7 Manfaat Makanan Berserat Tinggi

Mendengar istilah makanan berserat tinggi para ibu rumah tangga mengidentikkannya dengan sayuran dan buah-buahan karena biasa dikonsumsi sendiri maupun untuk diberikan kepada keluarga khususnya anak-anak. Tapi apakah mereka semua tahu untuk apa saja manfaatnya makanan tersebut? belum tentu, jenis makanan tersebut umumnya akan membuat kesehatan masyarakat tetap stabil jika mengkonsumsinya rutin, bahkan pencernaan pun dipastikan tidak akan mengalami masalah. Selain itu dengan tercukupinya kebutuhan serat tubuh membuat tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit. Sebagian masyarakat ada yang memanfaatkan makanan tinggi serat tersebut dengan tujuan lain seperti diet dan sebagainya. Sayur-sayuran dan buah merupakan makanan kaya serat yang umumnya diketahui oleh masyarakat, Adakah jenis makanan serat lainnya? tentunya ada.

Menurut www.webkesehatan.com dengan mengkonsumsi makanan berserat akan menurunkan resiko penyakit diabetes sebesar 33%. Makanan Berserat tinggi sebenarnya tergolong menjadi dua jenis, ada serat yang larut dalam air dan juga serat yang tidak larut dalam air. Walaupun keduanya berbeda, namun bila dikonsumsi dan masuk kedalam tubuh manusia tetap dapat dicerna oleh tubuh. Hanya saja memang yang larut dalam air adalah jenis serat yang dengan mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan yang tidak larut dalam air. Agar dapat memahami seberapa pentingnya manfaat serat tersebut berikut uraiannya lebih jelas, antara lain :

1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Makanan berserat tinggi dapat mencegah terjadinya penyakit jantung

Seperti diketahui penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di Dunia dan dapat menyerang siapa saja baik usia muda maupun dewasa. Sebab penyakit jantung ini yang paling dikhawatirkan adalah serangan jantung yang pertama kali datang dimana waktu yang tersisa untuk menyelamatkannya hanyalah satu jam paling lama. Untuk itu agar terjauhkan dari resiko penyakit tersebut konsumsilah sebanyak-banyaknya makanan berserat yang bermanfaat menurunkan tekanan darah sehingga dapat terhindarkan dari resiko penyakit jantung. Selain itu juga bermanfaat menjaga berat badan tetap ideal sehingga tidak mengalami obesitas yang menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung.

2. Terhindar dari Masalah Polip Usus

Makanan berserat tinggi dapat menghindari dari polip usus

Masalah polip tidak hanya terjadi pada saluran pernafasan seperti hidung saja, namun juga dapat terjadi pada saluran pencernaan seperti usus. Polip usus sendiri artinya adalah kondisi usus yang mengalami peradangan akibat makanan yang tidak dapat keluar menjadi feses dan menumpuk didalam usus. Keadaan seperti itu dapat terjadi sewaktu-waktu pada siapa saja.

3. Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi membuat kesehatan kulit tetap terjaga

Tidak hanya karena kandungan air yang terdapat dalam sayur-sayuran dan buah yang dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit, namun juga dapat membuang berbagai jenis racun yang berasal dari makanan yang masuk dalam sistem pencernaan. Bukan hanya polusi udara saja yang dapat mengakibatkan menurunnya kesehatan kulit, namun juga racun dan bakteri. Oleh karenanya perbanyaklah makanan berserat tinggi agar bisa mendapatkan kulit sehat alami.

4. Mempermudah Gerak Usus Dalam Proses Pencernaan

Makanan berserat tinggi dapat mempermudah usus dalam mencerna makanan

Sebagian masyarakat mungkin sudah memahami gerakan usus dalam proses pencernaan, nah dengan memperbanyak makanan berserat tinggi yang dikonsumsi membuat usus dapat bergerak normal, sehingga ketika akan melakukan buang air besar tidak akan membuat usus menjadii tertekan yang akan beresiko menjadi Wasir. Selain itu usus yang sehat juga dapat membantu menjaga kondisi Asam pada lambung yang akan berdampak pada kelembutan feses yang akan dikeluarkan khususnya ketika sedang diare.

