6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

DOKTERKU.co.id – Tubuh yang sehat akan memberikan banyak manfaat, kita bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih bersemangat dan lebih baik. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengindahkan kondisi tubuhnya sendiri, karena terlalu sibuk bekerja dan bermain sehingga waktu istirahat dan waktu makan sering dilewatkan dan waktu olahraga yang tidak ada sama sekali, padahal tubuh bukanlah mesin robot yang bisa bekerja terus menerus tanpa beristirahat.

Dapatkan 6 Manfaat Berolahraga Berikut Agar Kesehatan Tubuh Anda Semakin Prima!

Apa saja yang saya dapatkan jika rajin beroahraga?

Agar tubuh sehat dan bugar selalu, pastikan untuk rajin berolahraga, upayakan untuk berolahraga setiap hari selama 30-60 menit, dengan jenis olahraga apa pun yang Anda sukai. Masih enggan berolahraga, maka simaklah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh kita sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Banyak orang yang menolak untuk berolahraga entah untuk alasan apa, kebanyakan mereka menolak berolahraga karena terlalu sibuk dengan pekerjaan namun tidak sedikit mereka menolak berolahraga karena memang pada dasarnya malas untuk berolahraga, padahal manfaat berolahraga sangatlah banyak, salah satunya adalah mampu membantu meningkatkan kemampuan otak. Olahraga dapat meningkatkan konsentrasi, membantu menjaga kesehatan mental, meningkatkan kreativitas.

Otak adalah organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia via waktuku.com

Otak adalah organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia via waktuku.com

2. Menghambat Penuaan

Siapa yang menyangka jika berolahraga ternyata dapat membantu menghambat penuaan. Pada dasarnya semua orang pasti akan menjadi tua dan merasakan proses tersebut, kulit yang kencang akan mulai mengendur, timbul garis-garis halus di wajah dan bagian kulit lainnya, dan untuk menghambat proses penuaan tersebut, Anda bisa melakukannya dengan rajin berolahraga yang didukung dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Dengan berolahraga, Anda dapat menghambat proses penuaan via membergreenworldindonesia.com

Dengan berolahraga, Anda dapat menghambat proses penuaan via membergreenworldindonesia.com

3. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan jika Anda melakukannya secara teratur adalah kesehatan mental. Mengapa demikian? karena berolahraga dapat membantu menenangkan pikiran dari stres, stres yang Anda alami bisa terobati dengan melakukan kegiatan yang cukup berat dan menguras tenaga seperti itu. Anda yang hobi marah-marah, sangat disarankan untuk berolahraga, karena olahraga dapat membantu mengendalikan amarah dan mengurangi kegelisahan. Banyak sekali cabang olahraga yang menyenangkan yang bisa Anda lakukan secara berkelompok, seperti bersepeda, bermain volli pantai, lari dan berjalan kaki. Berolahraga tanpa memikirkan pekerjaan, murni untuk bersenang-senang dan mencari kesehatan akan membantu menyehatkan mental Anda.

Mulailah berolahraga dari sekarang untuk mengurangi stres via health.kompas.com

Mulailah berolahraga dari sekarang untuk mengurangi stres via health.kompas.com

4. Mencegah Serangan Penyakit

Berolahraga secara teratur, ajaibnya mampu membantu mencegah serangan penyakit yang datang, jadi jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, pastikan untuk berolahraga secara teratur, berolahraga akan meningkatkan kinerja organ dalam, memacu kerja jantung dan memperlancar aliran darah.

Miliki tubuh yang sehat dengan berolahraga secara teratur via petrokimia-gresik.com

Miliki tubuh yang sehat dengan berolahraga secara teratur via petrokimia-gresik.com

5. Menambah Daya Tahan Tubuh

Musim hujan identik dengan penyebaran penyakit yang berasal dari virus dan bakteri, sehingga tidak aneh jika banyak orang yang terserang demam atau bahkan flu saat musim hujan datang, agar tubuh Anda tetap bugar selama musim hujan, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi dan pastikan juga untuk tetap berolahraga minimal 20-30 menit setiap harinya karena baik makanan maupun olahraga dapat membantu menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan berolahraga secara teratur via tokoherbalacemaxs.com

Tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan berolahraga secara teratur via tokoherbalacemaxs.com

6. Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Insomnia bisa terjadi pada siapa saja, dan Anda yang saat ini sering mengalami gangguan tidur ini, sangat disarankan untuk mencoba berolahraga, karena olahraga merupakan kegiatan menyenangkan yang sekaligus berfungsi untuk membakar lemak dan membuat tidur Anda menjadi jauh lebih nyaman dan nyenyak. Mengapa demikian? karena olahraga berat yang Anda lakukan membuat Anda merasa sangat lelah sehingga tidak ada hal menyenangkan selain pergi tidur.

Selain membakar lemak, olahraga juga dapat membuat tidur lebih nyenyak via intisari-online.com

Selain membakar lemak, olahraga juga dapat membuat tidur lebih nyenyak via intisari-online.com

Manfaat olahraga sangatlah banyak, bukan? dan setelah mengetahui beberapa manfaat berolahraga tersebut, apakah Anda tersentuh untuk mulai rutin berolahraga?.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.
6Manfaat Olahraga yang belum banyak orang ketahui