Cara Mengobati Sakit Jantung

Bila jantung Anda sering berdebar-debar tanpa alasan tertentu serta tubuh Anda mudah lelah dan nyeri dibeberapa bagian, waspadalah karena hal tersebut bisa saja merupakan gejala-gejala penyakit jantung. Hal yang perlu Anda lakukan adalah segera periksakan kedokter karena semakin dini penyakit jantung dapat terdeteksi itu akan semakin baik dan mudah untuk diobati. Sebaiknya pula Anda segera mengubah pola hidup Anda menjadi lebih baik lagi jika memang Anda dideteksi terjangkit penyakit jantung.

Anda tidak perlu khawatir jika pola hidup Anda terjaga, sakit jantung dapat diobati dengan mudah. Anda harus menghindari stress yang berlebihan karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi sakit jantung Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati sakit jantung, yaitu:

1. Menggunakan Daun Sukun

Penyakit jantung dapat diobati dengan menggunakan daun sukun

Selain buahnya yang enak untuk dikonsumsi, daun sukun juga ternyata bermanfaat untuk mengobati sakit jantung karena kandungan sitosterol dan flavonoid yang ada didalamnya. Zat-zat ini berkhasiat untuk menurunkan kolesterol darah yang dapat mengakibatkan sakit jantung. Petiklah satu lembar daun sukun yang sudah cukup tua kemudian rebus dengan setengah liter air hingga air menyusut menjadi setengahnya kemudian tambahkan air lagi setengah liter rebus terus hingga air menyusut kembali. Minumlah air rebusan daun sukun ini setiap hari selama satu minggu.

2. Menggunakan Kunyit

Penyakit jantung dapat diobati dengan menggunakan kunyit

Kandungan zat yang ada dalam kunyit mampu melarutkan kolesterol dalam darah yang menyebabkan sakit jantung. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara mencampur parutan kunyit dengan segelas air panas, diamkan hingga 15 menit lamanya. Anda dapat menambahkan beberapa tetes madu kedalam campuran tersebut untuk menghilangkan rasa getir kunyit.

3. Menggunakan Saus Tomat

Penyakit jantung dapat diobati dengan mengkonsumsi saus tomat

Penyakit jantung dapat diobati dengan mengkonsumsi saus tomat

Bagi Anda yang mempunyai sakit jantung ada baiknya rajin-rajinlah mengkonsumsi saus tomat. Hal ini karena saus tomat dipercaya mampu mengobati sakit jantung. Menurut penelitian yang ada, mengkonsumsi saus tomat dapat meningkatkan kekuatan pembuluh darah. Yang kita semua ketahui, penyempitan pembuluh darah adalah faktor penyebab serangan jantung dan stroke. Lebih baik lagi jika Anda membuat saus tomat buatan Anda sendiri dengan cara membuat puree dari beberapa buah tomat dan mencampurnya dengan rempah-rempah lain. Selain lebih lezat, saus tomat buatan Anda sendiri tentunya tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Menggunakan Ubi Jalar

Penyakit jantung dapat diobati dengan banyak mengkonsumsi ubi jalar

Penyakit jantung dapat diobati dengan banyak mengkonsumsi ubi jalar

Mengkonsumsi ubi jalar sangat baik bagi kesehatan Anda, selain kandungan seratnya yang begitu tinggi, ubi jalar mengandung zat yang sangat berpengaruh bagi kesehatan jantung Anda. Fitonutrien adalah zat yang ada dalam ubi jalar yang sangat berperan penting dalam memperlancar peredaran darah, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta menjaga kestabilan gula darah Anda agar tetap normal. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus atau dibakar. Kalau Anda ingin mengkonsumsinya dengan cara digoreng sebaiknya perhatikan kandungan yang ada dalam minyak goreng yang Anda pakai. Pilihlah minyak dengan kandungan lemak tak jenuh atau monounsaturated fat yang sangat baik bagi jantung Anda karena sangat berpengaruh dalam proses penurunan kolesterol.

Demikian beberapa makanan yang dapat mengobati sakit jantung. Tetaplah menerapkan pola hidup sehat bagi kesehatan.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com