Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker Rahim

Apakah Anda pernah mengalami pendarahan yang berlebihan saat menstruasi atau saat tidak menstruasi? Bisa jadi itu adalah gejala penyakit kanker rahim yang harus Anda waspadai. Kanker rahim adalah penyakit yang sangat serius karena menyerang organ reproduksi wanita. Kanker rahim dapat dipicu dari ketidakseimbangan hormon estrogen dalam tubuh.

Tingginya kadar hormon estrogen dapat meningkatkan resiko wanita untuk terkena kanker rahim. Ketidakseimbangan hormon estrogen ini terjadi karena banyak hal seperti terapi penggantian hormon, menopause yang terlambat, dan juga penggunakan Tamoksifen dalam kurun waktu yang lama. Sebelum kanker rahim menjangkit, ada baiknya kita melakukan hal-hal yang dapat mencegah terjadinya kanker rahim yang akan dibahas lebih lanjut dibawah ini:

1. Melakukan Diet Rendah Lemak

Melakukan diet rendah lemak dapat mencegah penyakit kanker rahim

Diet rendah lemak ini sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar hormon estrogen dalam tubuh karena lemak dapat memproduksi hormon estrogen. Jika kandungan lemak dalam tubuh tinggi dapat membuat badan rahim atau endometrium terpapar oleh hormon estrogen yang dapat berubah sifat menjadi kanker.

2. Penuhi Asupan Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C secara teraur dapat mencegah penyakit kanker rahim

Perhatikan asupan vitamin C dalam tubuh Anda setiap harinya agar tercukupi dengan baik karena zat ini dapat memperbaiki mukosa serviks yang rusak sehingga dapat mencegah timbulnya kanker rahim. Selain vitamin C, kandungan asam folat dan beta karoten juga sangat penting untuk memperkuat mukosa serviks.

3. Hindari Penggunaan Talk di sekitar Vagina

Cara mencegah penyakit kanker rahim yaitu menghindari pemakaian talk disekitar organ intim

Penggunaan talk atau bedak tabur di sekitar vagina sangat berbahaya apalagi bagi wanita yang masih dalam masa subur. Saat masa subur wanita akan sering ovulasi dimana terjadi luka dipermukaan ovarium. Nah jika talk yang Anda gunakan ini menempel pada permukaan luka tersebut dikhawatirkan akan membentuk sel kanker.

4. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina

Cara mencegah penyakit kanker rahim dapat dilakukan dengan menghindari penggunaan cairan pembersih kewanitaan

Sebenarnya mungkin tujuan kita melakukan pencucian vagina agar vagina tetap bersih dan sehat namun ternyata hal tersebut malah dapat memicu timbulnya kanker. Membersihkan vagina menggunakan cairan pembersih vagina juga dapat mengganggu keseimbangan PH vagina dan membunuh bakteri baik Basillus Doderlain yang secara alami menjaga keseimbangan PH vagina.

5. Hindari Hubungan Seks Terlalu Dini

Menghindari hubungan seks telalu dini dapat mencegah penyakit kanker rahim

Hubungan seks yang terlalu dini sangat berbahaya bagi wanita karena sel-sel mukosa yang ada pada serviks wanita yang belum matang. Sel-sel mukosa ini akan mencapai kematangannya saat wanita sudah berusia 20 tahun keatas. Sel-sel mukosa yang belum matang sangat rentan dalam menerima rangsangan dari luar sehingga dapat berubah sifat menjadi kanker. Selain itu hindarilah berhubungan seks berganti-ganti pasangan karena hal tersebut rentan membuat penularan penyakit salah satunya HPV atau Human Papiloma Virus. Virus ini dapat menyebabkan sel-sel dipermukaan mukosa membelah secara berlebihan. Jika jumlah sel-sel tersebut terlalu banyak dan tidak sesuai kebutuhan tentunya dapat menyebabkan timbulnya kanker.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah timbulnya kanker rahim. Sebagai wanita kita harus memperhatikan betul kesehatan organ reproduksi kita agar tidak ada masalah serius yang dapat timbul.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.