5. Terhindar dari Resiko Diabetes

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat menghindari dari resiko diabetes

Penyerapan gula dalam tubuh dapat diatur dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi. Sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik dan tidak berlebih yang dapat memicu resiko penyakit diabetes khususnya tipe 2. Sedangkan orang yang jarang dan bahkan tidak mengkonsumsi sama sekali serat rentan terkena resiko diabetes. Didalam darah memang membutuhkan gula dengan kadar secukupnya yang didapat dari proses pemecahan karbohidrat oleh sel-sel dalam darah dengan teraturnya serat yang dikonsumsi akan menghindarkan dari proses penumpukan gula dalam darah yang memicu resiko diabetes, sehingga membuat kondisi batu empedu tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit Ginjal.

6. Dijauhkan dari Kolesterol Tinggi

Sering mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat menjauhkan dari kolestrol tinggi

Jenis serat yang larut didalam air merupakan bagian penting yang mendukung Anda dijauhkan dari resiko kolesterol tinggi yang terdapat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat dalam tubuh tinggi akan memicu beragam penyakit seperti stroke hingga jantung. Dengan begitu dapat dipastikan usia pun akan lebih pendek dibandingkan orang yang sering mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Dampak positif lainnya Berat badan Anda pun tidak akan berlebih dan terhindar dari obesitas, bahkan besar kemungkinan berat badan Anda turun.

7. Membantu dan Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu dan melancarkan pencernaan

Anda mungkin pernah mengalami masalah sulit buang Air besar sehingga membuat Anda harus menekan otot usus dengan cara meng-eden agar feses dari hasil pencernaan dapat keluar dengan sempurna. Ini diakibatkan kurangnya konsumsi makanan berserat tinggi, sehinga jika dibiarkan terus akan mengakibatkan penyakit wasir yang membuat Anda menjadi lebih tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sambil duduk. Untuk menghindari hal tersebut memang harus dilakukan tindakan pencegahan dengan cara perbanyak konsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan. Dengan ara tersebut Usus akan terbantu dalam mengeluarkan sisa proses pencernaan dan terhindar dari penyakit wasir.

Terlihat sedikit repot memang dalam menjalankan pola hidup sehat dan memperhatikan asupan serat untuk tubuh, Namun dengan melakukan hal yang sedikit repot tersebut akan menghindarkan dari repotnya Anda ketika melakukan pengobatan akibat penyakit yang dilami. Tidak sedikit masyarakat yang menyesali apa yangtelah dijalaninya khususnya yang telah dikonsumsi sehingga membuatnya harus menjalani beragam pengobatan yang tidak hanya menguras keuangan Anda namun juga waktu Anda bersama kerabat dan teman. Jika memang sulit untuk mendapatkan sayur dan buah alami minimal Anda bisa dapatkan dari sari buah seperti jus untuk mendapatkan asupan serat yang cukup. Akan tetapi jus saja tidak cukup, apalagi bia jus tersebut yang sudah dikemas dan Anda beli disupermarket. Dikarenakan beragam produk yang sudah dikemas siap saji di supermarket banyak mengandung pewarna buatan serta pengawet yang tidak baik untuk kesehatan Anda jangka panjang. Alangkah baiknya Anda menyiapkan sendiri makanan berserat tinggi versi Anda kemudian dijadikan bekal untuk makan siang Anda dikantor atau ketika Anda bepergian. Dengan cara tersebut walau sedikit repot akan lebih menjamin kesehatan Anda dimasa mendatang dan sudah pasti meminimalisir resiko penyakit kritis yang mungkin terjadi.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.