9 Makanan Enak yang Ternyata Dapat Menyebabkan Ngantuk

Bagaimana jadinya jika makanan favorit Anda merupakan makanan penyebab ngantuk. Padahal biasanya Anda menikmati jenis-jenis makanan ini untuk mengawali aktivitas atau di sela-sela aktivitas Anda. Mungkin banyak orang termasuk Anda yang terkadang kurang menyadari hal tersebut, sehingga jangan heran jika sehabis makan bukannya mendapatkan energi atau tenaga justru malah mengantuk dan ingin segera memejamkan mata untuk terjaga, sedangkan banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Nah untuk itu cobalah mencari tahu mengapa rasa ngantuk itu datang setelah Anda makan, padahal semalaman sudah menghabiskan waktu untuk beristirahat.

Sebenarnya rasa ngantuk yang datang setelah Anda makan bisa disebabkan oleh makanan yang telah Anda konsumsi, dan untuk mengetahui makanan penyebab ngantuk, ini dia daftarnya.

1. Nasi Putih

Jangan heran saat Anda mengkonsumsi banyak nasi putih apalagi saat sarapan, mungkin Anda akan merasa bertenaga namun rasakanlah setelah beberapa jam kemudian, rasa ngantuk akan segera menghadiri diri Anda. Mengapa nasi putih dapat menjadi pemicu rasa ngantuk? karena nasi putih memiliki level yang tinggi pada indeks glikemik.

2. Produk Susu

Produk makanan yang menyimpan kandungan susu memang memiliki rasa yang lezat dan biasanya akan banyak orang yang menyukainya. Namun tahukah Anda bahwa produk susu seperti hard cheese berupa parmesan, gouda dan edam mempunyai sifat yang menenangkan sebab didalamnya terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Dan jika Anda mengambilnya sebagai cemilan maka akan cepat membuat Anda terkantuk meskipun saat siang hari.

3. Kacang Almond

Didalam kacang almond terdapat kandungan Triptofan yang begitu tinggi. Triptofan merupakan salah satu jenis dari 20 asam amino yang penting bagi tubuh namun dipercaya juga sebagai hormon pembuat ngantuk. Selain itu, jenis kacangan-kacangan juga mempunyai kandungan magnesium yang begitu tinggi, sehingga mampu membuat otot tenang dan menciptakan rasa nyaman. Kenyamanan tersebut akan membawa Anda pada rasa ngantuk yang berlebihan.

4. Buah Cherry

Buah Cherry yang Anda konsumsi merupakan buah kaya akan melatonin yang dapat menciptakan rasa ngantuk apabila Anda mengkonsumsinya dengan cara dibuat sebagai jus. Namun jika Anda mengkonsumsinya langsung saat masih segar maka rasa ngantuk bisa sedikit dihindari.

5. Biji Kenari

Saat Anda menikmati biji kenari dan sesudahnya timbul rasa ngantuk yang amat, maka Anda tak perlu heran, karena memang  didalam biji kenari ini terdapat kandungan Triptofan yang rendah, namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan melatoninnya. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan produksi Triptofan dan mengakibatkan Anda semakin mudah untuk mengantuk.

6. Biji Labu

Jenis makanan yang dapat menimbulkan ngantuk selanjutnya adalah biji labu. Biji labu mengandung zat triptofan, zinc dan juga magnesium yang merupakan zat-zat yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan akhirnya membuat Anda semakin ingin tidur.

7. Teh Chamomile

Minuman teh chamomile yang Anda konsumsi saat pagi hari ternyata bisa menimbulkan rasa ngantuk. Hal ini disebabkan karena bunga chamomile ini merupakan bunga yang menyimpan glisin, dan akan memberi efek yang baik untuk meregangkan otot dan sistem saraf.

8. Minyak Ikan

Jenis ikan-ikanan seperti ikan salmon, tuna dan jenis ikan lainnya dapat meningkatkan produksi melatonin didalam tubuh.  Dan karena asam inilah yang akan menekan kehadiran hormon stress di tubuh dan akhirnya tubuh akan merasa tenang, nyaman, relaks dan semakin mudah untuk terlelap.

9. Buah Pisang


Buah pisang yang biasa Anda makan sebelum sarapan merupakan buah yang mengandung gula, magnesium dan juga potassium yang akan menjadikan triptofan masuk kedalam otak lebih cepat sehingga akan mengakibatkan rasa ngantuk setelah memakannya. Buah pisang bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda saat mengalami kesusahan tidur.

Kalau Anda tidak ingin cepat terjaga saat beraktivitas atau diwaktu siang hari maka cobalah untuk menghindari makanan-makanan penyebab ngantuk seperti yang telah disebutkan tadi. Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya, namun nikmatilah disaat Anda ingin santai dirumah atau disaat Anda ingin segera pergi untuk beristirahat.

Nurhayani, SKM

Nurhayani, SKM, biasa dipanggil Ibu Yani, saat ini bekerja sebagai staf PPI (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) di RSUD Kota Makassar. Aktif menulis di DOKTERKU.co.id, juga aktif di organisasi profesional seperti PPNI (persatuan perawat nasional Indonesia), FORMIKI (Organisasi Profesi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia).