5 Jenis kandungan rokok yang berbahaya bagi tubuh

Sebagian besar masyarakat pria dan wanita yang menjadi perokok aktif mengetahui apa saja kandungan berbahaya didalam rokok yang dihisap setiap saat tersebut dari televisi maupun dari sumber lain seperti majalah maupun surat kabar. Akan tetapi sayangnya tidak banyak yang mengetahui dampak yang akan diakibatkan dari bahan-bahan beracun yang dihisapnya tersebut, sehingga perokok pun akan selalu merokok dimana pun selagi ada kesempatan. Sebagai perokok jarang menyadari bahwa asap rokoknya tidak hanya untuk dirinya, namun orang-orang disekitarnya pun juga akan menghirup yang sama kandungan berbahaya didalam rokok yang dihisap tersebut. Itulah mengapa pemerintah pernah menggalakan peraturan yang melarang merokok ditempat umum agar bahaya rokok tidak menimpa orang yang tidak merokok.

Menurut jurnal kesehatan 51% perokok aktif berada di kawasan asia tenggara, lebih besar dibandingkan di Negara-negara berkembang. Terlepas dari bahaya rokok yang sudah diketahui oleh sebagian besar masyarakat, jumlah perokok bukannya berkurang justru semakin bertambah mulai dari orang dewasa baik pria maupun wanita hingga anak-anak. Namun bahaya tersebut sangat tidak dihiraukan khususnya bagi yang masih muda dengan berprinsip “selagi masih muda”. Padahal justru dengan berperilaku tersebut selagi muda akan memetik beragam penyakit dan besar kemungkinannya akan menderita ketika ia sudah diusia senja. Resiko penyakit kanker paru-paru, disfungsi seksual, hingga serangan jantung saat ini sudah tidak lagi melihat usia dan sudah ada kenyataannya korban serangan jantung diusia dua puluhan. Beberapa korban rokok yang ikut mendukung kampanye berhenti merokok karena sudah terkena penyakit kanker pita suara pun menyesali kebiasaan yang dilakukannya ketika tubuhnya masih segar dan sehat.

Oleh karena itu sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja kandungan yang berbahaya didalam rokok agar dapat berhenti merokok bagi yang aktif merokok dan menggunakan masker bagi masyarakat yang tidak merokok. Apa saja yang kandungan yang terdapat dalam rokok yang berbahaya? Berikut uraiannya lebih lengkap antara lain :

1. Mengandung ratusan bahan kimia progresif

Cadmium, Formaldehida merupakan salah satu kandungan berbahaya didalam rokok

Maksud dari bahan kimia progressif artinya bahan kimia tersebut dapat berevolusi menjadi senyawa lainnya yang lebih banyak dan berbahaya. Ini dikarenakan ketika sebatang rokok tersebut belum dibakar sudah terdapat lebih dari enam ratus bahan kimia berbahaya dan akan bertambah jumlahnya hingga ribuan ketika rokok tersebut dibakar. Kemudian 10 % dari bahan kimia tersebut adalah penyebab penyakit kanker seperti cadmium, Formaldehida, hingga karbon monoksida. Tidak heran bila resiko penyakit kanker sebagian besar adalah perokok aktif. Bahan kimia penyebab kanker tersebut umumnya digunakan sebagai bahan pengawet mayat, kemudian bahan pembunuh mikroba, bahkan bahan tersebut ada yang sampai mengikatkan diri didalam darah sehingga permanen didalam tubuh. Dampaknya tentu akan menghalangi oksigen dialirkan keseluruh tubuh.

2. Unsur Kimia Benzene

Benzeme merupakan salah satu kandungan berbahaya didalam rokok

Unsur kimia ini umumnya banyak digunakan sebagai bahan bakar minyak, namun sayangnya unsure kimia ini juga digunakan untuk pembuatan rokok. Jika bahan tersebut masuk kedalam tubuh, maka dampak yang terjadi akan merusak sel tubuh. Zat berbahaya ini bersifat karsinogen dan merupakan bahan pemicu penyakit kanker darah hingga leukimia serta merusak organ reproduksi. Pengobatan yang dilakukan jika sudah terkena leukimia tersebut adalah dengan melakukan tranplantasi sum-sum tulang belakang. Zat kimia berbahaya dalam rokok ini juga banyak ditemukan dalam bahan bangunan seperti semen.

