7 Tips Mencegah Demam Pada Anak

Ketika Anak mengalami demam ibu mana pun akan panik dan khawatir menjadi lebih buruk. Sehingga tidak heran ketika anak mengalami masalah tersebut merasa panik dan bingung apa yang harus dilakukannya. Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk berusaha membuat Anak tetap sehat dengan memberikan beragam asupan makanan yang bergizi agar terhindar dari resiko penyakit serta dapat mencegah demam pada anak. Suhu tubuh anak yang melonjak secara tiba-tiba terkadang membuat orang tua merasa bersalah, padahal hal tersebut dapat terjadi bila anak kurang mendapatkan asupan minum yang cukup.

Menurut www.healthychildren.org persentase yang mengalami demam pada anak dibawah satu tahun 50% lebih banyak dibandingkan untuk anak usia diatas satu tahun. Oleh karenanya teliti kembali bila panasnya hingga menyebabkan anak tidak mampu beraktivitas barulah orang tua mengambil berbagai langkah cepat untuk mengatasinya tidak sekedar mengompres saja. Memastikan agar cara mengatasinya yang dilakukan tidak salah, berikut beberapa tips mencegah Demam pada anak yang dapat dilakukan para orang tua, antara lain:

1. Pastikan Anak Tidak Dehidrasi

Memberi minum yang cukup merupakan salah satu cara mencegah demam pada anak

Banyaknya aktivitas yang dilakukan anak akan membuatnya lupa untuk minum karena senang bermain. Sehingga tidak jarang orang tua pun terkejut ketika memegang dahi anaknya dalam keadaan panas. Hal tersebut normal sebagai tanda yang diberikan tubuh bahwa saat itu sedang membutuhkan asupan cairan yang cukup. Dengan Memberi minum yang cukup akan mencegah demam anak yang berkelanjutan.

2. Berikan Suasana Tenang dan Nyaman pada Anak

Memberikan suasana nyaman dan tenang dapat mencegah demam pada anak

Anak yang gelisah umumnya akan mengakibatkan suhu tubuhnya meningkat secara berkala, agar tidak berlanjut berikan pelukan hangat pada anak serta hiburlah agar tetap tenang misalkan dengan bernyanyi atau bercerita sebuah dongeng sehingga suhu tubuhnya pun tetap dalam batas normal.

3. Upayakan Istirahat Anak Anda Cukup

Memberikan istirahat yang cukup dapat mencegah demam pada anak

Anak yang umumnya selalu aktif terkadang lupa untuk istirahat siang, sehingga ketika malam tiba cenderung cepat lelah atau sebaliknya tetap bermain tanpa memikirkan kondisi tubuhnya yang sudah lelah bermain sejak siang. Untuk itu agar dapat mencegah demam anak sebaiknya orang tua yang memperhatikan kapan waktu istirahat anak sehingga tidak mudah lelah yang akan berdampak pada metabolisme tubuh yang tidak stabil sehingga mudah terserang penyakit.

4. Sediakan Pakaian Anak yang Tidak Terlalu Panas

Memperhatikan bahan pakaian yang digunakan dapat mencegah demam pada anak

Pakaian yang dikenakan anak Anda juga harus diperhatikan karena jika terlalu panas akan membuat suhu tubuhnya pun mudah naik. Sebagai orang tua harus memperhatikan kualitas bahan pakaian yang akan anak Anda gunakan. Pastikan jangan tergiur dengan harganya yang murah namun jenis bahan yang digunakan adalah bahan yang panas. Jika dipaksakan untuk dikenakan anak Anda akan membuat tubuhnya menjadi tidak nyaman, dan selalu gelisah sehingga mudah terserang penyakit.

5. Berikan Pijatan Khas pada Anak Anda

Memberikan pijatan dapat mencegah demam pada anak

Sebagai ibu pasti mengetahui keadaan psikologis anaknya, jika anak sudah diajak mandi sebelum dikenakan pakaian berikan pijatan halus dengan menggunakan minyak gosok pada anak dibagian punggung dan kakinya untuk menghindarkannya dari resiko perut kembung dan masuk angin. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan daya tahan anak terhadap penyakit yang masih lemah mudah tergoyahkan dengan kondisi dingin udara hingga virus yang menyebar melalui kegiatan bermain bersama teman-temannya. Dengan cara ini akan mencegah demam anak terjadi karena terdapat minyak gosok yang menghangatkan tubuh dan kakinya.

