Kenali Tanda dan Gejala Gizi Buruk Bagi Putra Putri Anda

Malnutrisi atau gizi buruk merupakan suatu keadaan tubuh manusia yang mengartikan bahwa asupan nutrisi dan gizi yang mengalir di tubuh manusia buruk. Gejala gizi buruk atau malnutrisi ini pada umunya ditandai dengan penurunan berat badan secara drastis dalam waktu yang cukup singkat. Gizi buruk biasanya diakibatkan oleh pemilihan jenis makanan atau asupan makanan yang tidak tepat atau bisa karena sebab lain seperti penyakit infeksi yang nutrisi dan gizi di dalam tubuh tidak terserap dan tercerna dengan baik.

Secara klinis gizi buruk ditandai dengan asupan energi, protein dan nutrisi mikro seperti vitamin yang kurang atau tidak mencukupi atau bahkan berlebihan yang akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan.

Tidak sedikit orang yang salah kaprah mengenai gizi buruk dan kelaparan. Tentunya gizi buruk dan kelaparan merupakan dua jenis penyakit yang berbeda. Orang yang menderita kelaparan cenderung diakibatkan oleh kurangnya atau tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup. Kelaparan yang didetita dalam jangka waktu yang cukup lama akan menuju kea rah Gizi buruk. Namun banyak diantaranya masyarakat yang tanpa disadari akan menderita gizi buruk jika tidak memiliki asupan makanan yang cukup dengan mengandung vitamin, nutrisi dan mineral yang mencukupi untuk tubuh manusia.

Gejala gizi buruk yang paling jelas dirasakan oleh para penderita gizi buruk ialah kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Seseorang yang menderita gizi buruk sangat tidak bisa diprediksi waktu pengobatan dan kesembuhannya ada beberapa penderita yang sembuh dalam jangka pendek namun tak sedikit pula diantaranya yang sembuh dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Seseorang yang sudah atau sedang menderita gizi buruk akan sangat mudah terserang penyakit lain akibat kekebalan tubuh dan system imun yang menurun akibatnya tubuh menjadi tidak siap untuk menghalau segala jenis penyakit. Anak-anak yang mengidap penyakit gizi buruk akan sangat terganggu oleh efek sampingnya bahkan biasanya malah akan mengganggu proses tumbuh kembang anak seperti dengan berat badan yang terus menerus dibawah batas normal atau tinggi badan yang tidak seharusnya (kerdil). Hal ini karena berkurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap dan mencerna nutrisi, mineral serta vitamin yang dimasukan ke dalam tubuh.

Hingga saat ini gizi buruk merupakan masalah kesehatan yang cukup signifikan di dunia terutama pada anak-anak. Masalah politik,bencana alam, hingga peperangan bisa menjadi salah satu pemicunya. Hal ini tak hanya terjadi di Indonesia atau di beberapa Negara saja namun di seluruh belahan dunia. Hal ini yang menyebabkan semakin banyaknya dan semakin meningkatnya para penderita gizi buruk setiap tahunnya.

Penyakit gizi buruk akan sangat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik penderitanya. Semakin berat kondisi gizi buruk pada penderita ( semakin banyak nutrsi yang kurang) akan memperbesar resiko terjadinya masalah kesehatan fisik.

Banyak kasus yang terjadi pada penderita gizi buruk seperti kerusakan otak akibat desfisiensi yodium, lemah otot atau marasmus akibat defisiensi energy dan protein, kebutaann, resiko terjangkit penyakit infeksi yang meningkat akibat defisiensi Vitamin A, hingga sulitnya berkonsentrasi akibat dari defisiensi zat besi.

Tanda dan gejalan gizi buruk dapat dialami terkantung dari jenis nutrisi yang mengalami defisiensi. Meskipun demikian ada beberapa gejala gizi buruk yang umum muncul pada penderita.

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu gejala gizi buruk pada anak

Kelelahan atau kekurangan energi akibat aktivitas yang padat dan olahraga merupan hal yang lumrah dan umum terjadi dalam kehidupan masyarakat. Namun jika hal ini terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi dan makanan yang cukup secara terus menerus sehingga sulit untuk diatasi meskipun sudah mencoba untuk mengkonsumsi makanan dan nutrisi. Bisa jadi hal ini merupakan salah satu tanda dan gejala gizi buruk menyerang pada anak Anda. Namun terkadang anak-anak justru tidak merasa bahwa ini adalah sebuah penyakit mereka hanya berspekulasi atau menyimpulkan bahwa mereka sedang sangat kelelahan. Hal ini yang perlu diperhatikan oleh orang tua dengan bertanya aktifitas apa yang membuat sang anak kelelahan, dan apakah makanan nya belakangan ini sudah cukup untumencukupi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan.

2. Sistem kekebalan tubuh yang rendah

Gejala gizi buruk biasanya ditandai dengan seringnya mengalami sakit

Anak yang memiliki gejala gizi buruk yang satu ini biasanya ditandai dengan seringnya mengalami sakit kemudian sembuh dan tidak lama kemudian jatuh sakit kembali. Hal ini harus sangat diwaspadai oleh para orang tua. Sesegera mungkin periksakan anak Anda ke dokter untuk diperiksa meskipun sang anak hanya menderita penyakit sepele seperti flu atau hanya batuk saja namun jika frekuensinya menjadi seperti yang disebutkan sebelumnya ada baiknya melakukan pemeriksaan untuk keadaan yang lebih pasti.

3. Masalah mulut

Salah satu gejala gizi buruk pada anak-anak ditandai dengan gusi bengkak

Masalah mulut yang terjadi sebagai salah satu tanda dan gejala gizi buruk pada anak-anak ialah ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah serta gigi yang membusuk hal ini diakibatkan oleh masalah pada organ dalam tubuh anak Anda yang secara tidak langsung memberikan sinyal berupa hal tersebut.

4. Menurunnya berat badan

Salah satu gejala gizi buruk yaitu menurunnya berat badan

Turunnya berat badan Anak secara tidak wajar atau secara signifikan perlu Anda wapadai sebagai salah satu faktor atau tanda atau gejala gizi buruk. Hal ini karena tubuh kita tida memiliki unsure pembangun tubuh zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh anak dalam kadar yang ideal

5. Kelemahan otot

Kelemahan otot menjadi salah satu gejala gizi buruk pada anak

Sama halnya dengan gejala gizi buruk sebelumnya kelemahan otot juga disebabkan oleh asupan nurisi yang tidak mencukupi tubuh

6. Tulang mudah patah

Rapuhnya tulang pada anak menjadi salah satu gejala kurang gizi

Kurangnya asupan nutrisi berupa mineral dan kalsium menjadi salah satu faktor gejala ini muncul pada para penderita gizi buruk.

7. Sulit berkonsentrasi

Salah satu gejala gizi buruk yaitu sulitnya berkonsentrasi

Gejala gizi buruk yang satu ini diakibatkan oleh defisiensi zat besi dalam tubuh anak.

Itulah beberapa penjelasan detail seputar penyakit gizi buruk dan tanda serta gejala gizi buruk yang dapat muncul pada anak-anak. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan makanan anak Anda untuk memastikan semua asupan yang kita berikan mencukupi kebutuhan dalam tubuhnya. Masa pertumbuhan seperti ini sangat penting untuk menjaga pola makan dan pola hidupnya untuk membentuk perkembangan yang baik.

Ananda Hospital

Rumah Sakit Ibu dan Anak (Women and Children Hospital) Ananda Makassar. Official Website : anandahospital.co.id