7 Makanan Pencegah Masalah Osteoporosis

Masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang, memang telah menjajah banyak negara termasuk di Indonesia. Penderita osteoporosis semakin hari semakin bertambah banyak, hal ini juga terjadi di negara lain seperti di Cina, meskipun dengan tingkatan yang lebih rendah jika harus dibandingkan dengan Indonesia. Sebenarnya masalah osteoporosis ini sudah di kenal sejak jaman yunani kuno, istilah osteoporosis berasal dari kata  ”osteo’‘ yang memiliki arti tulang dan ”porosis” yang berarti rapuh, dan secara mudahnya kita bisa menyebutnya dengan keadaan tulang yang mengalami kerapuhan dan rentan sekali untuk mengalami patah. Dengan  semakin banyak jumlah penderita osteoporosis ini, maka kita harus bisa melakukan upaya untuk mencegah agar osteoporosis ini bisa kita hindari sedini mungkin.

Masalah osteoporosis banyak berkaitan erat dengan kesehatan atau kualitas tulang yang kita miliki dan jika kita mengalami osteoporosis ini biasanya kondisi tulang menjadi rapuh, keropos, mengalami penipisan dan akhirnya patah, sebab pengeroposan ini terjadi pada lapisan luar tulang dan juga pada lapisan dalamnya, sehingga sangat memungkinkan bagi tulang untuk cepat mengalami patah tulang. Untuk itu terapkan selalu pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang mampu memberikan asupan nutrisi penting yang dapat membantu memberikan pencegahan terhadap bahaya dari osteoporosis. Berikut beberapa jenis makanan yang dikenal sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang didalam tubuh kita.

 

1. Ikan dan Tulangnya

Tulang ikan mengandung zat yang penting untuk mencegah osteoporosis

Tidak hanya kita yang sedang memakan ikan lalu membuang tulangnya, karena hampir semua orang pasti melakukannya. Namun mulai saat ini kita harus tahu bahwa didalam tulang ikan inilah terdapat kandungan nutrisi penting yaitu zat besi, fosfor, lemak, protein dan juga kalsium yang hampir sepertiga nutrisi tersebut ada pada tulang ikannya daripada di dalam dagingnya. Sehingga saat kita mengkonsumsi ikan usahakan untuk memakan sekalian tulangnya, dengan catatan ikan tersebut adalah ikan kecil yang tulangnya jika kita makan tidak akan membuat masalah nantinya.

2. Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium untuk memadatkan tulang

Yoghurt dikenal sebagai makanan dari hasil fermentasi susu yang dalam proses fermentasinya menggunakan bantuan dari bakteri baik Streptococus Thermophilus serta bakteri  Thermobackterium Bulgarius. Bakteri-bakteri baik ini adalah jenis bakteri yang mengandung asam laktat dan memiliki fungsi sebagai pengurai glokusa yang ada di dalam susu menjadi bahan yang lebih ramah lagi jika dikonsumsi sehingga akan lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Tetapi keunggulan dari yoghurt ini karena tetap memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang akan berguna dalam memadatkan tulang dan membuat tulang lebih kuat.

3. Susu

Rutin mengkonsumsi susu dapat mencegah osteoporosis

Untuk mencegah datangnya osteoporosis pada tulang kita, maka rutinlah untuk mengkonsumsi susu setiap harinya. Susu merupakan sumber protein, lemak dan kalsium terbaik yang akan membantu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Dengan meminum satu cangkir susu maka tubuh akan mendapatkan zat kalsium sebesar 300 mg yang dapat melengkapi kebutuhan kalsium sepertiga dari kebutuhan kalsium harian. Dan inilah yang membuat susu menjadi minuman terbaik untuk mencegah tulang kita dari pengeroposan, serta memberikan kekuatan pada tulang.

 4. Es Krim

Salah satu cara mencegah osteoporosis yaitu mengkonsumsi es krim

Siapa yang tak suka dengan kenikmatan es krim, makanan dari olahan susu ini memang sering menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang begitu enak, ternyata dengan rutin mengkonsumsi es krim ini dapat membantu kita untuk terhindar dari risiko tulang rapuh atau osteoporosis. Es krim di buat dari campuran susu murni, gula, dan juga kuning telur yang biasa ditambahkan untuk bahan pengemulsi alami. Es krim memiliki kandungan lengkap seperti karbohidrat, lemak, air, kalsium sampai kolesterol. Kita bisa menikmati es krim dengan rutin namun tetap tidak boleh berlebihan, karena  didalamnya terkandung kolesterol yang dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

5. Keju

Keju dapat dijadikan salah satu opsi untuk mencegah osteoporosis

Keju adalah bahan makanan yang dibuat dengan cara menggumpalkan susu dan krim. Kandungan yang tersimpan didalam keju hampir sama dengan kandungan yang ada di dalam susu, sehingga keju ini sangat baik di konsumsi dalam rangka mencegah masalah osteoporosis.

6. Tempe

Tempe mengandung zat-zat yang dapat mencegah osteoporosis

Tempe merupakan bahan makanan yang begitu mudah untuk dijangkau oleh semua kalangan, baik dari segi harganya dan cara mendapatkannya. Tempe adalah makanan yang diolah dari hasil fermentasi kedelai dan dari fermentasi inilah yang akan membuat nutrisi dari kedelai semakin sempurna. Sebab didalam tempe terdapat nutrisi tambahan antara lain magnesium, vitamin B12, vitamin B6 dan beberapa macam enzim lainnya yang sanggup mengoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh dan membantu menghindarkan kita dari ancaman osteoporosis.

7. Kedelai

Salah satu makanan yang dapat mencegah osteoporosis adalah kedelai

Kedelai mempunyai kandungan utama yaitu protein dan kandungan pendamping lainnya seperti kalsium, vitamin A, potasium, asam folat, seng, fosfor dan asam amino esensial. Dengan adanya kandungan kalsium dan fosfor yang terbilang cukup besar yaitu 254 mg sampai 781 mg, membuat kedelai ini termasuk kedalam daftar makanan penyehat tulang yang baik dan mampu mencegah gangguan osteoporosis.

Selain harganya terjangkau dan mudah untuk didapatkan, 7 makanan penghambat osteoporosis ini juga memiliki rasa yang enak dan lezat bukan? Sehingga kita tak perlu sungkan-sungkan lagi untuk mengkonsumsinya.

dr. Megaputera, Sp.OT

Dokter Bedah Tulang (Ortopedi) sub-spesialis lutut dan cedera olah raga. Seorang Ayah dari 2 orang Anak, Founder Surabaya Knee Centre surabayakneecentre.com