3 jenis makanan dan minuman yang dapat mencegah batuk

Bila batuk menyerang merupakan sesuatu yang memalukan bagi penderitanya, apalagi jika jenis batuk yang dialami adalah yang berdahak tentu akan merasa dilema bila tenggorokan merasa gatal. Penyakit batuk sangat mudah menyerang siapa oleh karenanya sebaiknya memang menggunakan masker merupakan salah satu cara pencegahan tidak terjangkit. Namun hal tersebut tidak menghentikan batuk hanya mencegah penyebarannya kepada orang lain.

Sebenarnya ada cara mencegah batuk, sehingga ketika bertemu dengan orang yang sedang mengalami batuk tidak mudah terkena penyebarannya. Selain cara fisik dengan menggunakan masker, ada juga makanan dan minuman yang dapat meningkatkan antibody tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Makanan dan minuman tersebut pun berasal dari bahan alami yang memiliki sedikit efek samping pada tubuh namun lebih banyak khasiatnya.

Makanan dan minuman pencegah batuk termasuk kategori obat tradisional, dan menurut http://ejournal.litbang.depkes.go.id Sebagian besar masyarakat yang menggunakan obat tradisional untuk batuk tersebut 40% dari masyarakat perkotaan dan 60% dari masyarakat desa.

Untuk minuman instan yang dapat mencegah batuk umumnya sudah dikemas dan siap saji, biasanya masih terdapat bahan pengawet didalamnya yang tidak baik bagi tubuh dimasa mendatang.Walaupun jenis minuman tersebut termasuk kategori obat batuk namun bagi yang sudah merasakan gejala tenggorokan gatal namun belum batuk akan lebih efektif menghilangkan gejala tersebut sehingga tidak muncul kembali dan tidak terjadi batuk. Akan tetapi perlu dicatat bahwa dalam mengkonsumsi obat tersebut tidak dalam keadaan beraktivitas karena akan efek samping obatnya adalah mengantuk, sehingga membahayakan ketika sedang beraktivitas apalagi sedang berkendaraan. Bila tubuh dapat dijaga tetap sehat dan bugar maka dapat dipastikan untuk mencegah batuk serta penyakit lainnya. Akan Tetapi sibuknya aktivitas pekerjaan membuat sebagian masyarakat belum dapat melakukan aktivitas seperti berolahraga.

Penyebab Batuk dapat berasal dari virus, bakteri hingga makanan gorengan yang dimakan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara penyembuhannya serta cara pencegahannya. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mencegah batuk, antara lain :

1. Minuman Teh dan Jahe

Minuman teh dan jahe dapat digunakan untuk Mencegah batuk

Jika Anda terbiasa minum teh manis, maka sebaiknya lengkapi dengan jahe agar dapat mencegah batuk. Cara penyajiannya cukup mudah cukup dengan mengambil jahe secukupnya kemudian cuci dengan air bersih yang mengalir, kemudiah ditumbuk sekali saja tidak sampai hancur hanya agar kandungan air didalamnya keluar. Setelah itu masukkan kedalam minuman teh manis yang telah dibuat sebelumnya. Minum yang rutin dua hingga tiga kali sehari dalam keadaan hangat. Selain bermanfaat mencegah batuk juga bermanfaat menghangatkan badan sehingga tidak mudah masuk angin. Berbeda halnya jika batuk yang dirasakan berdahak, maka tinggal ganti komposisi bahan campurannya yaitu jahe yang sudah dihaluskan dan dicampurkan dengan kencur kemudian rebus menggunakan segelas air hingga mendidih dan sajikan selagi hangat. Dengan mengkonsumsi secara rutin dua kali sehari akan menjaga tubuh tetap sehat dan menyembuhkan batuk berdahak.

