Cara Menghilangkan Atau Mengobati Depresi

Depresi dapat terjadi pada seseorang jika orang tersebut mengalami suasana hati yang membuatnya sedih berlarut-larut. Lebih dari itu biasanya orang tersebut akan hilang sama sekali ketertarikannya dengan apapun yang sebelumnya dia senangi. Orang yang depresi lebih banyak mengurung diri dan menghindar dari pergaulan luar dan cenderung tidak mengatakan pada siapapun bahwa dirinya sedang depresi.

Sebaiknya jika Anda mengalami masalah tersebut segera ceritakan masalah Anda kepada orang-orang terdekat agar beban Anda terasa ringan. Jika itu tidak Anda lakukan kemungkinan depresi akan semkain parah dan sulit untuk disembuhkan. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati depresi, antara lain:

1. Dari Diri Sendiri

Berolahraga merupakan salah satu cara menghilangkan depresi

Jika depresi yang Anda alami belum terlalu parah, Anda dapat mengobatinya dengan cara berolahraga secara rutin. Olahraga selain dapat membuat tubuh Anda tetap bugar juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda serta mengurangi perasaan sedih yang berlebihan. Anda juga harus memperhatikan jam tidur Anda karena tidur yang cukup sangat membantu mengurangi depresi. Kebanyakan orang akan sulit tidur apabila mengalami depresi, tetapi dengan diiringi olahraga teratur juga dapat membantu Anda agar lebih mudah tidur. Teruslah motivasi diri Anda dan lakukan hal-hal positif yang dapat mengalihkan kesedihan Anda.

2. Yoga

Yoga merupakan salah satu cara menghilangkan depresi

Lakukan Yoga secara rutin dan ketenangan jiwa Anda akan lebih stabil. Yoga juga dapat mencegah kambuhnya depresi. Ini sangat membantu dalam hal proses relaksasi diri Anda. Luangkan waktu Anda setidaknya 30 menit dalam sehari untuk melakukan Yoga. Singkirkan hal-hal buruk yang membuat pikiran dan perasaan Anda gelisah dan bayangkan Anda berada disuatu tempat yang tenang dan damai.

3. Mengkonsumsi Kunyit

Mengkonsumsi Kunyit dapat dijadikan obat untuk mengobati depresi

Rempah satu ini yang biasa digunakan untuk bumbu masakan ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi depresi. Sebuah penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi kunyit dapat meningkatkan kadar serotonin di otak sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengobati depresi. Bahkan efek kunyit lebih baik dari pada obat anti depresan Fluoxetine.

4. Mengkonsumsi Omega-3

Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dapat mengobati depresi

Kandungan omega-3 banyak ditemukan pada ikan terutama ikan salmon dan tuna. Jika Anda tidak doyan ikan, Anda dapat menemukan kandungan omega-3 yang terdapat dalam kapsul minyak ikan yang banyak beredar dipasaran dengan berbagai merk dagang. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan omega-3 dapat menyebabkan depresi dan buruknya suasana hati. Oleh karena itu, mulai dari sekarang penuhilah asupan omega-3 mulai dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

5. Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu cara mengobati depresi

Terapi akupuntur dipercaya dapat mengobati depresi selain menggunakan obat antidepresan yang tentunya jika Anda minum secara terus menerus dapat memberikan efek samping. Menusukkan jarum-jarum tipis ke titik-titik tertentu dalam tubuh ini dapat mengurangi rasa sakit dan depresi dalam tubuh. Segeralah datang ke ahli akupuntur yang terpercaya untuk mengobati depresi Anda.

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan dan mengobati depresi. Deteksi dan waspadailah gejala depresi sedini mungkin karena hanya Anda sendiri yang tau apa yang terjadi pada diri Anda

dr. Ika Mariani Ratna Devi, Sp.PD

Seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menetap di kota Surabaya, aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Sebagai ibu Rumah tangga dengan 2 Orang Anak, yang memiliki passion bisnis online dan pembicara seminar kesehatan (prefered diabetes and cancer)