Cara mengobati jerawat batu secara alami

Wanita yang memiliki masalah jerawat batu umumnya merasa dirinya yang paling buruk dimata lelaki. Rasa kurang percaya diri, putus asa, akan dialami oleh wanita dewasa khususnya yang memiliki masalah tersebut. Penyebab munculnya jerawat jenis ini tidak selalu dari polusi udara hingga kulit berminyak saja, sebab faktor hormonal pun ikut mempengaruhinya. Jenis jerawat ini dikenal dengan istilah tersebut dikarenakan ukurannya yang lebih besar dari ukuran jerawat biasanya hingga umumnya sedikit agak keras dibandingkan rata-rata jerawat yang ada. Adapula penyebabnya dikarenakan jerawat yang umumnya tumbuh normal namun sengaja dikeluarkan lemak didalamnya dan tidak tuntas lemak dikeluarkan sehingga meradang. Untuk itulah penyebab timbulnya jerawat tersebut harus diketahui dan jika sudah terjadi jerawat batu maka harus segera diatasi masalahnya.

Menurut study dari rumah sakit di Massachusetts Amerika serikat dari surat kabar digital di www.nytimes.com dari 100% wanita di Amerika penderita masalah jerawat batu umumnya wanita yang berumur 21 tahun hingga 30 tahun adalah yang paling banyak mengalami masalah tersebut yaitu sebesar 45%. Ini menandakan pada usia tersebut memang faktor gaya hidup dan tingkat stress yang dialami cukup tinggi sehingga memicu munculnya jerawat tersebut. Berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah jerawat batu tersebut, antara lain:

1. Mengatasinya dengan menggunakan bawang putih

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Cara ini memang cukup efektif untuk dilakukan serta tidak memerlukan biaya besar dan mahal. Cukup dengan mengupas kulit ari bawang putih dan memotongnya melintang. Setelah itu bagian bawang yang telah dipotong dioleskan pada jerawat tersebut dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda terlebih dulu sebelum mengoleskan bawang putih tersebut. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin. Kandungan antiseptik yang terdapat didalamnya akan membuat wajah Anda bersih dari masalah tersebut.

2. Menggunakan Buah Tomat

Tomat dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Tomat termasuk buah-buahan yang umumnya sering digunakan untuk bahan campuran membuat sayuran. Akan tetapi buah ini juga dapat menyembuhkan masalah jerawat batu. Kandungan vitamin E yang terdapat didalamnya dapat mengatasi peradangan pada kulit wajah, hingga dapat mencerahkan dan menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya mudah cukup gunakan satu buah tomat dan belah menjadi dua bagian, kemudian oleskan satu potong ke bagian pipi kiri dan potongan lainnya di pipi kanan gosok perlahan selama 20 menit. setelah itu bilas dengan air hangat dan lakukan secara rutin.

3. Menggunakan Kentang

Kentang dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Jerawat batu dapat dihilangkan juga dengan menggunakan kentang dengan cara dijadikan masker wajah. caranya dapat dengan menghaluskan kentang terlebih dulu dengan diparut atau diblender. Gunakan jenis masker ini setelah Anda mandi. Kentang yang sudah dihaluskan tersebut dioles di muka hingga menjadi masker dan biarkan selama 20 menit. Setelah selesai bilas dengam air hangat. Bila tidak ingin dijadikan masker Anda dapat memotong bagian kentang secara tipis dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat masalah jerawat tersebut.

4. Menggunakan telur serta madu

Madu dan telur dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Telur yang akan digunakan untuk pengobatan masalah tersebut adalah bagian putih telurnya yang kaya akan protein. Manfaat lain dari telur dapat mengencangkan pori-pori kulit wajah Anda. Ditambah dengan manfaat madu akan membuat khasiatnya lebih optimal. Cara yang sederhana dengan memisahkan putih dengan kuning telurnya terlebih dulu, kemudian putihnya campurkan dengan tiga sendok makan madu aduk merata dan gunakan sebagai masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Gunakan campuran jeruk nipis dan madu serta kunyit.

