Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda suka makanan manis dan minuman dingin? Pernah nggak sih saat makan makanan yang manis atau minum minuman yang dingin gigi Anda terasa ngilu? Jika ia, mungkin Anda mengakami gigi sensitif.

Mempunyai gigi sensitif tentu saja akan sangat mengganggu. Ngilu yang Anda rasakan pada gigi yang timbul saat sedang menikmati makanan dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman saat makan. Bahkan, terkadang nyeri yang dirasakan bisa terjadi dalam waktu berjam-jam setelah makan.

Gigi sentif adalah rasa ngilu pada gigi yang dipicu oleh makanan atau makanan yang sifatnya panas, dingin, manis ataupun asam. Bagi Anda yang mengalami hal ini, gigi Anda akan merasakan sakit, yang mana rasa sakitnya merupakan kejutan tajam atau pendek.

Gigi sensiitif biasannya terjadi pada bagian gigi yang lembut atau didalam dunia medis disebut dentin, yang terletak dibawah lapisan email gig, terpapar tanpa perlindungan. Dentin memiliki ribuatn tabung kecil yang yang berisi cairan dan mengarah langsung ke pusat saraf gigi.

Ketika dentin gigi yang tak lagi terlindungi ini terkena rangsangan misalnya saja rangsangan yang berasal dari makanan atau pun minuman yang panas, dingin atau manis, dan mencapai pusat saraf gigi, akan menimbulkan rasa ngilu atau nyeri yang tajam.

Penyebab Gigi Sensitif

Jika sering menagalami gigi yang ngilu, mungkin ada bertanya-tanya, apa yang menyebabkan terjadinya gigi ngilu atau gigi sensitif tersebut? Nah, berikut ini akan dipaparkan banyaknya faktor yang mempengaruhi terjadinya gigi sensitif, antara lain:

1. Pasta Gigi atau Produk Pemutih Gigi

Ternyata, salah memilih pasta gigi dapat menjadi permasalahan bagi Anda. Karena beberapa produk pasta gigi dan pemutih gigi yang bahan dasarnya adalah peroksida dan atau baking soda, akan sangat mungkin  menjadi penyebab masalah gigi sensitif pada sebagian besar orang. Rasa sakit atau ngilu yang terjadi pada gigi sensitif biasanya akan muncul hanya bersifat sementara, dan akan berhenti ketika penggunaan produk tersebut dihentikan.

2. Lubang Pada Gigi

Jika Anda memiliki lubang pada gigi, kemudian Anda memakan makanan pemicu gigi sensitif, maka Anda akan merasakan sakit. Jika Anda tidak mengobatinya segera, lubang pada gigi Anda akan semakin melebar, bakteri akan tumbuh pada gigi Anda yang berlubang, dan akan memicu banyak penyakit lainnya.

3. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi adalah kebiasan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Jika terus menerus menyikat gigi terlalu keras atau pun menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras bisa merusak email gigi sehingga dentin menjadi terbuka. Meyikat gigi terlalu keras juga bisa menyebabkan penyusutan gusi.

Anda harus memperbaiki pola sikat gigit Anda karena ini merupakan kebiasaan. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan melakukan gerakan memutar ke atas dan bawah agar tidak melukai gusi Anda dan juga tidak membuat gigi Anda berlubang.

4. Pembusukan Gigi

Sama seperti gigi yang patah, pembusukan gigi menyebabkan gigi keropos atau berlubang. Jika gigi mengalami pengeroposan, maka bisa menjado penyebab lapisan lunak di bawahnya rentan terhadap iritasi dan, tentu saja, gigi akan terasa ngilu. Kebersihan mulut yang tak terjaga dan akumulasi plak pada gigi dapat mempercepat proses pembusukan gigi. Sebaiknya segera kunjungi dokterg gigi Anda untuk mengatasi plak pada gigi dan pembusukan gigi yang terjadi pada Anda.

5. Mengonsumsi Makanan atau Minum Terlalu Asam

Memiliki kesukaan konsumsi makanan yang mengandung asam tinggis akan mengikis lapiran email gigi yang melindungi dentin dan akar gigi. Jika demikian, dentin gigi Anda bisa saja terbuka sehingga Anda akan mengalami gigi sensitif. Itulah yang bisa menyebabkan gigi Anda menjadi ngilu atau sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

1. Pasta Gigi Untuk Gigi Sensitif

Anda sering merasakan ngilu pada gigi saat makan makanan pedas, manis, asam, dingin atau panas, sebaiknya Anda mengganti pasta gigi Anda ke pasta gigi sensiti Kenapa Anda dianjurkan menggunakan pasta gigi khusus? Karena pasta gigi khusus untuk gigi sensitive biasanya mengandung fluoride.

Bahan Fluoride sendiri berfungsi untuk memperkuat email gigi dan mengurangi penyebaran sensasi nyeri. Selain itu, ada juga beberapa kandungan bahan aktif yaitu potassium nitrat, yang membantu untuk menghalangi tubulus kecil di dentin yang sensitif.

Pasta gigi ini mengandung senyawa yang membantu menghalangi penyebaran sensasi dari permukaan gigi ke saraf, dan biasanya membutuhkan beberapa kali penggunaan sebelum sensitivitas gigi berkurang. Menggunakan pasta gigi sensitif secara teratur dapat membantu Anda mengurangi masalah gigi Anda secara perlahan. Setelah beberapa kali penggunaan, pasta gigi dapat menghilangkan rasa nyeri yang berhubungan dengan gigi sensitif.

2. Sikat Gigi dengan Bulu Halus

Sikat gigilah secara teratur 2 kali setiap hari dan gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih lembut, untuk mengurangi pengikisan gigi dan iritasi pada gusi Anda. Anda juga harus menerapkan teknik sikat gigi yang benar agar kebersihan mulut dan gigi Anda benar-benar terjaga.

Lakukan gerakan yang lembut saat menyikat gigi. Anda juga perlu berhati-hati saat menyikat bagian gigi yang dekat dengan gusi. Sehingga Anda tidak melukai gusi Anda, dan juga Anda tidak menghilakankan jaringan pada husi.

Menyikat gigi dengan keras dapat membuat lapisan emaill menjadi tipis, sehingga sensitivitas gigi Anda meningkat. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut.

3. Hindari Makanan dan Minuman Asam

Gigi sensitif yang terpapar dengan makanan atau minuman yang sifatnya asam dapat menyerang lapisan email gigi Anda. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan dan minuman asam, dan coba untuk menyikat gigi Anda 20 menit setelah Anda memakan makanan asam.

Jika jarak waktunya kurang dari 20 menit, menyikat gigi dapat menyakiti email Anda. Gigi Anda sensitif atau tidak, sebaiknya perhatikan makanan dan minuman Anda karena penipisan email tidak dapat dihalangi. Gigi sensitif pun bisa dialami oleh siapa tidak memandang usia.

Tim dokterku.co.id telah membahas tuntas mengenai penyebab gigi sensiti dan bagaimana cara mengatasinya, pada vlog bersama dr. Teizah Nabilah. Silahkan nonton videonya di bawah ini :

Sekian dulu artikel dokterku kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi gigi sensitif. Semoga bermanfaat dan berguna bagi sahabat dokterku yang mengalami permasalahan ini. Jika sahabat dokterku memiliki pertanyaan seputar kesehatan silahkan konsultasi dengan dokterku.co.id/konsultasi ataupun silahkan Direct Message via instagram di @iddokterku.co.id

 

Ayu Indah Trisusilowaty

Ayu Indah akrab disapa Ayunda. Beauty Blogger & Vlogger dari Makassar dengan channel Youtubedisini. Hobi menulis dan menganggap bahwa make up is art, beauty is passion. Kunjungi Ayunda di ayuindah.com