Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Kolesterol

Setelah mengetahui akan bahaya dari penyakit kolesterol pastinya kita harus mengetahui apa sih kolesterol itu? Kolesterol merupakan komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Semua makhluk hidup memiliki komponen ini baik manusia maupun hewan. Didalam tubuh pada dasarnya kolesterol sangat baik dan bermanfaat sebagai sumber energi, pembentukan hormon steroid dan pembentukan dinding sel didalam tubuh. Tetapi kadar kolesterol yang tinggi justru bisa menjadi bomerang bagi kita semua.

Ada dua jenis kolesterol yang kita ketahui yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Mungkin bagi sebagian kalangan remaja atau orang yang berusia dibawah 50 tahun masih belum banyak yang menyidap penyakit ini karena pada dasarnya meningkatnya kadar kolesterol biasa terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lung dan Blood di Amerika Serikat menyarankan kepada semua orang yang berusia diatas 20 tahun untuk secara rutin memeriksakan kadar kolesterolnya.

Hal ini tentunya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya hiperkolesterolemia yang biasa disebabkan oleh obesitas, alkoholisme, gangguan hati, diabetes, dan penyakit tiroid. Salah satu sumber masalah yang kerap digadang-gadang sebagai penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol adalah karena kurangnya aktivitas fisik. Aktivitas fisik seperti olahraga akan membuat fungsi organ dapat bekerja secara optimal.

Untuk itu bagi Anda yang jarang melakukan aktivitas fisik mungkin karena tuntutan pekerjaan atau yang lainnya, hendaknya Anda menyempatkan waktu Anda ketika libur untuk sekedar berlari pagi agar tubuh tetap sehat dan kadar kolesterol pun tetap stabil. Namun bagi Anda yang telah mengidap penyakit kolesterol, dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi penyakit kolesterol, yaitu:

1. Sayuran

Mengkonsumsi sayuran secara teratur dapat membantu mengobati penyakit kolesterol

Agar kadar kolesterol menurun sebaiknya Anda perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran banyak mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang terkandung didalam sayuran ini berupa Vitamin A, C dan E. Nutrisi inilah yang kemudian dapat menangkal radikal bebas dan beberapa penyebab penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi hingga penyakit jantung.

2. Buah Jeruk

Mengkonsumsi buah jeruk dapat mengatasi penyakit kolesterol

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan untuk menangkal berbagai serangan akibat radikal bebas. Untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi buah ini baik dimakan secara langsung maupun Anda jadikan minuman segar seperti jus jeruk. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi 3 gelas jus jeruk setiap hari, maka kadar HDL didalam tubuh akan meningkat sebanyak 21 mg dalam kurun waktu 1 bulan.

3. Kacang-kacangan

Sering mengkonsumsi kacang-kacangan dapat mengatasi penyakit kolesterol

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3 sama halnya dimiliki ikan salmon. Kandungan ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol yang beresiko pada penyakit jantung. Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat tersebut adalah kenari dan almond.

4. Anggur Merah

Mengkonsumsi anggur merah dapat mengatasi penyakit kolesterol

Buah anggur adalah salah satu buah yang paling banyak digemari masyarakat. Selain rasanya enak, tetapi buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit kolesterol. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jane Freedman dari Boston University Medical School menyatakan bahwa dengan meminum anggur dalam 14 hari secara berturut-turut, maka akan meningkatkan kadar kolesterol total dan HDL atau kolesterol baik.

5. Jus Tomat

Mengkonsumsi jus tomat secara mengatasi penyakit kolesterol

Tiga gelas jus tomat yang Anda konsumsi setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh. Jika hal ini dilakukan secara rutin minimal selama 1bulan, maka Anda akan merasakan perubahan yang signifikan terhadap penurunan kadar kolesterol didalam tubuh Anda.

Selain mengkonsumsi kelima jenis makanan yang telah kami sebutkan, hal lain yang harus Anda lakukan adalah berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga maka akan membakar kolesterol jahat dan lemak penyebab penyakit. Selain itu juga sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging kambing.

Dari informasi yang kami berikan diatas, diharap dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit kolesterol tinggi. Jika ada saudara atau rekan Anda yang mungkin menderita penyakit tersebut, berikan informasi ini kepada mereka yang membutuhkan siapa tahu bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

dr. Ika Mariani Ratna Devi, Sp.PD

Seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menetap di kota Surabaya, aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Sebagai ibu Rumah tangga dengan 2 Orang Anak, yang memiliki passion bisnis online dan pembicara seminar kesehatan (prefered diabetes and cancer)