Mengatasi Penyakit Maag Dengan Cara Alami

Penyakit maag merupakan penyakit yang hampir sama penyebabnya dengan penyakit tipes. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada lambung sehingga asam lambung meningkat dalam waktu yang cukup lama. Jika hal ini terjadi maka dapat pula menyebabkan peradangan pada lambung sehingga Anda akan merasakan sakit dan perih yang sangat luar biasa pada bagian perut. Rasa sakit dan perih itu dapat muncul secara tiba-tiba dan hilang secara spontan pula.

Penyakit maag biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang menjaga dan pengatur pola makan. Makanan yang masuk ketubuh kita sangat mempengaruhi kondisi lambung, telat makan sebentar saja maka penyakit maag pun dapat terjadi sewaktu-waktu. Ada beberapa jenis makanan yang digadang-gadang sebagai penyebab sakit maag salah satunya makanan goreng. Makanan yang banyak mengandung minyak memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi dan ini bisa menjadi pemicu penyakit maag.

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi kopi, sebelum Anda minum kopi sebaiknya isilah perut terlebih dahulu dengan makanan yang berserat dan mengandung karbohidrat. Biasanya orang yang minum kopi sebelum makan maka perutnya akan mules dan ini bisa menjadi salah satu penyebab penyakit maag. Selain itu agar terhindar dari maag, Anda juga harus mengatur waktu makan Anda secara teratur. Makan yang baik harusnya 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan malam.

Namun selain makanan, ada juga faktor lain yang dinilai sebagai pemicu penyakit maag salah satunya karena stres, kelelahan, kurang tidur dan merokok. Kebiasaan buruk tersebut seharusnya dapat Anda hindari karena bukan hanya penyakit maag saja yang mengintai tetapi kualitas hidup Anda jadi tidak baik dan dapat menyebabkan penuaan dini. Jika Anda terkena maag, kami memiliki beberapa tips dan cara untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi penyakit maag dengan cara alami, antara lain:

1. Menggunakan Kunyit

Kunyit dapat mengatasi penyakit maag

Kunyit kerap digunakan sebagai bahan dasar jamu dan salah satu manfaat jamu tersebut adalah untuk mengatasi maag. Jika Anda ingin membuat ramuan untuk mengobati maag dari kunyit, cara pembuatannya cukup mudah yaitu sediakan 2 batang kunyit kemudian diparut lalu tambahkan sedikit air matang. Peras kunyit tersebut dan perasan itulah yang Anda minum sebagai obat sakit maag.

2. Menggunakan Temulawak

Temulawak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit maag

Dalam ramuan tradisional maupun modern temulawak memang berkhasiat bagi kesehatan terutama untuk mengobati masalah pencernaan seperti maag. Ramuan dari temulawak ini hampir sama dengan kunyit hanya saja Anda tidak perlu memarutnya. Anda cukup merendam didalam air mendidih kemudian air rendaman tersebut Anda minum sebagai obat sakit maag.

3. Menggunakan Daun Salam

Daun salam dapat digunakan untuk mengatasi penyakit maag

Daun salam kerap kita gunakan sebagai penyedap rasa makanan. Tetapi dibalik itu, daun salam memiliki manfaat lain yaitu untuk mengobati sakit maag. Cara pembuatannya Anda sediakan satu genggam daun salam kemudian rebus dalam air mendidih. Tambahkan gula batu secukupnya agar rasanya sedikit enak. Minum ramuan ini setiap hari maka Anda akan terhindar dari maag dan dapat mengobati penyakit tersebut.

4. Menggunakan Biji Pala

Biji pala dapat digunakan untuk mengatasi penyakit maag

Hal yang sama seperti daun salam, biji pala juga kerap digunakan sebagai penyedap rasa ketika kita membuat sup atau soto. Namun selain dari hal tersebut ternyata biji pala juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag asal kita tahu cara pengolahannya. Gunakan 1 gram serbuk biji pala dan 6 gram serbuk buah pisang batu kemudian diseduh dengan 100 ml air. Minum ramuan ini secara rutin agar penyakit maag Anda dapat teratasi dan tidak kembali lagi.

Penyembuhan secara tradisional selain murah dan mudah didapat, tetapi juga khasiatnya sama seperti obat yang banyak dijual dipasaran bahkan cenderung obat tradisional seperti jamu ini justru menyehatkan badan dan membuat badan tidak rentan terhadap penyakit. Sekian dan Terimakasih.

Awaluddin, S.Kep

Co-Founder DOKTERKU.co.id Mahasiswa keperawatan yang kini fokus menjadi praktisi sosial media marketing dan mendalami dunia digital media. Kunjungi website pribadi Awhal.com