Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Memiliki tubuh yang sehat tentunya adalah dambaan bagi setiap orang. Sistem kekebalan tubuh atau imun sangatlah berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar selalu fit dan bugar. Dengan tubuh yang sehat Anda akan bebas beraktivitas dan terhindar dari biaya pengobatan yang cukup mahal.

Cuaca yang berubah-ubah sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh karena dalam cuaca ekstrim tersebut virus dan bakteri akan mudah berkembang biak dan kemudian dapat menyerang tubuh kita. Orang yang daya tubuhnya sedang dalam kondisi menurun akan sangat mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit. Biasanya kondisi ini ditandai dengan badan yang lemah, lesu, dan kurang berenergi. Untuk itu Anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh Anda agar virus dan bakteri tidak mudah menyerang dengan cara-cara dibawah ini:

1. Makan Teratur

Makan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh

Mengatur pola makan Anda itu adalah dasar yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan makan yang teratur dan porsi makan yang cukup dapat membuat Anda tetap berenergi walaupun padatnya aktivitas yang harus Anda jalani. Kurangi konsumsi makanan instan dan cepat saji karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Kurangi juga kandungan gula dan garam yang Anda masukkan dalam menu makan Anda.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur dapat menjaga daya tahan tubuh

Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan sayur yang kaya serat tentu dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Zat-zat yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat memperbaiki sel-sel tubuh Anda yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itu selalu masukkan buah dan sayur dalam menu makanan sehari-hari Anda.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang ukup dapat menjaga daya tahan tubuh

Minumlah air putih minimal dua liter dalam sehari sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga tubuh Anda terhindar dari dehidrasi yang dapat mengakibatkan menurunya sistem kekebalan tubuh Anda. Apalagi saat aktivitas Anda sangat padat dan mengeluarkan banyak keringat, segeralah minum air putih untuk menjaga agar tubuh tetap segar sehingga aktivitas yang Anda jalani tetap berjalan lancar. Mengkonsumsi air yang cukup juga dapat melunturkan zat-zat berbahaya dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat dan air seni.

4. Rajin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Rutinlah berolahraga minimal satu minggu sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan cara yang mudah dan gratis ini. Dengan berolahraga organ dalam tubuh pun menjadi sehat serta peredaran darah menjadi lancar. Jika ini Anda lakukan secara rutin Anda tidak perlu lagi sering-sering membuat jadwal pertemuan dengan dokter.

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Buatlah waktu tidur dan bangun Anda secara terjadwal setiap harinya. Karena pola tidur yang teratur sangat penting untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh Anda. Dengan istirahat yang cukup dapat membuat tubuh Anda menjadi segar sehingga Anda akan lebih bersemangat untuk memulai aktivitas keesokan harinya. Usahakan minimal waktu tidur Anda sehari adalah 4 jam.

Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan tubuh yang sehat tentunya tidak akan menjadi penghalang Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

dr. Isman Sandira, S.Ked

Seorang dokter yang berdomisili di Makassar dan sekarang tercatat sebagai mahasiswa S2 biomedik konsentrasi fisiologi di Universitas Hasanuddin.