Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Sebagai Obat Tradisional

Tingginya kandungan antioksidan yang ada dalam buah manggis membuatnya dijuluki sebagai ratunya buah. Segudang manfaat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah manggis antara lain menurunkan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, menstabilkan gula darah, dan lain-lain. Selain daging buahnya yang bermanfaat, kulitnya pun digunakan untuk obat berbagai macam penyakit.

Berbagai merk ekstrak kulit manggis beredar dipasaran sekarang ini, namun mungkin terpikir dibenak Anda ingin mengolah kulit manggis tersebut. Ternyata pengolahan kulit manggis untuk dijadikan obat sangat mudah. Jadi apabila Anda habis mengkonsumsi buah manggis jangan buru-buru membuang kulitnya sebelum Anda membaca cara-cara pengolahan kulit manggis berukut ini, antara lain:

1. Diolah Menjadi Teh

Kulit manggis dapat diolah menjadi teh

Membuat teh berbahan kulit manggis sangatlah mudah. Cuci bersih kulit-kulit manggis yang Anda punya kemudian potong kecil-kecil dan jemur dibawah sinar matahari sampai kering. Selanjutnya Anda dapat menyeduhnya dengan air hangat dan mencampurnya dengan madu atau gula batu untuk mengurangi rasa sepet kulit manggis tersebut.

2. Diolah Menjadi Jus

Kulit manggis dapat diolah menjadi jus

Jika Anda tidak ada waktu untuk menjemur atau cuaca sedang musim penghujan, kulit manggis dapat langsung dibuat jus. Pilihlah kulit yang masih segar agar tidak liat ketika diblender. Cukup dengan memotong-motong kecil kulit buah manggis, campurkan dengan sedikit air dan madu jus yang lezat dan kaya manfaat pun tersaji.

3. Diolah Menjadi Ekstrak Kulit Manggis

Kulit manggis dapat diloah menjadi ekstrak

Selain membelinya, Anda tentu dapat membuat sendiri ekstrak kulit manggis. Caranya sangat mudah yaitu cuci bersih kulit manggis, kemudian potong tipis-tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah kering sempurna dan tak berjamur Anda dapat menumbuknya atau memblender kulit manggis kering tersebut hingga menjadi serbuk. Setelah itu simpanlah dalam toples yang kering dan kedap udara. Untuk menikmatinya Anda dapat menyeduh beberapa sendok teh bubuk kulit manggis tersebut dengan air panas seperti sedang membuat kopi dan memberi beberapa tetes madu atau gula rendah kalori.

4. Direbus

Kulit manggis dapat direbus kemudian airnya disaring

Kulit manggis dapat direbus kemudian airnya disaring

Cara mengolah kulit manggis yang satu ini sangatlah praktis dan mudah. Ambil beberapa genggam kulit manggis kering dan rebuslah dengan air mendidih hingga air rebusan berubah warna menjadi lebih gelap. Setelah itu saringlah dan nikmati rebusan air kulit manggis tersebut dengan sedikit gula batu. Niscaya akan menjadi minuman yang nikmat namun besar sekali manfaatnya bagi kesehatan Anda.

 

5. Dibuat Wedang Kulit Manggis

Kulit manggis dapat diolah menjadi wedang kulit manggis

Selain cara-cara tersebut diatas, pengolahan kulit manggis yang sangat mudah berikutnya adalah membuatnya menjadi wedang kulit manggis. Siapkan beberapa buah kulit manggis yang masih segar lalu kerok daging kulitnya. Taruh kerokan kulit manggis tersebut kedalam gelas dan seduh dengan air panas atau Anda bisa merebusnya sebentar lalu nikmati wedang kulit manggis ini dengan menambahkan gula batu ataupun madu.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengolah kulit manggis yang sangat kaya manfaat tersebut. Dengan mengolahnya sendiri tentunya dapat lebih hemat daripada Anda membelinya di toko. Selamat mencoba.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com