8 Cara Mencegah Keputihan Secara Alami

Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Hal ini sangat wajar terjadi pada setiap wanita karena mereka akan mengalami keputihan setiap menjelang periode menstruasi ataupun setelah menstruasi selesai. Hal yang perlu kamu waspadai mencegah keputihan dalam jumlah yang berlebihan dan tak wajar seperti biasanya atau ditandai dengan hal-hal yang membuat Anda menjadi tidak nyaman ketika keputihan datang seperti warna yang terlalu mencolok, tekstur, rasa sakit yang timbul di area kewanitaan atau bau yang tidak sedap. Tanda-tanda tersebut biasanya merupakan gejala-gejala infeksi jamur, gonorhoe, klamida dan trichomonas.

Keputihan yang sering terjadi pada wanita umunya memiliki beberapa karakter umum seperti memiliki warna pekat pada awal keputihan atau sebelum memasuki periode menstruasi dan putih atau jernih setelah masa menstruasi selesai, penuh air, memiliki tekstur lengket dan elastic ketika direntangkan secara maksimal oleh kedua jari Anda.

Melihat berbagai penyakit yang diakibatkan oleh keputihan yang tidak wajar, maka para wanita sangat disarankan untuk memberikan perawatan yang tepat pada saat mengalami keputihan guna mencegah keputihan tidak normal yang dapat menimbulkan berbagai infeksi pada area kewanitaan. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mencegah keputihan penyebab infeksi:

1. Hindari penggunaan pembersih area kewanitaan

Menegah keputihan dengan menghindari penggunaan pembersih area kewanitaan

Terdapat banyak variasi cairan pembersih kewanitaan yang dapat Anda temukan dengan mudah di tempat perbelanjaan. Bahkan Anda tidak memerlukan resep dokter untuk membelinya. Namun sayangnya penggunaan cairan pembersih wanita tertentu tidak dapat mencegah keputihan tidak normal dan malah akan berbalik memberikan infeksi pada are kewanitaan. Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam cairan pembersih kewanitaan akan menyebabkan kerusakan pH murni dalam area kewanitaan dan membunuh bakteri baik. Hal ini lah yang menyebabkan Anda harus menghindari pemakaian cairan pembersih area kewanitaan.

2. Cuka Sari Apel

Mencegah keputihan dengan menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sangat diyakini masyarakat sebagai salah satu bahan alami untuk mencegah keputihan yang disebabkan oleh bakteri ytidak baik dalam area kewanitaan. Cuka sari apel akan membantu menyeimbangkan tingkat pH. Selain itu cuka sari apel juga dapat sangat membantu dalam meningkatkan jumlah bakteri baik di area kewanitaan serta mengurangi aroma tak sedap akibat dari infeksi jamur.

Cara Perawatan:

Campurkan cuka sari apel ke dalam segelas air matang atau air mineral hangat dengan tambahan madu. Anda dapat mengkonsumsi larutan ini secara rutin satu kali untuk setiap harinya.

3. Jus Basil dan Susu

Mengkonsumsi Jus Basil dan Susu dapat mencegah Keputihan

Senyawa yang terdapat dalam daun basil sangat baik digunakan untuk mencegah keputihan tidak normal yang menyebabkan infeksi. Daun basil bekerja dengan mengendalikan kondisi pH di area kewanitaan dan meningkatkan kesehatan rongga kewanitaan. Anda bisa mengatasi permasalahan ketidakseimbangan pH pada saar menjelang dan setelah periode menstruasi.

Cara Perawatan:

Campurkan beberapa lembar daun basil yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dengan satu gelas susu rendah lemak. Perawatan ini dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan keputihan selama satu hingga dua minggu setelah terapi.

