Ketahui 7 Gejala dan Penyebab Hipertensi di Bawah ini

Penyakit hipertensi atau lebih mudah disebut sebagai penyakit tekanan darah tinggi merupakan kondisi medis kronis yang berhubungan dengan tekanan darah di arteri yang mengalami peningkatan. Peningkatan tekanan darah ini menyebabkan jantung kita harus bekerja dengan ekstra keras dari kinerja biasanya untuk dapat mengedarkan darah dengan baik melalui pembuluh darah. Tekanan darah yang normal disaat Anda sedang beristirahat dalam kisaran sistolik berkisar antara 100-140 mmHg dan dalam kisaran diastolic diantara 60-90 mmHg. Tekanan darah yang tinggi terjadi apabila tekanan darah Anda terus menerus berada sekitar 140/90 mmHg atau bahkan lebih. Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk beberapa penyakit kronis, seperti stroke, serangan jantung, aneurisma arteri, gagal jantung dan masih banyak lagi, ngeri kan. Untuk itu coba Anda simak beberapa penyebab hipertensi dan tanda-tandanya di bawah ini:

Gaya Hidup Tidak Sehat

merokok adalah kebiasaan gaya hidup tidak sehat

Hidup nyaman memang impian semua orang, namun untuk mewujudkan impian tersebut butuh banyak pengorbanan termasuk mengorbankan kesehatan tubuh. Tubuh yang tidak dijaga dengan baik sangat rentang dengan penyakit. Oleh karena itu, pastikanlah Anda merubah gaya hidup yang awalnya tidak sehat menjadi lebih sehat, gaya hidup ini meliputi beberapa hal, tidak sekedar mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga dan minum air putih saja, perhatikan juga waktu istirahat dan beberapa hal kecil lainnya.

Kontrol Pola Makan Anda Mulai Dari Sekarang

mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi

Salah satu penyebab hipertensi adalah pola makan yang tidak sehat, tahukah Anda jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi itu tidak baik untuk tubuh terutama bila Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi, beberapa makanan yang bersifat panas, seperti daging kambing dan buah durian bisa meningkatkan tekanan darah tinggi jadi lebih baik kamu merubah pola makan menjadi lebih terkontrol dan lebih sehat sehingga tekanan darah Anda tidak semakin tinggi dan mengakibatkan komplikasi penyakit kronis.

Pastikan Berat Badan Anda Berada Diangka Normal

Berat badan ditengarai sebagai salah satu penyebab seseorang menderita penyakit hipertensi

Berat badan ditengarai sebagai salah satu penyebab seseorang menderita penyakit hipertensi. Jadi jika Anda memiliki berat badan di atas angka normal atau angka ideal dianjurkan untuk menurunkan berat badan segera. Walaupun besar kemungkinan mereka yang bertubuh gemuk menderita penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan jika Anda yang bertubuh langsing juga akan menderita penyakit tekanan darah tinggi, jadi jangan anggap remeh segala tanda-tanda dari penyakit ini.

Sakit Kepala Belakang

penyakit hipertensi, pasti pernah mengeluhkan rasa sakit pada bagian belakang kepala

Sesungguhnya tidak ada gejala atau tanda-tanda resmi yang berhubungan dengan penyakit ini, namun kebanyakan dari mereka yang menderita tekanan darah tinggi selalu mengeluhkan beberapa hal, dan salah satunya adalah sakit kepala bagian belakang. Jika Anda sedang menderita penyakit hipertensi, pasti pernah mengeluhkan rasa sakit pada bagian belakang kepala dan rasa sakit ini biasanya datang di pagi hari.

Pusing

penderita penyakit hipertensi juga mengeluhkan rasa pusing yang tidak menyenangkan

Selain merasa sakit tepat di bagian belakang kepala yang biasa terjadi di pagi hari, mereka yang menderita penyakit hipertensi juga mengeluhkan rasa pusing yang tidak menyenangkan, vertigo atau bahkan tinnitus, yakni dengung atau bunyi mendesis pada telinga.

Gangguan Penglihatan

Gangguan Penglihatan

Penderita penyakit ini juga sering mengeluhkan adanya gangguan pada penglihatan, jika awalnya penglihatan Anda masih baik-baik saja, namun lama-lama mulai mengabur dan tidak jelas.

Pingsan

penderita hipertensi akan pingsan jika keadaannya memburuk

 

Jika penyakit hipertensi sudah memburuk, maka tidak menutup kemungkinan jika penderita akan pingsan. Jika sudah terjadi gejala ini, maka pergilah ke dokter dan periksakan diri Anda.

Penyebab hipertensi dan beberapa gejala yang seringkali ditimbulkannya telah dijelaskan dengan cukup mendetail di atas, dan jika Anda secara kebetulan mengalami beberapa gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit.

dr. Irwan Ashari

Staf Dosen FK Unismuh & Direktur Klinik Parakita Medika. Akrab dipanggil dokter Irga, dan merupakan salah satu dokter yang aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Kunjungi web pribadi dokterirga.com