Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

Banyak hal yang dapat menyebabkan mata minus antara lain pola hidup yang buruk, kurangnya istirahat, kekurangan vitamin, bahkan faktor genetika pun dapat mempengaruhi. Biasanya langkah pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi bertambah parahnya mata minus dengan menggunakan kacamata. Tetapi hal itu tidak dapat menjamin bertambahnya minus mata jika Anda tetap melakukan hal-hal yang dapat memperparah kondisi mata minus.

Selain menjaga pola hidup yang lebih baik lagi, ada banyak bahan-bahan alami yang dapat mengobati mata minus. Bahan-bahan tersebut tentunya tidak berbahaya dan dapat Anda peroleh di lingkungan sekitar Anda. Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat Anda jadikan obat untuk mata minus, antara lain.

1. Buah Tekokak

Buah tekokak dapat dijadikan obat untuk mata minus

Buah yang memiliki nama lain Solanum Torvum ini biasanya tumbuh liar di kebun-kebun dekat rumah Anda. Selain buahnya dapat dimasak, ternyata buah yang memiliki rasa mirip terong ini dapat mengatasi mata minus karena kandungan vitamin A nya sangat tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara membuat jus dari beberapa biji buah tekokak dan meminumnya secara rutin. Jika mata minus Anda sudah berkurang atau bahkan sudah sembuh, Anda dapat tetap mengkonsumsinya satu atau dua kali dalam seminggu untuk menjaga agar mata Anda tetap sehat.

2. Kitolod

Kitolod dapat dijadikan obat untuk mata minus

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Laurentia longiflora ini biasanya tumbuh liar di sela-sela batu dan memiliki bunga putih yang cantik dengan daun-daun yang bergerigi. Tanaman kitolod ini dapat digunakan untuk tetes mata dengan cara meremas beberapa lembar daunnya dan mencampurkannya dalam air mineral kemudian diteteskan pada mata Anda. Tetapi Anda harus tahan karena tetes mata dari kitolod ini akan membuat mata Anda perih untuk beberapa saat.

3. Daun Sirih

Daun sitih dapat dijadikan obat untuk mengatasi mata minus

Daun sirih selain dapat menguatkan gigi juga dapat digunakan untuk mengobati mata minus. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam beberapa lembar daun sirih dalam air hangat dan biarkan hingga airnya menjadi dingin kemudian basuhlah mata Anda menggunakan rendaman air daun sirih tersebut. Selain itu Anda juga dapat menempelkan remasan daun sirih ke kedua kelopak mata Anda setiap malam sebelum tidur. Lakukan setiap hari sehingga hasil yang Anda dapat bisa maksimal.

4. Wortel

Wortel dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah mata minus

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel memang sangat baik untuk mengobati dan menjaga kesehatan mata Anda. Berbagai macam olahan dari wortel dapat Anda buat jika Anda bosan mengkonsumsi wortel dalam bentuk jus. Uji kreativitas Anda untuk menciptakan makanan berbahan dasar wortel setiap harinya agar Anda bisa rutin mengkonsumsinya tanpa rasa bosan.

5. Kembang Telang

Kembang telang dapat dijadikan obat untuk mata minus

Kembang telang biasanya digunakan untuk pewarna biru alami dalam makanan ini ternyata juga berkhasiat untuk mengobati mata minus. Bunga yang termasuk dalam family polong-polongan ini dapat Anda olah untuk obat mata minus dengan cara merendam beberapa buah bunganya dengan air hangat hingga warna biru mudanya luntur kemudian Anda dapat meneteskan atau mencuci mata Anda dengan air rendaman tersebut. Oleh sebab itu tidak ada ruginya jika Anda menanam kembang telang di halaman rumah Anda karena selain bunganya yang indah juga dapat digunakan sebagai obat yang berkhasiat.

Demikian beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat mata minus. Mata yang sehat adalah dambaan setiap manusia. Jagalah mata Anda sebaik mungkin.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com