3. Unsur kimia Arsenik

Arsenik merupakan salah satu kandungan berbahaya didalam rokok

Zat kimia ini sangat berbahaya, dikarenakan bahan tersebut merupakan bahan utama dalam pembuatan racun tikus. Kemudian bila bahan tersebut terus menerus terhirup kedalam tubuh dan menumpuk akan mengakibatkan kanker paru-paru, rusaknya kandung kemih hingga Kerusakan DNA tubuh.

4. Unsur Kimia Amonia

Amonia merupakan salah satu kandungan berbahaya didalam rokok

Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok ini merupakan bahan utama dalam pembuatan cairan pembersih toilet. Sayangnya diperusahaan rokok bahan ini juga digunakan sebagai campuran dalam pembuatan rokok agar dapat membuat efek ketagihan terhadap nikotin. Dampak merugikan yang perlu diketahui dimana nikotin awalnya cair dapat berubah menjadi gas oleh Amonia sehingga lebih mudah terserap dalam paru-paru dan juga darah. Zat ini juga merupakan bahan perusak silia yang merupakan bulu-bulu halus dalam tubuh yang berfungsi memindahkan sel didalam tubuh.

5. Unsur kimia Hidrogen Sianida

Hidrogen sianida merupakan salah satu kandungan yang berbahaya didalan rokok

Zat kimia ini sama berbahayanya serta mematikan bila masuk kedalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui kasus kopi sianida saja dapat membunuh orang seketika, tidak jauh berbeda dengan zat kimia hydrogen sianida yang terkandung dalam rokok dan berbahaya. Jika zat ini masuk kedalam tubuh akan merusak pembuluh darah serta jantung. Dengan begitu maka darah yang tersalurkan dengan oksigen ke seluruh tubuh pun akan terganggu sehingga beresiko terkena penyakit stroke. Kemudian dampak yang lebih fatalnya lagi adalah kerusakan jantung, sehingga harus diobati dengan pemasangan ring atau operasi by pass yaitu membuat jalur baru agar darh mengalir kembali ke jantung.

Bahan-bahan kimia tersebut yang terkandung didalam rokok sangat membahayakan bagi tubuh. Keputusan untuk berhenti merokok merupakan hal yang tepat dilakukan mengingat bahaya tersebut juga dapat membahayakan orang lain. Akan tetapi banyak masyarakat yang sudah menjadi perokok aktif mengalami kesulitan dalam berhenti merokok karena memang sudah menjadi kebiasaan terlebih ketika sedang mengalami masalah di pekerjaan, stress dan sebagainya rokok menjadi solusi. Kalaupun mamang sedang lancer dan tidak ada masalah terkadang rokok menjadi teman yang tepat ketika sedang minum kopi maupun minuman ringan lainnya.

Dengan penjelasan tersebut harapannya masyarakat yang saat ini merupakan perokok aktif dapat memahami bahaya rokok lebih jelas dan dapat memutuskan untuk berhenti merokok sesegera mungkin. Alangkah baiknya jika masyarakat jadi lebih menyadari bahwa kesehatan yang dirasakannya sekarang merupakan investasi yang bernilai tinggi dibandingkan harta lainnya. Selain dari 5 jenis bahan kimia berbahaya tersebut masih ada ribuan bahan kima berbahaya lainnya yang umumnya terdapat dalam produk rumah tangga. Sebagai contoh seperti TAR dimana zat tersebut lebih banyak terdapat dalam kayu serta arang kayu, namun juga zat ini terdapat pada getah tembakau yang dapat mengakibatkan resiko penyakit kanker paru-paru. Asap rokoknya pun juga bila terkena mata akan terasa perih, karena terdapat zat methanol didalamnya yang dapat mengakibatkan kebutaan pada mata. Oleh karenanya sayangilah kesehatan Anda saat ini dan hindari rokok dengan tidak menghisap dan menggunakan masker bagi yang tidak merokok.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com