10 Tips Meningkatkan Konsentrasi Dan Daya ingat

Konsentrasi pada Anak maupun orang dewasa mudah terlihat dari sorot matanya, dan bagi orang dewasa yang tidak konsentrasi khususnya pria akan terlihat kurang percaya diri, hingga canggung dihadapan wanita. Oleh karna itu hal tersebut merupakan sebuah cara untuk dapat berfokus pada satu hal atau pekerjaan dengan menggunakan performa otak. Seperti halnya pisau semakin diasah akan semakin tajam, begitupula kinerja otak. Itupun berlaku sebaliknya jika tidak pernah digunakan, maka otak pun akan semakin tumpul dan berkurang konsentrasinya. Pada dasarnya penyebab kurangnya konsesntrasi cukup banyak, namun gejalanya dapat dirasakan sehingga Anda dapat segera mengantisipasinya dengan melakukan beberapa hal untuk mengembalikan konsentrasi dan daya ingat Anda. Pada beberapa perusahaan konsentrasi dan daya ingat merupakan andalan dalam pekerjaannya seperti Seorang Dosen, Ilmuwan dan masih banyak lagi.

Menurut www.medicaldaily.com Sekitar 14% anak-anak di Amerika menggunakan obat resmi seperti ampethamine untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Sedangkan masih banyak cara lain selain menggunakan obat yang dapat ditempuh untuk menghindari efek samping. Jadi bila ada pertanyaan bisakah mengembalikan konsentrasi dan daya ingat cukup dengan asupan makanan biasa? Tentu tidak karena ibaratkan pohon yang hanya diberi pupuk namun tidak mendapatkan sinar matahari tentunya akan lama untuk berkembang lebih besar. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk bisa lebih konsentrasi serta meningkatkan daya ingat Anda, antara lain :

1. Pilih Asupan Makanan yang Baik Untuk Otak

Mengkonsumsi coklat hitam adalah salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi

Asupan makanan yang baik untuk otak tidak selamanya berbentuk makanan enak, sebab enaknya makanan tersebut belum tentu mengandung nutrisi bagi tubuh dan Otak Anda. Oleh sebab itu makanan yang mengandung nutrisi baik perlu disediakan walaupun jumlahnya tidak banyak. Seperti coklat gelap atau yang dikenal dengan istilah dark chocolate memiliki kandungan procyanidins yang membantu meningkatkan daya ingat Anda. Selain iu juga zat tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dalam memerangi oksidasi dan inflamasi. Tidak hanya coklat, sayuran hijau, buah-buahan serta kacang-kacangan.

2. Tidur yang Pulas Serta Berolahraga

tidur pulas dapat meningkatkan konsentrasi

Istirahat yang cukup dengan ditandai tidur pulas dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kulit wajah serta otak Anda. Selain itu dengan tidur yang pulas membuat badan segar sehingga bila ditambah dengan aktivitas berolahraga akan menambah kebugaran dan konsentrasi Anda. Fungsi otak akan bekerja maksimal dengan mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu otak juga akan tercukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan karena dialirkan dengan lancar akibat dari sering berolahraga, sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

3. Bersosialisasi Dengan Santai

bersosialisasi dengan teman atau tetangga dapat meningkatkan konsentrasi

Hubungan dengan teman, kerabat hingga tetangga rumah yang dapat dijalin dengan baik akan membuat tingkat stress Anda terkontrol. Sehingga produksi hormone cortisol yang berlebih pun dapat dicegah. Sehingga otak pun tidak menunjukkan kinerjanya yang berlebihan.

4. Latihan Neurobics Dengan Bermain Game

Latihan neurobic dengan bermain game dapat meningkatkan konsentrasi pada otak

Memainkan sebuah permainan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Beberapa permainan tersebut seperti teka-teki silang, permainan Sudoku, permainan yang ada dalam smartphone atau computer seperti Game strategi dan sejenisnya membuat Anda akan senantiasa berfikir taktis. Manfaat lain yang didapat juga dapat membantu membuat kemampuan kognitif Anda bertahan serta dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan dan rutinitas tugas dan pekerjaan yang berbeda. Contoh yang sederhana adalah menyikat gigi Anda dengan menggunakan tangan kiri.

