Manfaat Ikan Bagi Kondisi Tubuh yang Jarang Diketahui

Ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Banyaknya manfaat ikan bagi tubuh manusia menjadikannya salah satu makanan dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Apapun jenis ikan yang kita konsumsi kita akan mendapatkan manfaat yang sama atau bahkan lebih pada jenis ikan tertentu. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat dalam daging ikan membuatnya sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga manfaat ikan akan dengan cepat dirasakan oleh tubuh manusia.

Kandungan dan nutrisi dalam ikan meliputi :

  • Vitamin D dan B2 atau riboflavin
  • Fosfor
  • Asam Lemak Omega 3
  • Mineral : seng, yodium, zat besi, kalium, magnesium
  • Kalsium

Dari banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam ikan seperti yang disebutkan diatas dan bahkan pada beberapa ikan mengan dung nutrisi baik lainnya. Tak heran bila makanan air yang satu ini memberikan khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia baik itu sebagai asupan makanan yang membuat kenyang dan dapat memulihkan serta kandungan vitamin dan nutrisi tertentu yang dapat dijadikan sebagai salah satu asupan untuk mencegah atau bahkan mengobati penyakit tertentu. Beriku beberapa manfaat ikan yang harus Anda ketahui :

1. Mencegah Penyakit Kolesterol

Salah satu manfaat ikan yaitu mencegah penyakit kolesterol

Seseorang yang memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner yang dikenal sebagai salah satu penyakit kronis yang sulit disembuhkan adalah orang yang memiliki kadar kolesterol diatas 300 mg/dl. Jika Anda menggunakan manfaat ikan dengan mengkonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan, bukan hal yang tidak mungkin Anda akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi ini. Manfaat minyak ikan atau vols liver yang teerkandung dalam daging ikan mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung yang biasa kita sebut dengan omega 3.

2. Makanan Program Diet

Ikan dapat dijadikan salah satu makanan untuk program diet

Bagi Anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan ikan bisa dijadikan sebagai menu makanan diet yang bisa Anda konsumsi dengan bebad tanpa perlu khawatir menaikan berat badan Anda lagi. Ikan memiliki kandungan nutrisi, mineral dan bitamin yang sangat baik untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan pada tubuh manusia. Selain itu banyaknya orang yang mengkonsumsi ikan makan tak akan sulit untuk menjumoainya.

3. Makanan Pendamping Nasi Terbaik

Ikan dapat dijadikan pendamping nasi terbaik

Tekstur ikan yang lembut dengan rasa gurih yang muncul pada daging ikan membuat siapa pun akan sangat tergoda untuk mengunyak dan mencicipinya. Jika Anda mulai bosan dengan menu makanan yang itu itu saja Anda dapat memasukan ikan sebagai salah satu menu andalah Anda. Selain memiliki rasa yang cukup menggoda asupan nutrisi dan vitamin serta gizi yang terkandung dalam ikan akan sangat baik untuk tubuh kita. Khasiat dan manfaat nya pun sudah sangat tidak bisa diragukan lagi sejak zaman nenek moyang. Bahkan dulu ikan dijadikan sebagai makanan pendamping nasi yang harus ada pada setiap menu makan maka tak heran bila melihat orang tua zaman dulu memiliki sistem imun dan kekebalan tubuh yang kuat bahkan beberapa diantaranya bisa lebih kuat dari anak remaja.

4. Mencegah Peradangan

Sering mengkonsumsi ikan dapat mencegah peradangan

Kandungan asam lemak omega-e sangat diyakini ampuh untuk mencegah terjadinya peradangan serta mengurangi resiko terkena penyakit arthritis. Asam lemak yang terkandungdalam ikan sangat mampu membantu mengikat radikal bebas yang merupakan salah satu sebab utama dari peradangan.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Ikan mengandung zat yang dapat mencegah kanker

Manfaat ikan yang satu ini bisa digunakan untuk mengurangi para penderita kanker di seluruh dunia yang selalu meningkat banyak setiap tahunnya. Gerakan makan ikan serempak sering kali dilakukan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya menurunkan tingkan gangguan kesehatan yang meningkat tiap tahunnya. Zat riboflavin atau Vitamin B2 diyakini dapat mencegah dan menghalau segala jenis kanker yang berbahaya.

6. Mencegah Depresi

Kandungan omega-3 padaq ikan dapat mencegah depresi

Depresi atau stress umumnya terjadi karena kelelahan, tekanan dan beban pikiran, namun selain hal-hal tersebut ada gangguan kesehatan tertentu yang bisa menyebabkan stress dan depresi tersebut dengan mudahnya muncul. Hal ini diakibatkan oleh sangat rendahnya lemak omega-3 yang dimiliki oleh tubuh manusia. Mengkonsumsi ikan secara rutin dengan porsi yang cukup akan sangat efektif digunakan sebagai salah sau upaya untuk menangkal depresi pada otak dan tubuh manusia.

7. Mengurangi Resiko Alzheimer

Mengkonsumsi ikan mampu meningkatkan fungsi neuron pada otak

Manfaat ikan selanjutnya berkaitan dengan kinerja otak dan daya ingat. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang sangat berhubungan erat dengan degradasi fungsi otak manusia. Hingga saat ini penderita penyakit Alzheimer terus meningkat dan bahkan bahanya dan parahnya penyakit ini tidak hanya menyerang orang pada usia lanjut saja namun pada beberapa kasus ada yang menyebutkan bahwa remaja saat ini memiliki potensi yang cukup besar terkena dan terjangkit penyakit degradasi otak ini. Mengingat pola hidup dan pola makan yang semakin tidak terkontrol dan lepas kendali. Mengkonsumsi ikan dengan rutin akan mampu meningkatkan fungsi neuron pada otak yang berfungsi untuk menyimpan memori dan daya ingat manusia.

8. Prematur

kandungan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak janin

Banyak bayi yang lahir premature hanya karena sang ibu yang tidak dapat mengurus asupan makanan pada saat masa kehamilan. Manfaat ikan dapat digunakan untuk mengatasi dan mengurangi resiko tersebut karena kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki oleh ikan dapat membantu meningkatkan fungsi otak janin dalam kandungan

9. Mencegah Diabetes

Rutin mengkonsumsi ikan dapat mencegah diabetes

Penyakit ini sangat fenomenal dan sedang marak-maraknya terjadi di Negara berkembang karena pola hidup dan pola makan yang sangat tidak terkontrol. Hal ini sebenarnya sangat bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan sebagai salah satu menu wajib bagi seseorang yang memiliki resiko mengidap penyakit diabetes terlebih lagi bagi mereka yang memiliki bobot tubuh berlebih atau obesitas. Selain itu mengkonsumsi ikan dalam porsi yang cukup dapat membantu melancarkan peredaran darah yang sangat penting untuk mencegah penyakit diabetes.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat ikan yang harus Anda ketahui untuk dijadikan sebagai ilmu pengetahuan dan informasi. Hal ini sangat penting Anda ketahui karena dengan begitu Anda dapat dengan mudah menerapkan pola makan sehat dengan menambahkan ikan sebagai salah satu menu yang wajib untuk dihidangkan.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com