7 Cara Dalam Membuat Jus Buah dan Sayuran yang Menyehatkan Tubuh

Kenikmatan jus yang kita nikmati setiap harinya tentu akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Baik jus buah dan sayuran, keduanya banyak menyimpan kebaikan nutrisi penting yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita, agar bisa terus sehat dan melakukan segala kegiatan seperti yang kita inginkan. Membuat jus buah dan sayuran kini semakin mudah karena memang alat-alat yang digunakan semakin canggih sehingga tak membuat kita merasa kerepotan saat membuat jus tersebut, namun yang perlu kita perhatikan adalah proses pembuatannya agar jus yang telah kita buat tetap menyimpan nutrisi penting yang ada didalam bahannya, sebab proses pembuatan jus yang salah justru membuat nurtisi yang ada didalam buah ataupun sayur menghilang dan sia-sia.

Untuk itu simak tips membuat jus buah dan sayuran yang sehat berikut ini agar jus buatan kita tetap memiliki kualitas yang baik didalamnya.

1. Pilihlah Buah dan Sayur yang Segar

Sebelum membuat jus yang sehat, hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan selalu memilih buah serta sayuran yang masih dalam keadaan segar atau fresh. Jangan memasak buah atau sayuran terlebih dahulu, karena bahan pangan yang telah dimasak akan kehilangan 30 sampai 80 persen kandungan gizinya.

2. Selalu Perhatikan Tingkat Kematangannya

Untuk mendapatkan jus buah atau sayuran yang sehat, hendaknya untuk selalu memperhatikan tingkat kematangannya. Pilihlah buah dengan tingkat kematangan yang potimal sebab nilai gizi yang ada didalamnya telah terpenuhi dengan sempurna, dibandingkan dengan buah atau sayuran yang masih mentah.

3. Mengkombinasikan

Agar jus yang kita buat memiliki manfaat dan rasa yang lebih, maka jangan takut untuk mengkombinasikan buah yang satu dengan buah yang lain, begitupun dengan jus sayuran. Atau kita bisa membuat solusi agar jus sayuran yang kurang enak di tambahkan dengan buah yang manis agar rasanya lebih nikmat dan kita tidak kapok dalam meminum jus sayuran, apalagi jika jenis sayuran tersebut memiliki rasa yang sedikt pahit.

4. Perhatikan Tingkat Kebersihannya

Jangan lupa untuk mendapatkan jus sayuran dan buah yang sehat, kita harus selalu memperhatikan kebersihan dari kedua bahan tersebut. Cucilah dengan bersih buah dan juga sayuran agar kotopran seperti pestisida dan residu dapat dihilangkan sebelum buah atau sayuran di potong- potong. Hindari proses pemotongan sebelum buah atau sayuran di cuci agar vitamin larut air yang ada didalam kedua bahan tersebut tidak ikut terbuang dengan air saat di cuci.

5. Berilah Bahan Tambahan Lain

Jus buah ataupun sayur akan lebih nikmat jika kita menambahkannya dengan bahan lain seperti madu, susu, sirup, dan juga yoghurt. Penambahan ini juga bertujuan untuk menyiasati agar rasa pahit, asam, atau hambar pada jus sayur atau buah padat dihilangkan dan membuat kita tidak sungkan untuk meminumnya.

6. Minumlah Segera

Jangan menunda-nunda waktu untuk meminum jus yang telah kita buat, supaya nutrisi yang ada didalam jus tidak berkurang dan segera masuk kedalam tubuh kita. Minumlah jus sesegera mungkin dan habiskan sebelum sampai satu jam.

7. Pilihlah Waktu yang Tepat

Untuk lebih mendapatkan manfaat dari meminum jus, sebaiknya minumlah sebelum kita makan sesuatu agar zat gizi yang ada didalamnya dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Konsumsilah jus buah atau sayur ini pada pagi hari atau siang hari saat tubuh membutuhkan kesegaran untuk menjalankan aktivitas.

Dengan menggunakan beberapa tips membuat jus sayuran dan buah sehat seperti yang sudah kami  tadi tentunya jus yang akan kita minum akan lebih banyak kandungan vitaminnya serta nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Nurjanna Arief, A.Mkeb

Seorang Bidan yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, disiplin, tegas tapi peduli, aktif Menulis di DOKTERKU.co.id