5 Masalah Remaja yang Disebabkan Oleh Faktor Kurang Tidur

Disaat usia remaja memang banyak sekali kegiatan yang sering menguras waktu, bahkan banyak waktu istirahat yang terbuang sia-sia hanya untuk melakukan aktivitas di depan monitor untuk bermain game atau berselancar di dunia maya. Seperti yang kita ketahui pada masa sekarang ini, bahwa banyak remaja sudah kecanduan dengan gadget mereka, sehingga seringkali tak menyadari berapa waktu yang telah mereka buang percuma. Akibatnya, waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk tidur dan beristirahat akan tersita setiap harinya, belum lagi kegitan lainnya yang sering membuat para remaja harus begadang semalaman, entah itu hanya untuk menonton bola, atau selalu aktif di sosial media.

Jika hal ini terus saja dilakukan setiap harinya, tentu akan sangat memicu timbulnya masalah kesehatan, mulai dari yang ringan, sedang hingga parah. Dan inilah beberapa gangguan kesehatan yang akan kamu hadapi jika tidak segera mengubah kebisaan buruk  begadang di malam hari.

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Kurangnya tubuh dalam mendapatkan waktu untuk beristirahat dapat memicu banyak masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh akan terus mengalami penurunan serta semakin melemah dan akibatnya akan membuat tubuh mudah terserang oleh penyakit. Maka dari itu usahakanlah agar waktu istirahat bisa tercukupi dan bila perlu konsumsilah tambahan vitamin atau suplemen yang dapat membantu mengingkatkan sistem kekebalan tubuh, supaya tidak mudah sakit dan siap menjalani rutinitas sehari-hari.

2. Berkurangnya Daya Ingat

Sewajarnya pada usia remaja sifat pelupa atau pikun tidaklah datang secepat itu, sebab fungsi otak belum mengalami penurunan. Otak masih dalam keadaan yang sehat dan kuat sehingga saat remaja daya ingat seharusnya masih bisa bekerja secara maksimal. Namun karena kebiasaan begadang dimalam hari akan membuat siapa saja menagalami kepikunan entah itu orang dewasa ataupun remaja. Penuhi kebutuhan istirahat setiap hari selama 8 jam, agar tubuh bisa mendapatkan kembali tenaga dan agar pikiran lebih segar dan sifat pelupa bisa dihindari.

3. Kurang Produktif

Selain hilangnya konsentrasi dalam mengerjakan segala sesuatu, dampak buruk akibat kurang tidur yang lainnya adalah  kurangnya produktifitas dalam menjalankan kegiatan. Rasa kantuk akibat begadang semalaman membuat tubuh kehilangan semangatnya, dan parahnya lagi bisa tertidur disaat beraktifitas.

4. Sulit Untuk Berkonsentrasi

Akibat buruk dari kurang tidur adalah hilangnya konsentrasi. Hal ini pasti akan terjadi jika waktu istirahat tetap digunakan untuk beraktivitas. Rasa ngantuk, lesu dan tidak bersemangat akan menghinggapi siapa saja yang mengurangi jatah waktu untuk tidur, sehingga saat siang hari yang seharusnya digunakan untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu akhirnya tidak dapat berkonsentrasi

5. Menimbulkan Masalah Jerawat di Wajah

Usia remaja di kenal sebagai masa pubertas, sehingga hormon didalam tubuh akan sangat berpengaruh dan seringkali menimbulkan banyak masalah seperti jerawat. Apalagi  jika didukung dengan pola tidur yang buruk, masalah jerawat diwajah akan semakin meningkat dan membuat jerawat tumbuh dengan subur pada wajah. Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang merupakan efek buruk dari kurangnya porsi tidur dimalam hari.

Itulah beberapa kerugian yang akan didapatkan karena kurang beristirahat atau kurang tidur, yang akan membuat aktifitas terganggu dan tidak bisa maksimal dalam melakukan semua kegiatan. Maka dari itu sangat disarankan untuk selalu menerapkan pola tidur yang berkualitas agar tubuh bisa kembali fit di pagi hari dan siap untuk menjalani hari.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.