2. Menggunakan Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk Mencegah batuk

Selain bermanfaat untuk campuran sambal, jeruk nipis juga dapat membantu mencegah batuk jika diminum secara langsung. Cara penyajiannya mudah cukup ambil buah jeruk nipis secukupnya belah menjadi dua bagian dan peras ambil airnya kemudian minum. Jika ingin menambahkan sedikit kecap atau madu sesuai selera juga bisa dilakukan cukup satu sendok teh saja agar sedikit menambahkan rasa dan tidak terlalu sepet. Konsumsi secara rutin dua hingga tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal dan menyembuhkan batuk Anda. Bila yang dirasakan adalah batuk berdahak, maka Anda dapat mengubah komposisinya jeruk nipis ditambahkan dengan daun sirih. Cara penyajiannya cukup mudah cukup dengan menyiapkan 7 lembar daun sirih dan jahe kemudian rebus dalam dua gelas air hingga mendidih kemudian sajikan selagi hangat. Sebelum diminum tambahkan jeruk nipis yang sudah diperas satu sendok teh lalu minum selagi hangat. Jika jahe biasa masih dirasa kurang menghangatkan dapat diganti dengan jahe merah yang dikenal lebih pedas dibandingkan jahe biasa. Konsumsi dua hingga tiga kali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Buah Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh dapat digunakan untuk Mencegah batuk

Buah belimbing ini memang tidak manis seerti belimbing pada umumnya, karena itulah lebih sering digunakan untuk campuran dalam membuat sayur karena rasanya yang terkenal asam. Untuk mendapatkan khasiat mencegah dan mengobati batuk cukup dengan mengambil beberapa buah belimbing wuluh secukupnya kemudian haluskan dengan diparut ambil airnya dengan cara disaring. Kemudian tambahkan sedikit garam sebelum disajikan untuk menetralisir rasa asam didalamnya dan minum dua kali sehari secara rutin. Jika batuk yang dirasakan berbeda, maka dapat mengubah komposisi bahan campurannya dengan mengambil kunyit dan merica secukupnya. Kunyitnya sediakan yang bubuk dan cukup menggunakannya satu sendok makan saja serta merica bubuk setengah sendok teh, kemudian masukan satu sendok teh belimbing, sari belimbing wuluh yang sudah diperas sebelumnya seduh dengan air panas dan sajikan selagi hangat. Perpaduan bahan tersebut selain dapat menghilangkang batuk juga dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan, selain itu juga dapat meningkatkan antibodi karena dari kunyit cukup banyak mengandung antibiotik untuk tubuh sehingga tidak mudah terserang beragam penyakit.

Cara alami dalam membuat dan menyajikan minuman untuk mencegah batuk dan juga untuk meningkatkan kesegaran dan kesehatan tubuh secara alami tersebut walaupun sedikit repot dalam pembuatannya namun sangat efektif dalam jangka panjang. Selain itu juga tidak akan memberikan efek samping yang membahayakan bagi tubuh dibandingkan obat-obatan yang sudah dikemas dipasar swalayan.

Selain tidak mengandung bahan kimia berbahaya, bahan alami jauh lebih efektif meredakan dan menyembuhkan batuk sehingga tidak muncul kembali. Selain itu dampak positif lainnya juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Jadi bila ingin melakukan pencegahan terhadap batuk serta menjaga stamina dan kesehatan tubuh cukup dengan mengkonsumsi minuman dari bahan alami tersebut agar terhindar dari penyebaran batuk yang sangat mungkin terjadi dilingkungan sekitar kita. Jadi menggunakan masker tidak cukup untuk mencegah dari penyebaran virus flu yang umumnya disertai batuk. Selain dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut juga olahraga rutin perlu dilakukan agar tetap dapat menjaga metabolisme tubuh seimbang dan aliran darah dan oksigen lancar mengalir keseluruh tubuh. Munuman dengan campuran jahe didalamnya tersebut dapat meningkatkan dan melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh sehingga tidak mudah terkena virus flu dan batuk. Jadi Anda lebih memilih mencegah batuk secara alami atau instan? Jawabannya Anda sendiri yang menentukan.

dr. Ika Mariani Ratna Devi, Sp.PD

Seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menetap di kota Surabaya, aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Sebagai ibu Rumah tangga dengan 2 Orang Anak, yang memiliki passion bisnis online dan pembicara seminar kesehatan (prefered diabetes and cancer)