7 Daftar Makanan yang Dapat Menyebabkan Asam Urat

Dokterku.co.id – Penyakit asam urat akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman untuk menggerakan anggota tubuh terutama anggota tubuh bagian bawah karena sendi terasa sangat nyeri, timbulnya peradangan dan pembengkakan. Meskipun penyakit asam urat ini lebih sering diderita oleh mereka yang sudah dewasa dan berusia lanjut namun tidak ada salahnya untuk menghindari penyakit asam urat ini dengan cara memerhatikan berbagai asupan makanan Anda, jangan sampai Anda mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat menyebabkan asam urat melonjak tinggi.

Daftar Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Urat

Lantas, apa saja makanan yang dapat memicu asam urat?

Pertanyaan seperti itu sering ditanyakan oleh beberapa orang, dan inilah daftar makanan yang tim DOKTERKU.co.id rangkum sebagai pemicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh kita:

1. Jeroan

Dari sekian banyaknya hidangan enak yang selalu ada di menu restoran atau di meja makan kita, hidangan dari jeroan hampir selalu ada. Jeroan yang diolah dengan bumbu rempah memang terasa lezat dan menggugah selera namun bila terus menerus mengkonsumsi jeroan yang tinggi akan kadar zat purin ini, tidak menutup kemungkinan jika Anda akan mengalami penyakit asam urat, maka dari itu, kurangi konsumsi jeroan, seperti otak, hati, usus, paru-paru, limpa, babat dan ginjal.

Makanan yang enak namun mempunyai jeroan yang tinggi akan kadar zat purin via optima-lifestyle.com

Makanan yang enak namun mempunyai jeroan yang tinggi akan kadar zat purin via optima-lifestyle.com

2. Seafood

Bila Anda tidak menyukai makanan lezat yang dibuat dari berbagai jeroan hewan, atau bagian lainnya dari sapi, ayam dan kambing, maka buatlah makanan yang bahan dasarnya diambil dari laut. Namun sayangnya, ada beberapa seafood yang tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan oleh Anda yang menderita penyakit asam urat, seperti udang, cumi-cumi, kepiting, kerang, sotong, gurita, remis, ikan teri, tiram serta ikan sarden. Untuk seafood lainnya yang tidak disebutkan sebelumnya, Anda masih bisa mengkonsumsinya secara teratur.

Kepiting merupakan makanan tinggi akan kadar zat purin via vemale.com

Kepiting merupakan makanan tinggi akan kadar zat purin via vemale.com

3. Riverfood

Salah satu makanan yang dapat menyebabkan asam urat melonjak tinggi adalah beberapa jenis makanan dari sungai. Anda yang suka memancing di sungai tentu sudah mengenal dengan sangat baik beberapa binatang sungai yang bisa dimakan, seperti ikan lele, udang, keong, belut dan juga kepiting, namun sayangnya semua riverfood tersebut tidak bisa Anda konsumsi secara terus menerus karena mengandung zat purin yang cukup tinggi yang akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Ikan lele termasuk makanan riverfood yang harus dihindari oleh penderita asam urat via selerasa.com

Ikan lele termasuk makanan riverfood yang harus dihindari oleh penderita asam urat via selerasa.com

4. Ekstrak Daging

Selain jeroan dan daging-dagingan asli, seperti daging kambing, daging babi, daging sapi, daging kerbau, serta daging kuda, ekstrak daging pun harus Anda hindari, beberapa ekstrak daging seperti abon dan juga dendeng dapat menyebabkan penyakit asam urat.

Abon harus di hindari oleh penderita asam urat via loveindonesia.com

Abon harus di hindari oleh penderita asam urat via loveindonesia.com

5. Makanan Kaleng

Selain ekstrak daging, beberapa makanan kaleng juga dapat menyebabkan penyakit asam urat. Beberapa makanan kaleng ini seperti kornet sapi dan ikan sarden. Biasanya kita menggunakan makanan kaleng ini sebagai bumbu makanan atau bumbu pelengkap, kornet sapi biasanya digunakan sebagai bahan utama membuat beberapa makanan lezat, seperti nasi goreng kornet dan masih banyak lagi. Anda yang suka membuat makanan secara instan dengan menggunakan bahan kalengan, hendaknya mengurangi kebiasaan ini karena dapat meningkatkan kadar asam urat.

Bagi Anda yang penderita asam urat, makanan instant tidak baik bagi Anda via vemale.com

Bagi Anda yang penderita asam urat, makanan instant tidak baik bagi Anda via vemale.com

6. Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan memang baik untuk tubuh kita, namun dalam beberapa kasus kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan berbagai olahan dari kacang kedelai, kacang tanah, tauge, kacang hijau serta emping atau melinjo.

Sebaiknya Anda mengurangi untuk mengkomsumsi kacang-kacangan via tipsberkebun.com

Bagi penderita asam urat, sebaiknya Anda mengurangi untuk mengkomsumsi kacang-kacangan via tipsberkebun.com

7. Beberapa Jenis Sayuran

Sangat disayangkan karena beberapa jenis sayuran yang selama ini sering kita konsumsi ternyata mengandung zat purin yang cukup tinggi yang akan meningkatkan kadar asam urat sehingga sendi terasa nyeri. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam urat dari jenis sayuran, seperti kembang kol, asparagus, buncis, bayam, singkong atau ubi dan jamur kuping.

Kembang kol, jenis sayuran yang dapat meningkatkan kadar zat purin via blogerreog.blogspot.co.id

Kembang kol, jenis sayuran yang dapat meningkatkan kadar zat purin via blogerreog.blogspot.co.id

 

dr. Irwan Ashari

Staf Dosen FK Unismuh & Direktur Klinik Parakita Medika. Akrab dipanggil dokter Irga, dan merupakan salah satu dokter yang aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Kunjungi web pribadi dokterirga.com
Makanan seafood dapat menyebabkan asam urat