Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Pada Pria

Jika setiap selesai mandi dan menyisir rambut, Anda menemukan banyak sekali helaian rambut Anda yang rontok, maka itu tandanya rambut Anda sudah rontok berlebihan. Ada banyak penyebab mengapa rambut seseorang bisa menjadi rontok berlebihan dan sayangnya tidak banyak orang yang tahu apa saja penyebab rambut rontok berlebihan sehingga mereka tidak bisa menghindarinya dan rambut menjadi rontok sangat parah. Dan inilah beberapa penyebab yang bisa membuat rambut Anda yang sehat dan terawat berubah menjadi rontok secara berlebihan:

1. Faktor Genetika

rambut rontok juga disebabkan oleh faktor genetika

Faktor genetika bisa menentukan segalanya yang ada di diri kita, tidak sekedar bentuk, ketebalan, warna, laju pertumbuhan rambut dan kerapatannya saja, namun gen juga dapat menentukan faktor bawaan dari kebotakan yang terjadi disaat lahir atau adanya kelainan pada struktur pada rambut yang telah diwariskan dari orang tua. Maka dari itu, tidaklah salah jika rambut rontok juga disebabkan oleh faktor genetika, namun cukup sulit untuk menemukan akar dari penyebab masalah rambut rontok dan lamanya kerontokan rambut terjadi.

2. Ras

Pria Kaukasia lebih rentan mengalami rambut rontok berlebihan

Beberapa ras kemungkinan besarnya mendapatkan rambut rontok. Pria Kaukasia merupakan contoh ras yang lebih rentan mengalami rambut rontok berlebihan bahkan bisa mengakibatkan kebotakan. Sedangkan pria berkulit hitam maupun orang Asia tidak terlalu rentan terhadap rambut rontok berlebihan.

3. Usia

faktor usia merupakan penyebab rambut rontok berlebihan

Dari sekian banyaknya penyebab rambut rontok berlebihan yang terjadi pada pria, faktor usia ternyata memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Disaat pria mencapai masa pubertasnya, jumlah folikel rambut secara bertahap-tahap mulai menurun dari masa ke masa. Disaat usia 20-30 tahun, kurang lebih ada sekitar 615 folikel/cm² di kulit kepala. Dan saat pria memasuki usia 30-50 tahun, jumlah folikel rambut yang berjatuhan adalah 485. Disaat seorang pria berusia lanjut, 80 tahun, folikel rambut yang akan jatuh menjadi 435/cm² dan penipisan rambut tersebut bisa dianggap sebagian bentuk dari proses penuaan.

4. Perubahan Hormonal

Rambut rontok yang terjadi secara berlebihan bagi seorang pria

Rambut rontok yang terjadi secara berlebihan bagi seorang pria bisa semakin memburuk bila terjadi perubahan hormonal yang tak seimbang dengan usianya saat itu. Dengan usia, pria dan wanita mampu menghasilkan androgen yang cukup berlebihan yang akan menyebabkan pria mengalami rambut rontok yang cukup parah.

5. Stres

Stres emosional akan menyebabkan rambut menjadi rontok

Penyebab rambut rontok pada pria yang seharusnya masih bisa dihindari dan dihentikan adalah stres. Stres emosional yang terlalu berat akan menyebabkan rambut menjadi benar-benar rontok dan semakin lama semakin memperburuk masalah rambut rontok yang tengah terjadi. Maka tidaklah aneh, jika banyak orang cerdas, seorang pemikir yang pandai dan pekerja keras memiliki masalah rambut, karena pekerjaannya membuat ia terlalu stres sehingga pada akhirnya mengalami rambut rontok berlebihan.

6. Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat memperburuk masalah kerontokan rambut

Para pria biasanya menyelesaikan masalah pekerjaan yang membuatnya stres dengan merokok atau sekedar minum minuman yang beralkohol. Padahal kedua hal tersebut dapat memperburuk masalah kerontokan rambut yang saat ini sedang terjadi.

Penyebab rambut rontok berlebihan yang terjadi pada diri anda saat ini, bisa saja berada di poin pertama atau poin kedua dan poin-poin seterusnya. Agar rambut Anda yang rontok tidak semakin parah, maka hindarilah poin-poin yang lainnya yang dapat memperburuk kondisi kulit kepala dan folikel rambut Anda. Oleh karena itu, hindari beberapa hal yang sebenarnya masih bisa dihindari yang dapat membuat rambut rontok parah menjadi semakin parah bahkan menuai kebotakan yang tidak seharusnya terjadi.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com