Hindari 7 Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Bagi wanita, rambut adalah komponen tubuh yang sama pentingnya dengan kulit dan kuku. Dan jika, rambut mulai patah dan rontok, Anda merasa khawatir dan tidak tenang, khawatir rambut rontoknya semakin banyak dan pada akhirnya helaian rambut akan semakin sedikit. Agar rambut tidak rontok, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang didukung dengan perawatan modern, namun tahukah Anda jika mengetahui penyebab rambut rontok pada wanita adalah langkah utama yang akan mencegah rambut rontok dan membantu mengendalikan jumlah rambut yang rontok. Inilah beberapa penyebab rambut rontok yang seringkali dialami oleh para wanita:

Siklus Pertumbuhan Rambut yang Memang Tidak Seimbang

pertumbuhan rambut yang tidak terjadi dengan seimbang

Salah satu penyebab rambut wanita menjadi rontok adalah saat pertumbuhan rambut yang tidak terjadi dengan seimbang. Rambut biasanya tumbuh sekitar setengah inchi setiap bulannya. Dan setiap rambut akan tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung sekitar 2-6 tahun. Fase ini merupakan peridode tumbuh serta istirahat sebelum rambut menjadi rontok dan folikel rambut menumbuhkan helaian rambut baru. Namun sebagian besar wanita memiliki faktor genetika sehingga mereka rentan sekali mengalami kerontokan yang diakibatkan proses pertumbuhan rambut yang terjadi dengan tidak normal. Gangguan ini biasa terjadi karena hormon androgen.

Kehamilan dan Persalinan

Rambutnya rontok disaat mereka mengalami kehamilan dan persalinan

Banyak sekali wanita yang rambutnya rontok disaat mereka mengalami kehamilan dan persalinan yang terjadi setelah 3 bulan lalu. Kondisi ini biasa disebut dengan telogen effluvium. Tidak perlu khawatir, karena kondisi ini bisa pulih setelah proses kehamilan dan persalinan selesai beberapa bulan kemudian.

Gangguan Hormonal

Salah satu penyebab rambut wanita rontok adalah gangguan hormonal

Salah satu penyebab rambut wanita rontok adalah gangguan hormonal. Disaat tiroid Anda sedang tidak aktif atau justru aktif, rambut akan terserang dampaknya. Dan biasanya kerontokan rambut ini berhenti setelah gangguan pada tiroid teratasi. Dan rambut juga dapat mengalami gangguan kerontokan jika terdapat gangguan hormon estrogen maupun hormon androgen.

Obat-obatan

obat-obatan memiliki efek samping yang dapat merontokkan rambut Anda

Salah satu penyebab rambut rontok pada wanita yang sebenarnya bisa dihindari adalah obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan memiliki efek samping yang dapat merontokkan rambut Anda, Akan tetapi, kondisi ini akan berakhir disaat pengobatan yang Anda lakukan berakhir atau dihentikan. Adapun jenis obat-obatan yang dapat membuat rambut wanita menjadi rontok adalah, obat asam urat, pengencer darah, obat antidepresan, kontrasepsi dan kebiasan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin A.

Infeksi

infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala

Beberapa jenis infeksi yang menyerang manusia bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Dan dari sekian banyak jenis infeksi tersebut, infeksi yang paling sering menyebabkan rambut rontok adalah infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala, selain terjadi pada wanita, infeksi ini juga bisa menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Jika rambut rontok yang terjadi pada Anda disebabkan oleh penyebab ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat antijamur.

Penyakit Autoimun

Dibandingkan dengan penyakit lainnya, lupus maupun diabetes merupakan salah satu penyebab rambut rontok terjadi pada wanita. Namun tidak menutup kemungkinan jika rambut rontok atau kerontokan rambut ini merupakan gejala adanya penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Kurang Gizi

Dan penyebab rambut rontok pada wanita lainnya yang seharusnya tidak terjadi adalah kurang gizi. Dan salah satu penyebab mengapa seorang wanita kekurangan gizi adalah diet yang terlalu ketat yang kemudian membuat tubuh kekurangan banyak gizi dan termasuk gizi yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut. Konsumsi makanan yang bergizi dan hentikan terlebih dahulu diet ketat yang saat ini Anda lakukan.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com