Manfaat Jambu Mede Bagi Kesehatan

Jambu mede atau sering disebut juga dengan jambu monyet merupakan tanaman yang berasal dari Brasil, yang masuk kedalam suku anacardiaceae. Mungkin dari kita banyak yang mengetahui betul manfaat dari jambu mede ini, namun sebelum memahami akan manfaat dari jambu mede, mungkin ada baiknya untuk mengetahui dulu kandungan yang dimiliki oleh jambu mede ini.

Jambu mede mengandung senyawa tanin, Anacardic Acid dan juga Cardol yang berfungsi sebagai antiseptik serta antibakteri. Selain itu daun yang masih muda dari tanaman jambu mede ini juga memiliki kandungan Vitamin A, vitamin C, kalori, protein, lemak, hidarat arang, kalsium, fosfor, besi dan juga air. Dan inilah beberapa manfaat jambu mede untuk kesehatan tubuh.

1. Obat Diabetes Melitus

Untuk mengobati penyakit diabetes mellitus bisa menggunakan manfaat dari tanaman jambu monyet. Rebuslah 2 potong kulit batang jambu monyet dan tambahkan adas pulawaras secukupnya dengan 2 liter air hingga mendidih, kemudian saringlah airnya. Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore untuk hasil yang maksimal.

2. Mengobati Penyakit Eksim dan Penyakit Kulit Kronis

Bagian daun jambu mede yang sudah tua dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit yang sudah parah dan juga penyakit  eksim. Jika selama ini bingung untuk mendapatkan obat dari penyakit kulit eksim dan masalah kulit lainnya, cobalah untuk membuat obatnya dengan daun jambu mede ini. Jambu mede juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar.

3. Mengobati Disentri

Untuk menyembuhkan penyakit disentri disarankan untuk teratur dalam mengkonsumsi obat alami yang terbuat dari tanaman jambu mede, terutama pada bagian daun dengan kulit batangnya. Setelah itu rebuslah dan minum saat  pagi dan sore hari.

4. Mengatasi Radang Mulut

Manfaat tanaman jambu mede di bagian daun serta kulit batangnya memang menyimpan banyak khasiat yang jarang di ketahui oleh banyak orang. Padahal daun dan juga batangnya mampu dijadikan obat herbal untuk mengatasi radang pada mulut. Cara membuatnya dengan merebus satu genggam daun jambu monyet dengan satu potong kulit batang jambu monyet, rebuslah menggunakan 1 liter air setelah mendidih lalu disaring minumlah 2 kali sehari.

5. Obat Pencahar

Tanaman jambu mede ini juga bisa dipakai untuk obat pencahar, bagian akar dari tanaman jambu monyet bisa direbus dan air rebusannya bisa dijadikan obat pencahar alami.

Manfaat tanaman jambu monyet atau jambu mede memang mampu memberi solusi terbaik sebagai obat herbal, namun bagian biji dari tanaman jambu monyet terbungkus oleh kulit yang mengandung getah dan menghasilkan zat urushiol serta senyawa fenolik yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, jadi hati-hati ya.

Rahmi, S.Kep

Seorang sarjana muda, aktif menulis di dokterku.co.id dan fokus menjadi konsultan masalah kewanitaan dan kecantikan.