Cara Mengatasi Ketergantungan Rokok Untuk Wanita

Wanita umumnya identik dengan kebersihan dan pandai menjaga kesehatan, namun jika melihat wanita tidak menjaga kesehatannya karena sebagai perokok aktif mungkin sebagian lelaki akan menggelengkan kepala. Sebagian besar wanita yang tinggal di kota metropolitan memiliki gaya hidup yang kurang sehat salah satunya adalah ketergantungan rokok. Jadi dapat dikatakan rokok dijadikan sebagai alat untuk menjalin hubungan pertemanan hingga sebagai pelengkap rasa kebersamaan ketika berkumpul dengan keluarga dan teman.

Sebagian besar masyarakat sangat mengetahui bahaya merokok serta kandungan zat narkotika didalamnya, namun karena kecanduannya tersebut bahaya yang akan dihadapi terhadap kesehatan tubuh pun juga dinomor dikesampingkan. Terkadang keinginan untuk berhenti merokok ada namun karena lingkungan yang masih aktif merokok membuat sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Menurut www.ejurnal.litbang.Depkes.go.id menyatakan bahwa angka pecandu rokok wanita tertinggi di Asia ada di Filipina, sedangkan Indonesia berada diposisi kedua terbanyak wanita yang ketergantungan rokok. Kecanduan merokok memang harus dihentikan segera khususnya bagi wanita yang ingin memiliki kondisi sehat dan produktif untuk mendapatkan keturunan.

Umumnya wanita yang kecanduan tersebut diakibatkan dari faktor internal seperti sedang menstruasi, sress dan sebagainya. faktor eksternal seperti lingkungan perokok sehingga tetap tidak dapat menghentikan kebiasaannya tersebut. Adakah cara untuk menghentikannya? Tentu ada. Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan merokok khususnya untuk wanita, antara lain :

1. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok

Salah satu cara untuk mengatasi ketergantungan rokok wanita adalah dengan membulatkan tekad untuk berhenti

Ini meeupakan langkah awal yang harus dapat dilakukan bagi para perokok yang sudah kecanduan khususnya wanita. Dikarenakan banyak yang ingin berhenti merokok namun kenyataannya ketika rasa candu dan sugesti yang timbul seperti rasa asam dimulut bila tidak merokok dan sebagainya, akhirnya membuat tekadnya tidak bulat dan kembali lagi merokok. Belum lagi ketika sudah bertemu dan berkumpul dengan teman sesama perokok, membuat niatnya untuk berhenti pun hanya sekedar keinginan belaka. Jika tekad sudah bulat tahan semaksimal mungkin walaupun hanya 30 menit atau satu jam. jkka sudah terbiasa dengan durasi tersebut tambah kembali durasiny hingga bisa berhenti merokok selamanya.

2. Ajak lingkungan membantu Anda

Salah satu cara mengatasi kecanduan rokok adalah dengan mengajak orang sekitar untuk mendukung keinginan Anda

Faktor lingkungan seperti keluarga hingga teman sangat mempengaruhi proses tekad Anda untuk berhenti berjalan sempurna atau sebaliknya. Untuk itulah penting untuk mengajak orang terdekat Anda untuk mendukung keinginan Anda dalam berhenti merokok dengan cara selalu mengingatkan bahwa Anda sedang berproses untuk berhenti merokok. Selain itu minta kepada teman-teman atau anggota keluarga Anda sekalipun yang pecandu rokok untuk tidak merokok dihadapan Anda. Jika Ada kerabat atau teman yang belum mengetahui keinginan Anda publikasikan keinginan Anda tersebut agar diketahui melalui media sosial ataupun secara verbal.

3. Tentukan jangka waktu dan targetkan

Menentukan jangka waktu dan target merupakan salah satu cara mengatasi ketergantungan rokok

Dengan membuat target atau jangka waktu tersebut dapag memotivasi keputusan Anda dalam berhenti merokok. Tentunya memang tidak mudah menjalankan proses tersebut bagi pecandu rokok, namun dengan menetapkan target atau goals dari sisi waktu Anda sedang berkompetisi dengan diri Anda sendiri dan lihat siapa yang akan memenangkan kompetisi tersebut apakah tekad berhenti Anda atau nafsu Anda? jawabannya akan terlihat di akhir waktu yang sudah ditargetkan. Sebagai contoh Anda menetapkan target dalam 4 minggu, maka dengan menjalankan proses tersebut setiap waktunya merupakan tahapan bagi Anda untuk berhenti merokok.