6. Berikan Makanan yang Bergizi Tinggi

Memberikan makanan yang bergizi tinggi dapat mencegah demam pada anak

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memang membutuhkan makanan yang bergizi tinggi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Manfaat makanan tersebut juga agar tubuhnya tercukupi asupan anti oksidannya sehingga dapat meningkatkan daya imunitasnya dan tidak mudah terserang beragam penyakit seperti influenza, batuk dan sebagainya. Jika diperlukan berikan asupan makanan tambahan yang mengandung vitamin seperti susu, ataupun vitamin C dan sejenisnya. Asupan makanan ini memang harus disajikan pada anak dalam bentuk yang menarik agar anak menarik untuk mengkonsumsinya. Soal yang harus dihadapi orang tua adalah ketika anak malas untuk mengkonsumsi makanan bergizi tersebut. Orang tua harus konsisten melakukannya agar dapat mencegah demam anak dimasa mendatang.

7. Berikan Obat Kompres dan Obat Penurun Panas

Memberikan kompres dan obat penurun panas dapat mencegah demam pada anak

Jika kondisi demam sudah terlanjur menyerang anak Anda, maka agar panasnya tidak berlanjut menjadi semakin buruk segera berikan obat kompres untuk anak terlebih dulu, kemudian jika belum juga ada perubahan segera berikan obat penurun panas untuk meredakan panasnya dengan dosisi minimal terlebih dulu. Kemudian jika ternyata demam tersebut tidak juga turun, maka segeralah ajak anak Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Tujuannya agar dapat memastikan demam yang dialami anak Anda tersebut adalah demam biasa tau justru demam berdarah yang terkadang gejalanya menipu sebagian masyarakat.

Dengan menerapkan beberapa tips mencegah demam pada anak tersebut, maka para orang tua dapat melakukan langkah antisipasi untuk menghindarkan anak dari resiko penyakit yang lebih fatal. Oleh karenanya sebagai orang tua harus selalu siap sedia termometer yaitu alat untuk mengukur suhu tubuh manusia sebagai parameter agar langkah yang dilakukan orang tua untuk mengantisipasinya berkelanjutan. Selain itu orang tua juga dapat mengontrol suhu tubuhnya setiap saat mulai dari sebelum mengompres hingga sesudah mengompres jika memang demam sudah menyerang terlebih dulu.

Sebagai pengetahuan tambahan untuk para orang tua juga bahwa tidak selamanya demam yang dialami anak adalah penyakit yang menyerang. Demam sendiri merupakan proses alamiah tubuh yang menunjukkan bahwa tubuh sedang bereaksi terhadap suatu penyakit atau infeksi yang terdapat didalam tubuh. Infeksi tersebut umumnya disebabkan karena virus, sehingga dengan meningkatkan suhu tubuh merupakan cara yang dilakukan sistem kekebalan tubuh untuk memperlambat pertumbuhan bakteri atau virus yang menyerang tersebut. Jadi dengan mengetahui hal tersebut orang tua tidak perlu lagi panik dalam menghadapi kondisi demam yang dialami anak Anda. Tetap tenang dan lakukan langkah-langkah pencegahan diawal. Orang tua juga perlu mengetahui bahwa demam juga dapat beresiko fatal ketika tubuh menunjukkan mengalami penurunan setelah dikompres ternyata hal tersebut belum memastikan anak Anda sudah sehat, karena itu merupakan resiko demam berdarah dimana karakteristiknya seperti itu demam tinggi kemudian turun dan akan mengalami demam lagi tidak lama kemudian. Jadi dengan menerapkan langkah-langkah tersebut harapannya setiap orang tua yang sudah memiliki anak sudah dapat mengantisipasinya ketika anak mengalami demam.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.