5 Cara Mengatasi Jerawat yang Efektif

Selain masalah berat badan, masalah paling universal yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah jerawat. Jerawat menjadi masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan orang-orang, karena jerawat yang muncul di kulit membuat kulit terlihat tidak sehat dan kusam. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul di permukaan kulit wajah. Ada bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat, bahan-bahan alami ini bisa didapatkan dengan begitu mudahnya dan harganya pun murah. Berikut ini cara mengatasi jerawat di wajah dengan memanfaatkan bahan alami yang murah:

Banyak minum air putih

Banyak minum air putih

Jika Anda memiliki masalah jerawat, maka cara alami yang bisa Anda aplikasikan pertama kali untuk membantu mengatasi jerawat adalah minum air putih. Kulit akan menunjukkan kondisi alami tubuh seseorang, jika Anda termasuk pada golongan orang yang seringkali berjerawat, maka di tubuh Anda terdapat terlalu banyak racun serta zat sisa atau stres yang berkepanjangan yang disebabkan oleh beberapa hal. Untuk membantu mengeluarkan semua racun serta zat sisa tersebut, Anda bisa minum 8 gelas setiap harinya, air putih akan membantu menetralisir tingkat keasaman di dalam tubuh Anda dan membantu membersihkan serta melembabkan kulit wajah dan kulit badan dari dalam.

Mentimun segar

buah mentimun segar untuk jerawat

Salah satu bahan alami yang berharga murah yang ternyata berfungsi dengan sangat baik untuk mengatasi jerawat di kulit wajah adalah buah mentimun segar. Mentimun dikenal sebagai masker wajah khususnya untuk jenis kulit yang berminyak. Mentimun akan membantu menyerap minyak berlebih yang ada di wajah dan membantu melembabkan kulit wajah yang kering, mentimun kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi dengan baik untuk meredakan peradangan pada jerawat sekaligus membersihkan wajah dari sisa kotoran. Anda bisa menggunakan masker mentimun ini setiap hari sekali untuk membantu membersihkan wajah anda sebelum tidur.

Wortel segar

Wortel yang mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi

Cara mengatasi jerawat yang juga efetif selain menggunakan buah mentimun adalah wortel segar. Sayuran ini mengandung beta carotene, tepatnya vitamin A yang sangat tinggi yang akan membantu menghilangkan minyak berlebih di kulit wajah. Antioksidan yang terdapat di dalam wortel segar juga berfungsi dengan baik untuk mengatasi iritasi dan jerawat yang meradang. Anda bisa menggunakan masker wortel atau mengolah wortel yang segar menjadi jus wortel segar, minum minuman ini setiap hari dan gunakan masker wortelnya 2 kali setiap minggunya.

Anggur

Masker Anggur untuk wajah, karena buah anggur bersifat anti-radang

Buah ini kaya akan kandungan antioksidan, yakni vitamin A dan juga vitamin C. Buah anggur ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit wajah Anda yang berjerawat karena buah anggur bersifat anti-radang dan juga mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah. Buatlah masker wajah dari buah anggur yang segar dan gunakan di malam hari sebelum tidur.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang membantu melawan bakteri

Jika Anda bermaksud untuk menghilangkan jerawat di wajah, maka Anda bisa menggunakan yogurt sebagai bahan alami yang ampuh. Anda yang tertarik untuk mencoba bahan alami ini bisa menggunakan yogurt plain sebagai bahan utamanya, gunakan yogurt plain saja atau campurkan yogurt plain dengan bahan alami lainnya. Yogurt mengandung probiotik yang mana akan membantu melawan bakteri di kulit wajah, sedangkan rasa asamnya akan membantu membersihkan minyak serta kotoran yang ada di kulit wajah.

Ada pun cara mengatasi jerawat yang lainnya masih banyak sekali, cara di atas hanyalah beberapa cara yang mudah yang akan membantu Anda untuk meredakan jerawat yang meradang dan menghilangkan jerawat.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.