan. Pengobatan yang sudah teruji adalah dengan berkumur menggunakan air garam setiap hari.

Nurhayani, SKM

Nurhayani, SKM, biasa dipanggil Ibu Yani, saat ini bekerja sebagai staf PPI (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) di RSUD Kota Makassar. Aktif menulis di DOKTERKU.co.id, juga aktif di organisasi profesional seperti PPNI (persatuan perawat nasional Indonesia), FORMIKI (Organisasi Profesi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia).