Macam-macam Abortus atau Keguguran yang Terjadi Pada Wanita

Apa sih abortus itu? Ternyata masih banyak perempuan yang tidak mengerti apa yang dimaksud dengan abortus. Artikel kali ini akan membahasan seputar abortus, macam-macamnya, penyebabnya dan juga cara mengatasinya.

Abortus adalah suatu ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup diluar kandungan, dan sebagai batasan digunakan kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat anak kurang dari 500 gram. Dokter Fadli Ananda dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Ananda Makassar juga mengatakan hal yang sama yaitu “Abortus itu adalah perdarahan pervaginam dibawah usia kehamilan 20 minggu.

Perdarahan pervaginam sendiri dibagi pada dibagi atas dua yaitu di bawah 20 minggu dan diatas 20 minggu. Abortus adalah suatu ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi kurang dari 20 minggu atau berat badan bayinya kurang dari 500 gram ataupun belum siap untuk hidup diluar kandungan”.

Abortus sendiri ada beberapa macam yaitu:

1. Abortus Spontan

Abortus spontan adalah abortus atau pengeluaran hasil konsepsi yang terjadi tanpa adanya tindakan medis untuk mengosongkan uterus. Jika hal tersebut terjadi maka itulah yang disebut abortus spotan. Dalam ilmu kedokteran abortus spontan juga disebut Miscarriage.

2. Abortus Imminens (Keguguran Mengancam)

Peristiwa dimana terjadi perdarahan dari uterus pada kehamilan sebelum 20 minggu, kemudian hasil konsepsi masih dalam uterus dan tidak adanya dilatasi serviks merupakan Abortus Imminens.

3. Abortus Incipiene (Keguguran Berlangsung)

Masih sama seperti Abortus Imminens , yaitu peristiwa perdarahan uterus pada kehamilan sebelum 20 minggu. Namun perbedaannya, Abortus Imminens  tidak ada dilatasi serviks sedangan pada keguguran berlangsung atau Abortus Incipiene ada dilatasi serviks uteri meningkat, namun hasil konsepsinya masih berada di dalam uterus. Jika hal ini terjadi, wanita yang mengalami rasa mules yang sangat kuat, dan juga perdarahan bertambah.

4. Abortus Incomplet (Keguguran Tidak Lengkap)

Yaitu pengeluaran hasil konsepsi pada kehamilan sebelum 20 minggu namun hasil konsepsi tersebut masih tersisa atau tertinggal di dalam uterus.

5. Abortus Complet (Keguguran Lengkap)

Perdarahan pada kehamilan muda di mana seluruh hasil konsepsi telah di keluarkan dari kavum uteri. Seluruh buah kehamilan telah dilahirkan dengan lengkap.

6. Abortus Infeksiosa dan Abortus Septik

Abortus infeksiosa adalah abortus yang disertai infeksi pada genitalia, sedangkan  abortus septik adalah  abortus infeksiosa berat dengan penyebaran kuman atau toksinnya ke dalam peredaran darah atau  peritoneum.

Lalu seperti apa penyebab abortus dan bagaimana cara mengatasinya?

Ayu Indah Trisusilowaty

Ayu Indah akrab disapa Ayunda. Beauty Blogger & Vlogger dari Makassar dengan channel Youtubedisini. Hobi menulis dan menganggap bahwa make up is art, beauty is passion. Kunjungi Ayunda di ayuindah.com