Cara Mengobati Keputihan Secara Tradisional

Keputihan adalah hal yang sangat mengganggu bagi kaum wanita. Banyak cara dilakukan untuk mengobati keputihan baik menggunakan obat-obatan kimia maupun obat-obatan tradisional. Sebenarnya keputihan adalah reaksi yang wajar dialami karena rongga vagina dalam proses pembersihan. Tetapi jika hal tersebut terjadi secara berlebihan tentunya Anda harus waspada karena bisa jadi hal tersebut adalah tanda dari gejala penyakit lain.

Sebelum Anda melirik obat-obatan berbahan kimia sebaiknya Anda coba dahulu beberapa pengobatan keputihan secara alami yang dapat Anda lakukan dan buat sendiri. Bahan-bahan pengobatan tradisional untuk keputihan ini mudah Anda temukan bahkan dapat Anda temukan mulai dari dapur Anda sendiri. Berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah keputihan tersebut, antara lain:

1. Cuka Apel

Cuka apel dapat dijadikan sebagai obat untuk keputihan

Cuka yang terbuat dari sari buah apel ini dipercaya dapat mengobati keputihan karena dapat menyeimbangkan tingkat keasaman PH pada vagina. Pilihlah cuka apel yang murni yang belum banyak melewati proses penyaringan atau yang masih terlihat endapan apel di dalamnya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan beberapa sendok makan cuka apel kedalam air mineral hangat lalu Anda dapat meminumnya setiap hari. Anda juga dapat menambahkan madu untuk mengurangi rasa asam dari larutan cuka apel tersebut.

2. Pisang

Pisang dapat dijadikan obat keputihan

Mengkonsumsi pisang setiap hari juga dapat mengobati keputihan yang mengganggu. Kandungan zat yang ada dalam pisang dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh yang dapat mengganggu alat reproduksi. Anda dapat mengkonsumsinya minimal dua buah pisang per hari untuk menjaga kesehatan Anda. Bonus yang Anda dapat dalam mengkonsumsi pisang setiap hari selain masalah keputihan Anda teratasi juga jantung Anda menjadi lebih sehat serta masalah pencernaan Anda membaik.

Baca juga artikel tentang penyebab keputihan: 8 Penyebab keputihan yang sering terjadi tanpa disadari

3. Delima

Delima dapat dijadikan sebagai onbat untuk mengatasi keputihan

Kandungan yang ada dalam buah delima dipercaya sangat ampuh untuk membunuh dan mencegah bakteri jahat dari dalam tubuh termasuk bakteri yang menyerang vagina. Anda dapat mengkonsumsi buah delima secara langsung atau dibuat jus. Minumlah setiap hari minimal satu gelas jus delima agar hasil yang Anda dapat maksimal.

4. Jahe

Jahe dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah keputihan

Selain dapat menghangatkan tubuh dan sebagai penyedap dalam masakan, mengkonsumsi jahe juga dapat mengobati keputihan. Kandungan dalam jahe dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh dan juga mencegah perkembangan bakteri dan virus yang mengganggu kesehatan terutama keputihan. Anda dapat menyeduh irisan jahe kering dengan air hangat dan mencampurnya dengan madu. Anda juga dapat menambahkan susu rendah lemak kedalam campuran jahe dan madu untuk hasil yang lebih baik lagi. Konsumsilah setiap hari untuk kesehatan Anda.

5. Yoghurt

Yoghurt dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah keputihan

Kita semua tahu bahwa yoghurt memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi yang mampu melawan pertumbuhan bakteri jahat dalam vagina. Infeksi jamur yang sering dialami di area seputar vagina juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi yoghurt. Dengan mengkonsumsi yoghurt, Anda akan bebas dari keputihan sekaligus masalah pencernaan Anda dapat teratasi.

Cobalah beberapa obat alami diatas untuk mengobati keputihan Anda. Jika keputihan Anda tetap parah sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mengobatinya. Semoga Anda lekas sembuh.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.