5. Buang Jauh-Jauh Pikiran yang Tidak Penting

Membuang jauh-jauh pikiran yang tidak penting dapat meningkatkan konsentrasi

Memikirkan hal yang tidak penting akan membebani kerja otak Anda sehingga dapat memicu stress dan bahakan sering lupa. Sebab Otak pun ada batasnya dan tidak dapat memikirkan banyak hal bersamaan sekaligus. Sederhananya saja bila sedang menulis sambil mengobrol dan berbicara dengan teman pasti akan mengalami kesulitan sehingga menurunkan konsentrasi. Jadi tetap rileks saja dan tidak perlu membebani otak Anda dengan hal-hal yang tidak penting.

6. Tetap Menulis

menulis dapat mengasah otak sehingga meningkatkan konsentrasi

Aktivitas ini merupakan sebuah kegiatan yang dapat mengasah otak sehingga lebih konsentrasi dan juga melatih daya ingat Anda, walaupun pekerjaan menulis sepertinya mudah namun jika membuat sebuah alur cerita baik cerpen hingga novel tentu tidaklah mudah. Langkah sederhana adalah dengan menulis sebuah buku diary tentang kegiatan yang dilakukan Anda hari ini. Dengan rutin melakukannyamaka daya ingat Anda, misalnya dengan menghafal berbagai informasi yang didapat hari setiap harinya

7. Tetap Belajar

belajar juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Sesuai dengan pribahasa mengatakan belajarlah hingga ke negeri china yang menandakan bahwa belajar tidak akan mengenal jarak walau jauh sekalipun. Begitu pula usia berapapun usia Anda tetaplah belajar agar dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Sarana yang dijadikan pembelajaran bisa melalui media cetak maupun media elektronik. Dengan Begitu kemampuan mengingat berbagai macam informasi pun bisa Anda dapatkan.

8. Hindari Keadaan Perut Kosong

Otak akan mengalami penurunan konsentrasi jika perut dalam keadaan kosong

Seperti halnya kendaraan yang tidak ada bensinnya akan mempengaruhi pada kinerja, begitupula dengan otak Anda yang akan mengalami sedikit kurang konsentrasi bila perut dalam keadaan kosong. Biasakan sarapan setiap pagi agar Anda dapat lebih konsentrasi dalam menjalankan hari-hari Anda walaupun hanya sepotong roti tetap akan membuat perut Anda tidak kosong.

9. Tetap Santai

Dengan bersantai dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Siapa bilang kondisi santai yang Anda rasakan tidak dapat serius? Anda tetap melakukan kegiatan serius dengan santai dan tidak perlu tertekan. Selain itu mencari nafkah tidak harus melakukan pekerjaan dari pagi hingga malam, melamunlah sesekali dan biarkan pikiran rileks sejenak tanpa memikirkan hal apapun. Sebab dengan melakukan hal tersebut ternyata dapat meningkatkan daya Ingat Anda.

10. Sesekali Konsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung Omega 3 yang mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Kandungan Asam Lemak omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Itulah mengapa pada anak-anak yang sedang masa pertumbuhan asupan minyak ikan ini merupakan bagian penting dalam proses pertumbuhan mereka. Akan tetapi setelah dewasa tetap membutuhkan asupan minyak ikan tersebut senantiasa menjaga konsentrasi dan daya ingat Anda dalam keadaan prima. Selain itu dengan rutin mengkonsumsi minyak ikan tersebut juga akan menghindarkan Anda dari resiko penyakit Alzheimer, serta dijauhkan dari potensi terbentuknya plak pada otak.

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, maka dapat dipastikan konsentrasi dan daya ingat Anda akan meningkat. Sebab sebagian besar masyarakat saat ini terbawa arus gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karenanya dengan mengetahui hal-hal tersebut harapannya masyarakat dapat membuat karakter dirinya sendiri dengan menciptakan pola hidupnya sendiri yang sehat khususnya untuk performa otak Anda. Dengan kinerja otak yang baik Anda dapat melakukan berbagai macam hal kegiatan dengan konsentrasi serta mengingat beragam informasi yang dibutuhkan sesuai keinginan Anda setiap harinya.

dr. Irwan Ashari

Staf Dosen FK Unismuh & Direktur Klinik Parakita Medika. Akrab dipanggil dokter Irga, dan merupakan salah satu dokter yang aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Kunjungi web pribadi dokterirga.com