Cara Mengobati Sakit Kepala Bagian Belakang

Sakit kepala atau secara medis disebut Cephalagia adalah sakit yang terasa dibagian kepala entah itu depan samping maupun belakang. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sakit kepala yang dirasakan pada bagian belakang kepala. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab sakit kepala yaitu stress, asap rokok, kelelahan, dan sebagainnya. Kenalilah obat sakit kepala yang Anda pilih berdasarkan bagian kepala mana yang sakit agar pengobatan tersebut lebih manjur.

Sakit kepala belakang biasanya terjadi karena ketegangan dibagian leher, migrain yang parah dan sering kambuh, ataupun sinus yang Anda derita. Sakit kepala tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda jika tidak segera diatasi. Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengobati sakit kepala bagian belakang yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Tidur

Tidur merupaka salah satu cara menghilangkan sakit kepala bagian belakang

Jika sakit kepala belakang menyerang segera sandarkan kepala Anda dikursi dan rilekskan tubuh Anda senyaman mungkin. Jika keadaan memungkinkan segeralah berbaring untuk tidur agar ketegangan yang terpusat dileher Anda dapat berkurang. Matikan lampu kamar Anda agar tidur Anda lebih lelap dan nyaman. Anda juga dapat memutar musik klasik yang lembut untuk mengiringi tidur Anda.

2. Pijat

Melukakn pijatan pada bagian kepala dapat mengurangi sakit kepala

Melukakan pijatan pada bagian kepala dapat mengurangi rasa sakit kepala

Lakukan pemijatan lembut di area kepala Anda yang sakit untuk mengurangi ketegangan. Dipercaya pijatan tersebut selain dapat mengurangi sakit dikepala juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Lakukan terus hingga sakit Anda berkurang dengan sesekali menghirup aromaterapi yang dapat menenangkan pikiran Anda.

3. Aerobik

Melakukan aerobik dapat menghilangkan sakit kepala bagian belakang

Melakukan aerobik dapat menghilangkan sakit kepala bagian belakang

Melakukan aerobik secara rutin juga dapat menghilangkan dan mencegah sakit kepala bagian belakang. Menurut sejumlah penelitian latihan-latihan kecil aerobik seperti berjalan-jalan kecil maupun berenang dapat mengurangi sakit kepala. Anda juga dapat melakukan gerakan-gerakan isometrik pada bagian bahu dan leher Anda agar otot lebih rileks. Dengan aerobik sakit kepala akan hilang dan tubuh Anda semakin bugar.

4. Kompres

Mengkompres leher bagian belakang dapat mengurangi rasa sakit kepala belakang

Mengkompres leher bagian belakang dapat mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang

Untuk mengurangi sakit kepala bagian belakang, Anda juga dapat mengkompresnya menggunakan air hangat maupun air es. Hal itu dilakukan untuk melemaskan otot-otot yang tegang di leher Anda. Mengkompres menggunakan air hangat maupun air es dipercaya dapat menurunkan suhu pada pembuluh darah yang melewati bagian kepala yang sakit sehingga dapat meredakan rasa sakit. Sebaiknya cara ini dilakukan secara berkala hingga rasa sakit yang Anda alami hilang.

5. Mengunakan Biji Alpukat

Sakit kepala bagian belakang dapat diobati dengan menggunakan biji alpukat

Sakit kepala bagian belakang dapat diobati dengan menggunakan biji alpukat

Jika Anda penggemar berat jus alpukat yang nikmat itu jangan buru-buru buang biji alpukatnya karena selain buahnya yang nikmat, biji alpukat memiliki khasiat yang dapat mengobati rasa sakit kepala bagian belakang. Parutlah biji alpukat tersebut dan campurkan dengan air kemudian Anda tempelkan kebagian kepala yang sakit diamkan beberapa saat hingga mongering. Selain itu Anda juga dapat mencampurkan parutan biji buah alpukat tersebut kedalam smoothies yang Anda buat.

Itulah beberapa cara untuk mengobati sakit kepala bagian belakang. Selain mengobati dari dalam tubuh Anda, sebaiknya Anda juga peka terhadap faktor-faktor dari luar yang dapat menjadi penyebab sakit yang Anda alami. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh,

dr. Isman Sandira, S.Ked

Seorang dokter yang berdomisili di Makassar dan sekarang tercatat sebagai mahasiswa S2 biomedik konsentrasi fisiologi di Universitas Hasanuddin.