4. Mulai dengan cara yang sederhana dan mudah.

mengganti rokok dengan permen merupakan cara untuk mengurangi bahaya kecanduan rokok

Bagi para pecandu rokok memang cara yang mudah untuk berhenti sekalipun dirasa berat, proses tersebut tetap harus dijalankan karena sudah menjadi tekad Anda. Sebagai contoh dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap dalam kondisi tertentu. Jika sebelumnya dalam keadaan strees dapat menghabiskan rokok satu bungkus dalam waktu satu jam, maka ketika stress tersebut datang tetapkan hanya lima batang rokok saja yang dihisap. Kemudian bila dalam kondisi tidak strees dapat menghisap lima batang rokok buat hanya satu batang saja rokok yang dihisap. Dengan contoh porsi rokok yang dikurangi tersebut bila dilakukan secara rutin akan membuat tekad berhenti merokok Anda lebih optimal. Cara ini tergolong mudah, selain mengganti rasa asam yang dialami dengan menghisap permen jika keinginan merokok itu datang.

Baca juga Artikel tentang bahaya merokok: http://www.dokterku.co.id/kandungan-rokok-yang-berbahaya

5. Jauhi kebiasaan yang memicu Anda untuk merokok

mengganti kopi dengan susu merupakan salah satu cara untuk mengurangi ketergantungan rokok

Kebiasaan yang dilakukan para perokok harus diganti dengan kebiasaan lain agar Anda tidak berfikir untuk merokok dalam menjalankan aktifitas tersebut. Sebagai contoh ketika sedang santai minum kopi, sedang memperdebatkan sesuatu, Surfing intenet, hingga begadang. Kebiasaan yang dilakukan tersebut dapat memancing Anda untuk merokok kembali. Anda dapat mulai mengganti kebiasaan tersebut atau mengganti rokok yang biasanya mendampingi dalam menjalankan aktivitas tersebut dengan makanan sehat seperti buah-buahan dan mengganti kopi dengan susu. Dengan Cara tersebut akan merubah sugesti dan membuat Anda berhenti merokok secara efektif.

6. Buat Kesibukan

beroalahraga merupakan salah satu cara untuk mengatasi kecanduan rokok

Umumnya merokok identik dengan kondisi Anda yang sedang sendiran berfikir atau merenung dan sebagainya. Dengan membuat kesibukan yang lebih produktif dan sehat akan menjauhkan pikiran Anda untuk kembali merokok. Kesibukan tersebut misalnya seperti berolah raga, bersepeda, atau bersih-bersih pekarangan dan sebagainya. Membuat diri Anda sibuk dengan kegiatan tersebut dan lelah dalam menjalankannya akan membuat Anda pun tidak terpikirkan lagi untuk merokok karena waktu yang Anda jalankan padat sehingga tidak ada waktu senggang.

7. Konsumsi Air putih lebih banyak

konsumsi air putih dapat mengurangi dari ketergantungan rokok pada wanita

Sebagian besar perokok umumnya mengkonsumsi air putih lebih sedikit dibandingkan bukan perokok. Sebab dengan menghisap rokok keinginannya untuk minum bahkan makan pun dapat tertunda. itulah mengapa para pecandu rokok lebih memilih jenis minuman seperti kopi hingga bir untuk menemani kebiasaan merokoknya tersebut.

Dengan mengganti kebiasaan minum kopi hingga bir tersebut secara perlahan akan menghentikan kebiasaan merokok Anda. Selain itu ketika minum air putih akan membuat merokok jadi tidak enak, harapannya dapat mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dilakukan selama ini. Perbanyak minum air putih pun dapat membersihkan ginjal Anda serta kesehatan Anda pun tetap terjaga.

Cara tersebut memang menggambarkan kepada para pecandu rokok bahwa kebiasaan hidup sehat memang sulit dilakukan pada awalnya. Namun jika tekad berhenti merokok sudah kuat kebiasaan merokok pun dapat ditinggalkan. Dampak rokok terhadap wanita pecandu rokok jauh lebih besar dibandingkan lelaki. mulai dari rahim yang menjadi tidak subur hingga kanker dan sebagainya. Untuk itulah cegah penyakit kritis tersebut sejak dini agar Anda dapat menikmati masa tua dengan lebih sehat dan produktif.

dr. Ika Mariani Ratna Devi, Sp.PD

Seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menetap di kota Surabaya, aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Sebagai ibu Rumah tangga dengan 2 Orang Anak, yang memiliki passion bisnis online dan pembicara seminar kesehatan (prefered diabetes and cancer)