8 Kiat Mengatasi Dan Mencegah Hipertensi Sejak Dini

Darah Tinggi atau Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat yang dimana para penderitanya terus mengalami peningkatan cukup banyak pada setiap tahunnya. Hal ini karena banyak masyarakat yang tidak memiliki ilmu dan pengetahuan lanjutan mengenai cara mengatasi serta mencegah hipertensi sejak dini. Padahal hal ini sangat perlu untuk diketahui guna mencegah penderita hipertensi yang semakin banyak setiap tahunnya. Banyak hal yang bisa menjadi faktor resiko penyebab hipertensi menyerang manusia seperti faktor genetik atau keturunan, mengkonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan, Stress hingga tekanan hidup.

Darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah keadaan cukup kronis dimana tekanan darah yang dimiliki oleh dinding arteri atau pembuluh darah bersih meningkat. Kondisi macam ini dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena seringnya memunculkan gejala yang jelas. Satu-satunya cara untuk mengetahui seseorang mengidap penyakit darah tinggi atau hipertensi ialah dengan mengukur tekanan darah pada tubuhnya.

Tidak sedikit masyarakat yang mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi ini tidak menyadarinya karena jarang atau tidak pernah sama sekali memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh. Ditambah lagi dengan gejala yang timbul pada penderita tidak terlalu signifikan sehingga cukup sulit untuk mengetahuinya sejak dini. Setidaknya para orang dewasa harus memeriksakan dirinya ke dokter untuk mengukur tekanan darah satu kali dalam lima tahun untuk memastikan tekanan darah dalam keadaaan normal dan dinyatakan tidak mengidap penyakit mematikan hipertensi atau darah tinggi ini.

Namun bagi mereka yang memiliki resiko menderita penyakit hipertensi seperti ketika Anda memiliki orang tua atau nenek atau keluarga dan kerabat dekat yang memiliki penyakit hipertensi ini untuk segera melakukan salah satu cara mencegah hipertensi atau darah tinggi dengan melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin setiap tahunnya. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengukur tekanan darah. Karena penyakit hipertensi yang tidak segera diatasi dan ditangani dengan baik akan mengarah pada penyakit yang lebih serius lagi seperti jantung dan stroke. Sebelum penyakit semakin parah dan menjadi semakin kronis ada baiknya untuk sesegera mungkin melakukan berbagai cara mencegah hipertensi salah satunya dengan melakukan pengecekan tekanan darah pada dokter terdekat.

Melihat efek dan resiko besar yang akan ditanggung ketika kita mengidap penyakit hipertensi. Mau atau pun tidak kita sangat dianjurkan untuk melakukan mencegah dan mengatasinya bahkan jika sudah terlanjur mengidap berikut beberapa cara mengatasi dan mencegah hipertensi pada tubuh Anda yang dapat dengan mudah dicerna dan diterapkan.

1. Melakukan Diet atau Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan salah satu cara mencegah hipertensi

Tidak sedikit para penderita hipertensi yang memiliki tubuh besar dengan bobot melebihi bobot ideal karena obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan memang sangat dikenal sebagai salah satu penyebab seseorang dapat dengan mudah terserang berbagai macam penyakit seperti kolesterol, diabetes bahkan termasuk penyakit hipertensi atau darah tinggi. Hal ini sering ditandai dengan pembengkakan pada jantung akibat dari lemak yang terkadng membuat penderita kesulitan untuk bernafas. Hal ini lah yang harusnya kita perhatikan, salah satu cara mencegah hipertensi yang dapat dilakukan ketika mengalami hal ini ialah dengan diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan.

2. Berolahraga

Melakukan Olahraga secara rutin dapat mencegah Hipertensi

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menangkal dan menyerang segala jenis penyakit dalam tubuh manusia. Olahraga ringan secara rutin akan secara langsung membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan sehat. Tidak perlu pergi ke tempat khusus seperti gym untuk melakukan olahraga. Hanya cukup dengan selalu jalan kaki ketika berpergian atau hanya dengan jogging keliling kompleks.

3. Mengurangi Mengkonsumsi Garam

Mengurangi konsumsi garam dapat mencegah hipertensi

Mengkonsumsi makanan mengandung garam menjadi salah satu hal yang sangat diyakini dapat memicu penyakit hipertensi. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki resiko cukup tinggi untuk menderita penyakit hipertensi. Sangat disarankan untuk tidak atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam.

4. Menjaga Asupan Makanan

Salah satu cara mencegah hipertensi yaitu menjaga asupan makanan

Cara mencegah hipertensi selanjutnya ialah dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Ketika Anda harus dihadapkan dengan resiko menderita penyakit hipertensi yang cukup tinggi ada baiknya jika melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat dan kaya akan nutrisi baik yang dapat meningkatkan system imun atau kekebalan tubuh seperti makanan yang kaya akan serat, bibi-bijian, buah dan sayur.

5. Lakukan Relaksasi

Salah satu cara mencegah hipertensi dengan relaksasi

Banyak para penderita hipertensi terserang akibat dari depresi dan stress akibat tekanan dan beban pikiran yang harus ia tanggung. Lakukan relaksasi seperti meditasi atau yoga. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan dapat dengan mudah mengendalikan stress.

6. Piknik

Salah satu upaya mencegah hipertensi yaitu piknik

Salah satu upaya mencegah hipertensi yang satu ini masih berkaitan dengan cara yang sebelumnya. Piknik merupakan salah satu cara atau upaya manusia untuk mencari kesenangan dan rileksasi serta melepas kepenatan akan rutinitas kerja yang biasa ia lakukan. Hal ini akan sedikit mengurangi tekanan beban pikiran kita sejenak.

7. Kurangi Konsumsi Kafein

Salah satu cara mencegah hipertensi dengan mengurangi konsumsi kafein

Kandungan kafein yang cukup tinggi pada makanan atau minuman yang kita konsumsi memang sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Terlebih lagi ketika kalian mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak atau berlebihan. Hal ini tentunya akan menimbulkan sesuat yang buruk atau tidak diharapkan seperti gangguan kesehatan yang cukup serius seperti penyakit hipertensi. Meminum lebih dari empat cangkir kopi dalam satu hari akan meningkatkan resiko terkena penyakit yang cukup mematikan.

8. Berhenti Merokok

Salah satu ara mengatasi hipertensi yaitu berhenti merokok

Meskipun tidak secara langsung menyebabkan penyakit hipertensi. Namun rokok sangat beresiko mempertinggi kemungkinan mengidap penyakit serangan jantung dan stroke yang diakibatkan oleh menyempitnya arteri. Terlebih lagi bagi ANda yang sudah mengidap penyakit hipertensi hal ini akan sangat meningkatkan resiko penyakit jantung dan paru-paru yang cukup kronis secara drastis. Hal ini lah yang seharusnya menjadi alasan yang cukup kuat bagi Anda para pecandu rokok untuk sesegera mungkin berhenti dari kebiasaan buruk ini.

Itulah beberapa cara megatasi dan mencegah hipertensi yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Meskipun beberapa akan cukup sulit dilakukan karena kebiasaan yang diajalankan terus menerus. Namun bila Anda serius dan bersungguh-sungguh secara perlahan namun pasti semuanya dapat dengan mudah Anda jalani

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com