Menyembuhkan Flu Tanpa Menggunakan Obat

Perubahan suhu dan cuaca yang seringkali terjadi kerap mempengaruhi kondisi kesehatan kita dan hal yang paling terjadi akibat perubahan cuaca yaitu seperti flu dan batuk. Kedua penyakit ini nampaknya tidak dapat dipisahkan dan jika salah satu dari kedua penyakit ini menyerang kita maka penyakit lain pun akan menghampiri. Flu merupakan masalah kesehatan yang menyerang pada alat pernapasan kita yaitu hidung dan hal ini membuat kita sulit untuk bernapas.

Bukan hanya hidung, tetapi seluruh organ pernapasan lain seperti tenggorokan dan paru-paru pun akan mengalami masalah sehingga kita harus mengatasinya dengan cepat. Flu merupakan jenis penyakit menular dan penularannya dapat terjadi melalui sentuhan tangan, berbagi minuman atau berbagi makanan karena flu ini disebabkan karena virus. Flu bukan penyakit berbahaya tetapi sangat menyiksa jika kita mengalaminya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu salah satunya dengan mengkonsumsi obat.

Namun tak jarang yang mengalami kegagalan dengan menggunakan obat yang nantinya justru membuat kita ketergantungan. Ada cara lain yang dapat mengatasi flu tanpa kita harus mengkonsumsi obat, antara lain:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menyembuhkan flu tanpa obat yaitu dengan memperbanyak minum air putih

Jika kita terkena flu sebaiknya kita perbanyak konsumsi air putih karena flu membuat kita lebih banyak mengeluarkan ingus sehingga tubuh mengalami kekurangan cairan. Namun sebaiknya air putih yang kita konsumsi ini tidak dalam kondisi dingin karena jenis minuman yang harus kita hindari saat terkena flu adalah minuman dingin seperti es.

2. Konsumsi Minuman Hangat

Cara menyembuhkan flu tanpa obat yaitu dengan mengkonsumsi minuman hangat

Ada banyak jenis minuman yang dapat menghangatkan tubuh salah satunya seperti teh hangat dan wedang jahe. Wedang jahe ini akan menghangatkan organ bagian dalam sekaligus mengganti cairan yang keluar melalui ingus, ludah dan keringat. Sangat disarankan bagi Anda yang terkena flu untuk mengkonsumsi minuman hangat seperti yang telah kami sebutkan tadi.

3. Beristirahat Total

Cara menyembuhkan flu tanpa obat yaitu beristirahat total

Sebaiknya jika Anda terkena flu, kurangi aktivitas berat yang sering Anda lakukan. Beristirahatlah secara penuh untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda. Flu yang menyerang Anda menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan untuk mengatasinya kita harus bisa mengembalikan sistem imun kita kembali normal.

4. Konsumsi Buah Dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur dapat meyembuhkan flu

Jika kita terkena penyakit tentunya tubuh membutuhkan berbagai jenis asupan makanan yang kaya akan nutrisi. Sebaiknya Anda perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk mengembalikan kondisi tubuh dan sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah dengan begitu flu yang Anda derita segera teratasi.

5. Gunakan Aroma Mentol /Mint

Menyembuhkan flu tanpa obat dengan menggunakan aroma mentol

Menghirup aroma mentol seperti yang terdapat pada balsem atau minyak kayu putih dipercaya dapat menyembuhkan flu secara perlahan. Anda dapat mengoleskannya disekitar lubang hidung atau tenggorokan dan dada maka akan sedikit mengatasi masalah flu yang menimpa Anda.

Itulah beberapa tips Menyembuhkan Flu Tanpa Menggunakan Obat.  Cobalah untuk sedikit demi sedikit berhenti mengkonsumsi obat disaat Anda mengalami flu, gantilah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Awaluddin, S.Kep

Co-Founder DOKTERKU.co.id Mahasiswa keperawatan yang kini fokus menjadi praktisi sosial media marketing dan mendalami dunia digital media. Kunjungi website pribadi Awhal.com