Madu, jeruk nipis dan kunyit dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Bahan-bahan yang umumnya dikonsumsi sebagai jamu kesehatan oleh sebagian besar masyarakat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah jerawat batu. Dengan campuran ketiga bahan tersebut yang dapat bermanfaat sebagai anti radang serta anti inflamasi tersebut lebih efektif menghilangkan jerawat. Cara penyajiannya mudah cukup dengan menghaluskan kunyit yang sudah dicuci bersih dengan cara ditumbuk atau diblender kemudian campurkan dengan jeruk nipis dan madu aduk hingga menjadi adonan kemudian oleskan secara perlahan dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin dan bersihkan.

6. Menggunakan baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Selain bermanfaat dapat membersihkan gigi ternyata baking soda juga dapat digunakan untuk mengobati masalah jerawat batu hingga menghentikan penyebarannya. Caranya cukup dengan mencampurkan baking soda secukupnya dengan air hangat kemudian aduk hingga menjadi sebuah pasta kemudian oleskan pada wajah khususnya pada bagian wajah yang terdapat jerawat batu dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin. Setiap kulit wajah berbeda-beda reaksinya ketika menggunakan pasta tersebut, jadi jika Anda termasuk kulit wajah yang sensitif jangan gunakan terlalu sering cukup tiga kali dalam seminggu saja.

7. Menggunakan buah mengkudu

Mengkudu dapat digunakan untuk mengobatijerawat batu

Buah mengkudu ternyata tidak hanya bermanfaat untuk orang yang memiliki penyakit diabetes saja, namun juga bermanfaat untuk orang yang bermasalah dengan jerawat batu pada wajahnya. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah tersebutlah yang membuatnya sangat berkhasiat untuk kesehatan wajah hingga memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah membuat hormon androgen pun dalam keadaan stabil sehingga mengurangi munculnya jerawat serta dapat membersihkan darah kotor dari dalam. Caranya mudah cukup dengan menghaluskan buah mengkudu secukupnya rebus hingga mendidih. Setelah itu saring dan ambil airnya saja dan biarkan hangat kemudian minumlah jus tersebut secara rutin tiga kali seminggu.

8. Menggunakan Buah Mahkota dewa

Buah mahkota dewa dapat digunakan untuk mengobati jerawat batu

Tanaman mahkota dewa yang dikenal masyarakat dari buahnya ternyata memiliki manfaat hingga ke daunnya. Tanaman ini ternyata memiliki manfaat mengurangi rasa nyeri khususnya pada jerawat yang sedang meradang. Caranya terbilang mudah cukup dengan menghaluskan buah atau daun mahkota dewa. Kemudian setelah mandi atau setelah wajah dibersihkan oleskan mahkota dewa yang sudah dihaluskan tersebut pada wajah khususnya bagian yang terdapat jerawat batu selama 20 menit hingga meresap. Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air dingin. Untuk hasil yang lebih optimal gunakan secara rutin minimal seminggu tiga kali.

Kandungan yang terdapat dari tanaman dan buah tersebut memang bermanfaat untuk kesehatan wajah khususnya yang sedang mengalami masalah jerawat batu. Akan tetapi pengobatan alami tidak akan langsung memberikan hasil secara instan jika tidak menggunakannya secara rutin. Walaupun hasilnya tidak langsung terlihat namun ketika sudah menyembuhkan akan sehat alami lebih lama dibandingkan obat kimia. Selain itu perhatikan juga pola hidup sehat yang Anda jalani agar tidak menimbulkan masalah jerawat yang sama. Misalnya dengan tidur teratur dan jangan begadang jika tidak diperlukan, kelola stress yang dialami dengan baik, selalu menjaga kebersihan wajah dengan membersihkannya secara teratur, hingga menjaga kebersihan tangan. Dengan cara tersebut jika dilakukan denga konsisten akan menghindarkan Anda dari masalah jerawat batu.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.