4. Minum jahe

Minum Jahe dapat Mencegah Keputihan

Kandungan senyawa alami  dalam rimpang jahe sangat dipercaya dapat mencegah radikal bebas dan melawan infeksi akibat bakteri ataupun virus. Hal ini juga sangat berlaku untuk mencegah keputihan yang diakibatkan oleh bakteri di area kewanitaan. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan jahe yang dicampurkan dengan gula batu atau madu untuk perawatan keputihan.

5. Hindari Makanan Berminyak

Mencegah keputihan dengan menghindari Makanan Berminyak

Guna mencegah keputihan yang lebih parah sangat disarankan untuk mengurangi danmembetasi konsumsi makanan berminyak. Mengkonsumsi makanan berminyak dapat menyebabkan perubahan kadar hormon dalam tubuh, ketidakseimbangan kadar hormon inilah yang kemudian akan membuat keputihan menjadi lebih buruk.

6. Menggunakan Panty Liner

Mencegah keputihan dengan menggunakan Panty Linear

Anda bisa menggunakan panty liner sebagai salah satu upaya mencegah keputihan yang diakibatkan oleh infeksi dan bakteri di area kewanitaan. Pembalut tipis nan nyaman ini akan merubah kondisi pH dalam area kewanitaan dan membantu memerangi pertumbukan bakteri buruk berlebihan di area kewanitaan. Sanga disarankan untuk memilih pantyliner yang terbuat dari kapas murni serta panty liner yang bisa membentuk kondisi yang nyaman bagi lingkungan atau area kewanitaan.

7. Rebusan Daun Sirih

Gunakan Rebusan daun Sirih untuk mencegah keputihan

Banyak cairan pembersih area kewanitaan yang memiliki kandungan daun sirih yang sangat dipercaya dapat dengan mudah mencegah keputihan yang diakibatkan oleh bakteri buruk di area kewanitaan. Namun sayangnya penggunaan cairan pembersih tersebut sangat tidak disarankan mengingat resiko yang dapat timbul ketika menggunakannya malah akan semakin memperburuk kesehata area kewanitaan Anda. Anda bisa mencoba alternative lain dengan menggunakan air rebusan daun Sirih. Air rebusan yang terbuat dari daun sirih alami yang segar akan membantu membersihkan vaginan dan meningkatkan prosuksi bakteri baik tanpa mengganggu keseimbangan pH area kewanitaan. Anda bisa mengkonsumsi dua hingga tiga gelas air rebusan daun sirih untu mencegah keputihan dan menyembuhkan keputihan dengan lebih cepat dan efektif.

8. Konsumsi Jus Lemon dan Madu

Mengkonsumsi Jus Lemon dan Madu untuk mencegah Keputihan

Perpaduan jus lemon dan madu akan menimbulkan nutrisi lebih lengkap yang akan menyehatkan tubuh dengan kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu kombinasi jus lemon dan madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta membantu tubuh untuk melawan penyakit yang timbul akibat peradangan. Kombinasi baik jus lemon dan madu juga bisa dijadikan sebagai salah satu upaya yang efektif untuk mencegah keputihan yang diakibatkan oleh bakteri dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di area kewaitaan serta melawan dan menumpas pertumbuhan bakteri jahat penyebab keputihan. Untuk merasakan semua khasiat tersebut sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus lemon dan madu minimal satu kali dalam setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa upaya dan cara alami mencegah keputihan diatas sangat disarankan untuk dilakukan para wanita pada saat menjelang atau selesai periode menstruasi. Hal ini dilakukan guna mencegah penyakit dan berbagai macam infeksi yang dapat dengan mudah terjadi apda area kewanitaan jika memiliki keputihan dengan kadar pH yang tidak stabil. Selain cara dan upaya diatas yang paling penting yang harus Anda lakukan ialah dengan menjaga kebersihan area kewanitaan dengan tetap menjaga kelembapan alami area kewanitan.

Ananda Hospital

Rumah Sakit Ibu dan Anak (Women and Children Hospital) Ananda Makassar. Official Website : anandahospital.co.id