Ketahuilah Manfaat Mengagumkan Sayuran dan Buah Berwarna Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya semua sayuran itu memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.  Namun yang perlu Anda ketahui adalah  semakin gelap warna dari sayuran atau buah-buahan yang Anda konsumsi, hal itu menandakan bahwa sayuran atau buah-buahan tersebut lebih banyak mengadung zat antioksidannya. Mungkin dari kita terbiasa untuk mengkonsumsi sayuran hijau karena memang lebih mudah untuk mendapatkannya dan banyak variannya, akan tetapi Anda juga perlu tahu bahwa ada jenis sayuran berwarna ungu yang ternyata menyimpan banyak manfaat mengagumkan untuk kesehatan tubuh.

Memang sayuran berwarna cantik ini tidak terlalu banyak macamnya dibandingkan dengan sayuran hijau, namun yang perlu Anda ingat adalah manfaatnya bagi tubuh. Untuk Anda yang belum begitu paham akan khasiat dari buah dan sayuran berwarna ungu ini, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti informasinya berikut ini.

1. Buah Plum Ungu

Buah plum ini berasal dari negara china, dan tergolong sebagai buah yang memiliki harga cukup mahal. Manfaat buah plum ini memang jarang di ketahui oleh banyak orang, karena memang cukup sulit untuk mendapatkannya, padahal jika Anda tahu, buah ini menyimpan banyak sekali kegunaan yang akan sangat bernilai untuk kesehatan. Buah plum banyak mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K, vitamin B1, B2, B3, dan B6.

Buah plum juga mengandung asam askorbat, asam folat, dan mineralnya berupa flour, magnesium, fosfor, seng dan juga kalsium. Tidak hanya itu buah plum juga tinggi serat, rendah kalori, dan bebas lemak, dan yang tak kalah pentingnya lagi karena buah ini kaya akan antioksidan.

Banyaknya kandungan yang di miliki buah ini menjadikannya sebagai buah yang sangat menyehatkan tubuh, karena mampu mencegah radikal bebas, menyembuhkan luka, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit komplikasi.

2. Ubi Ungu

Ubi ungu tergolong pada jenis umbi-umbian yang lebih banyak memiliki manfaat. Ubi ungu ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar atau di supermaket tentunya dengan harga yang masih terjangkau. Ubi ungu ini menyimpan banyak manfaat diantaranya mampu mencegah penyakit hipertensi, alzheimer, kanker, polip, penyakit jantung koroner, menurunkan kadar gula darah, asam urat, sakit maag, atherosklerosis atau penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Tidak hanya itu ubi ungu juga mampu mengatasi rasa mual yang Anda derita.

3. Kol Ungu

Meskipun tergolong sayuran yang tidak mudah di jumpai namun jika Anda sering mengonsumsi kol ungu ini akan sangat memberi manfaat kesehatan pada tubuh. Didalam kol ungu terkandung vitamin C, vitamin  K, anthocyanin dan zat anti inflamasi. Warna ungu pada kol ini ternyata memiliki kandungan polifenol antosianin atau antioksidan yang jauh lebih hebat dibandingkan dengan kol berwarna putih.

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki oleh kol ini menjadikannya sangat baik jika dikonsumsi karena mampu mengatasi penyakit kanker, meringankan sakit kepala, membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh, mencegah penyakit alzheimer, demensia, dan sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet karena kol ungu hanya memiliki kandungan kalori sebesar 33 kalori.

4. Kembang Kol Ungu

Tidak hanya kol ungu yang dapat memberikan manfaat sehatnya untuk tubuh, tetapi bagian bunganya pun banyak menyimpan khasiat didalammya. Kembang kol ungu ini sangat baik untuk menekan pertumbuhan tumor di dalam tubuh utamanya untuk tumor payudara.

Kembang kol ungu juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk anak Anda yang enggan memakan sayur cobalah menarik perhatiannya dengan menyajikan bunga kol ini, karena warnanya yang cantik akan membuat anak Anda tertarik untu mencobanya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah dan sayuran ungu bagi kesehatan, yang perlu Anda ketahui.

Nurhayani, SKM

Nurhayani, SKM, biasa dipanggil Ibu Yani, saat ini bekerja sebagai staf PPI (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) di RSUD Kota Makassar. Aktif menulis di DOKTERKU.co.id, juga aktif di organisasi profesional seperti PPNI (persatuan perawat nasional Indonesia), FORMIKI (Organisasi Profesi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia).