Apa Saja Penyebab Demam Berdarah dan Bagaimana Mencegahnya

Demam Berdarah merupakan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti pada waktu siang hari. Nyamuk tersebut menyebarkan virus degue kedalam darah manusia. Demam berdarah dapat menyerang siapa saja mulai dari balita hingga orang dewasa. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau obat-obatan tertentu yang mampu menyembuhkan dan mengobati demam berdarah. Biasanya pengobatan yang dilakukan pada penderita demam berdarah ialah menurunkan suhu badan dengan beristirahat, mengkonsumsi banyak cairan, mengkonsumsi obat-obatan yang disarankan dokter untuk mengurangi demam pasien.

Seseorang yang menderita demam berdarah biasanya ditandai dengan tingginya suhu tubuh hingga mencapai lebih dari 38 derajat celcius, merasa linu dan pegal di area persendian, timbul bintik-bintik merah dipermukaan kulit, mimisan, perut mual dan kembung, hingga nafsu makan yang tiba-tiba menghilang dengan drastis.

Penyebab Demam Berdarah

Seperti yang sudah disebutkan diatas penyebab utama dari penyakit demam berdarah ini ialah virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes aegypti. Tidak sama seperti nyamuk pada umumnya yang mencari makanan di malam hari, jenis nyamuk yang menyebarkan virus dengue ini umumnya mengigit manusia di pagi hingga sore hari menjelang petang. Jentik-jentik nyamk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus sangat mudah ditemukan pada air selokan yang tidak mengalir, waduk, bak kamar mandi dan genangan air lainnya. Serangga ini sangat mudah berkembang biak di air yang tenang. Wilayah dengan tingkat sanitasi yang buruk seperti kota-kota padat penduduk yang biasanya terletak di Negara berkembang seperti Indonesia merupakan salah satu wilayah yang rawan terhadap gangguan demam berdarah.

Cara terbaik untuk mencegah terserang penyakit demam berdarah ialah dengan menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa cara efektif berikut ini :

1. Lakukan 4M (Menguras, Mengubur, Menutup dan Memantau)

Lakukan 4M untuk mencegah demam berdarah

Cara ini sering disosialisasikan oleh pemerintah setempat kepada masyarakat sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit demam berdarah. Secara umum cara 4M ini dilakukan mulai dari menguras tempat-tempat yang dapat menampung air seperti bak mandi, gentong, ember dan lain-lain, Mengubur barang-barang bekas yang dapat dengan mudah menampung air seperti kaleng, cup minuman, gelas bekas minuman, botol, menutup tempat penampungan air yang sudah dikuras pada tahapan awal, selalu memantau tempat-tempat yang memungkinkan jentik-jentik nyamuk untuk berkembang dan segera mungkin mendindaknya.

Figgie dan Menaburkan Abate Dengan Rutin

Salah satu cara memcegah demamberdarah yaitu melakukan fogging

Fogging memang telah sangat diyakini dapat membunuh nyamuk di genangan air denfan efektif, selain itu cara pengasapan juga bisa dilakukan guna menjangkau tempat-tempat yang sulit dibersihkan sepertis selokan, dan saluran pipa. Lakukan pengasapan untuk membasminyamuk-nyamuk dewasa dan menaburkan bubuk abate pada penampungan air untuk membasmi jentik-jentik nyamuk yang akan berkembang biak.

3. Selalu Rutup Rapat Lemari

Menutup rapat lemariu agar nyamuk penyebab demam berdarah tidak bisa bersarang

Banyak yang sering menganggap ini sebagai hal sepele sehingga banyak orang yang mengabaikannya. Meskipun perkembang biakan nyamuk terjadi pada area genangan air namun nyamuk akan mudah bersembunyi pada tempat-tempat yang sering tidak kita sadari. Menutup rapat lemari dan menghindari menggantung pakaian dapat mengurangi habitat nyamuk yang notabene sangat suka bersembunyi pada pakaian yang mengganting ketika kita membersihkan ruangan atau menyemprotkan obat anti nyamuk. Sebaiknya ketika akan melakukan penyemprotan obat anti nyamuk pada ruangan pastikan tidak ada celah atau tempat-tempat untuk nyamuk bersembunyi.

4. Menanam Tanaman Anti Nyamuk

LKavender merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat membuat nyamuk penyebab demam berdarah merasa tidak nyaman atau sangat sensitif dengan aroma tanaman tertentu. Padahal bagi kita yang menghirupnya aroma tersebut sangat tidak mengganggu atau malah nyaman dengan aroma tersebut tapi tidak bagi nyamuk. Tanaman anti nyamuk yang bisa ditanam diantaranya lavender, jeruk, geranium dan berbagai jenis tanaman lainnya. Selain dapat digunakan untuk mempercantik ruangan dan area rumah tanaman tersebut juga bisa digunakan sebagai salah satu upaya mencegah penyakit demam berdarah. Tempatkan tanaman di dekat pintu dan jendela rumah tempat nyamuk biasanya masuk kedalam rumah.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu cara mencegah demam berdarah yaitu rutin berolahraga

Semakin kuat sistem imun atau kekebalan tubuh semakin kita terhindar dari segala resiko terserang dan terjangkit penyakit. Menjaga kekebalan tubuh dapat dengan mudah kita lakukan seperti menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi hinggi mengkonsumsi suplemen tambahan bila diperlukan.

6. Gunakan Kelambu

Kelambu dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara mencegah demam berdarah

Kelambu atau penutup tempat tidur dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara mencegah demam berdarah yang paling efektif dan mudah. Kelambu di tempat tidur akan mencegah nyamuk untuk mendekati kita. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir dengan banyaknya nyamuk ketika kita sedang terlelap.

7. Membersihkan Lingkungan

Salah satu cara mencegah demam berdarah yaitu membersihkan lingkungan

Membersihkan area atau lingkungan rumah tempat kita tinggal dari tempat-tempat nyamuk berkembang biak bisa menjadi upaya yang sangat efektif. Bersihkan lingkungan rumah dengan memastikan tidak ada tempat menggenang air yang terbuka, tumpukan daun basah, dan tempat lainnya yang bisa menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Jangan lupa untuk menyemprotkan obat anti nyamuk secara rutin di setiap ruangan rumah untuk membasmi nyamuk-nyamuk dewasa, pastikan ketika melakukan hal ini tidak ada celah atau tempat untuk nyamuk keluar atau bersembunyi dengan menyemprotkan obat anti nyamuk ke seluruh penjuru ruangan.

Kondisi pancaroba atau musim penghujan merupakan keadaan yang paling banyak ditemukan permasalahan gangguan kesehatan demam berdarah. Dengan banyaknya genangan air yang diakibatkan oleh kondisi tersebut makan jentik nyamuk akan dengan mudah berkembang biak dengan cepat. Bila kita amati dengan seksama jumlah penderita demam berdarah setiap tahunnya terus meningkat bahkan penyakit ini bisa menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan nyawa mereka. Hal ini umumnya disebabkan oleh masyarakat yang kebanyakan kurang mengetahui akan detail penyakit, gejala, penyebab serta cara mencegah demam berdarah serta masyarakat yang sudah mengetahui pengetahuan yang lalai dan malah mengabaikan dan menganggapnya hal sepele.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.