Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sakit kepala sebenarnya bukan penyakit yang serius tetapi jika hal itu sering terjadi akan sangat mengganggu aktivitas yang harus Anda jalani. Ada banyak obat pereda nyeri beredar di pasaran tetapi jika Anda terus menerus mengkonsumsi obat-obatan tersebut tentunya akan berpengaruh bagi kesehatan ginjal Anda. Ketahuilah bahwa masih banyak cara untuk meredakan sakit kepala tanpa harus  meminum obat.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala antara lain stress dan terlambat makan. Dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami atau melakukan treatment tertentu sakit kepala akan cepat hilang yang tentunya tidak memiliki efek samping berbahaya pada tubuh. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit kepala sebelum Anda menyerah pada obat penghilang rasa nyeri.

1. Konsumsi Air Putih

konsumsi air putih yang cukup dapat meredakan sakit kepala

Konsumsi air putih yang cukup dapat meredakan sakit kepala

Konsumsilah air putih yang cukup setiap harinya karena pada hakekatnya tubuh kita terdiri dari 70% air sebagai penyusunnya. Sehingga apabila tubuh kita dehidrasi bisa memicu timbulnya sakit kepala. Konsumsilah air putih minimal 2 liter per hari atau minum 8-10 gelas perhari untuk mencukupi asupan cairan dalam tubuh.

2. Konsumsi Kentang

Mengkonsumsi kentang dapat meredakan sakit kepala

Mengkonsumsi kentang dapat meredakan sakit kepala

Kandungan kalium dalam kentang memang terkenal sangat tinggi. Kalium sendiri sangat berperan penting dalam membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Saat Anda mengkonsumsi kentang sebaiknya makanlah dengan kulitnya karena kalium tertinggi yang terkandung dalam kentang terdapat dalam kulitnya. Lagi Anda lebih baik mengkonsumsi kentang dengan cara direbus atau dibakar agar lebih sehat.

3. Minum Kopi

Minum kopi ternyata dapat meredakan sakit kepala

Minum kopi ternyata dapat meredakan sakit kepala

Mengkonsumsi kopi ternyata dapat menghilangkan rasa pusing karena kandungan kafein dalam kopi yang mampu menenangkan saraf yang tegang akibat sakit kepala. Konsumsilah kopi secara tidak berlebihan agar tidak membuat gangguan tidur seperti insomnia yang malah bisa membuat Anda sakit kepala. Konsumsilah kopi maksimal 2 gelas dalam sehari itu sudah cukup.

Baca juga: http://www.dokterku.co.id/cara-mengobati-sakit-kepala-bagian-belakang/

4. Mengkonsumsi Biji atau Minyak Wijen

Mengkonsumsi biji atau minyak wijen dapat meredakan sakit kepala

Mengkonsumsi biji atau minyak wijen dapat meredakan sakit kepala

Vitamin E yang tinggi terdapat pada wijen sangat membantu untuk mengatasi sakit migrain yang menyerang Anda. Cukup campurkan biji wijen atau menambahkan minyak wijen dalam makanan Anda setiap harinya. Wijen juga memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi merupakan kandungan yang sangat baik untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang. Selain menambah aroma dan nafsu makan ternyata wijen memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit kepala.

5. Lakukan Peregangan

Melakukan peregangan di sekitar leher dapat meredakan sakit kepala

Melakukan peregangan di sekitar leher dapat meredakan sakit kepala

Peregangan sangat baik dilakukan secara rutin apabila Anda melakukan rutinitas yang membuat otot-otot tengkuk Anda terasa mengencang. Dengan peregangan dapat membuat otot-otot tersebut lemas kembali sehingga Anda terhindar dari sakit kepala. Peregangan sederhana dapat Anda lakukan dengan menggerak-gerakkan bagian bahu dan leher Anda. Jika ada waktu luang lebih baik lagi jika Anda melakukan Yoga agar tubuh Anda bugar dan saraf-saraf dalam tubuh Anda menjadi rileks.

Nah beberapa hal diatas dapat Anda lakukan untuk mengobati sakit kepala tanpa harus mengkonsumsi obat. Cobalah untuk sedikit demi sedikit berhenti mengkonsumsi obat peredah nyeri disaat Anda pusing dengan beralih kepada bahan-bahan alami.

Muhammad Usri Yusran, S.Ked

Founder DOKTERKU.co.id Mahasiswa kedokteran Universitas Hasanuddin angkatan 2009 yang memiliki passion berbisnis di bidang dunia digital media. Kunjungi website pribadi yusrii.com