Mengatasi Sembelit Dengan Konsumsi Buah buahan

Pastinya Anda pernah mengalami masalah ini. Sembelit merupakan gangguan buang air besar yang mana hal tersebut sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Sembelit bertolak belakang dengan mencret yang mana dalam sehari ia bisa buang air besar hingga 5 kali bahkan lebih, tetapi jika sembelit ia hanya mengalami buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Kondisi seperti ini dapat disebabkan berbagai faktor salah satunya pola makan yang kurang sehat.

Salah satu makanan penyebab sembelit seperti makanan olahan yang dicampur dengan bahan pengawet seperti makanan beku, sosis, burger, pizza dan jenis makanan lain yang rendah serat. Mengkonsumsi kopi terlalu sering juga dapat menjadi masalah sembelit karena kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi meningkatkan resiko terkena sembelit.

Ada juga jenis makanan lain yang harus dihindari seperti daging merah, makanan berminyak, produk susu dan biskuit. Sebenarnya bukan harus dihindari, tetapi lebih ke cara mengatur pola makannya karena pada dasarnya semua jenis makanan yang telah disebutkan diatas memiliki manfaat tersendiri. Cara mengatur pola makannya yaitu dengan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Makanan apapun yang dikonsumsi secara berlebihan jatuhnya tidak baik dan dapat menjadi bomerang buat Anda.

Namun jika Anda sudah terlanjut mengalami sembelit, ada beberapa jenis buah yang dipercaya dapat mengatasi masalah sembelit. Inilah  beberapa buah yang dapat mengatasi sembelit, antara lain:

Jus Buah Pir

Mengkonsumsi jus buah pir dapat mengatasi sembelit

Buah pir memiliki rasa yang manis namun sedikit asam. Untuk melancarakan buang air besar Anda bisa mencoba cara alternatif ini yaitu membuat jus buah pir. Cara ini dipercaya dapat mengobati sembelit ringan karena kandungan vitamin dan nutrisi lain yang terdapat didalamnya dapat membersihkan usus besar, membersihkan ginjal dan meregenerasi sel darah. Minumlah jus pir minimal 2x sehari yaitu pada saat bangun tidur dan satu jam sebelum Anda tidur.

Strawberry

Mengkonsumsi Strawberry dapat mengatasi sembelit

Untuk mengatasi sembelit memang biasanya orang mengkonsumsi makanan atau buah yang memiliki rasa asam. Meskipun sedikit manis tetapi strawberry memiliki rasa asam yang mana dapat mengatasi masalah sembelit. Buah yang tumbuh dimusim dingin ini sudah mulai menyebar diberbagai pelosok sehingga Anda dapat menjumpainya pasar-pasar atau toko buah setempat.

Pepaya

Pepaya dapat digunakan untuk mengatasi sembelit

Salah satu buah yang dapat mengatasi sembelit lainnya adalah pepaya. Pepaya banyak mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Jika dimakan buah tersebut dapat mengatasi masalah sembelit bahkan bukan hanya buahnya saja tetapi daun pepaya pun dapat Anda gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan salah satunya sembelit.

Pisang

Mengkonsumsi pisang secara rutin dapat mengatasi sembelit

Buah pisang merupakan salah satu ikon di Indonesia. Dari sabang sampai merauke kita dapat menjumpai buah ini. Selain mudah cara penanamannya, pisang juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan salah satunya untuk membantu mengatasi sembelit. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga diolah menjadi hidangan pagi yang menyenangkan seperti pisang goreng.

Mentimun

Mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat mengatasi sembelit

Timun biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya, tetapi ada manfaat lain yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya yaitu dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Buah ini mengandung kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah mentimun setiap hari maka masalah sembelit Anda akan segera teratasi. Anda dapat memakannya 2 sampai 3 buah perhari agar masalah sembelit Anda cepat hilang.

Untuk mengatasi sembelit, kelima buah diatas kerap digunakan banyak orang untuk mengatasinya. Namun adapula hal penting yang dapat menjadi alternatif Anda dalam mengatasi masalah sembelit yaitu dengan berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga baik sistem pencernaan maupun organ tubuh lainnya dapat berfungsi secara optimal.

Jadi bagi Anda yang masih jarang melakukan olahraga sebaiknya mulai sekarang rajin-rajinlah berolahraga agar sistem metabolisme didalam tubuh menjadi tinggi dan tubuh tidak rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Sekian dan Terimakasih.

Ibu Nur

Nur khairi, S.si, M.si, Apt (Ibu Nur) Seorang dosen perguruan tinggi Farmasi, aktif menulis di DOKTERKU.co.id dan memiliki beberapa website seperti : DuniaDiet.com, PasanganBahagia.com & PanduanJerawat.com.