Ramuan Alami Untuk Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Aktivitas yang kita lakukan setiap hari seringkali membuat kita lupa akan menjaga keselamatan diri kita. Alhasil berbagai hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi kapan saja salah satunya seperti keseleo. Keseleon pada kaki seringkali terjadi terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat atau olahraga seperti sepak bola dan volly. Keseleo jika tidak diatasi secara cepat maka akan terjadi pembengkakan pada bagian tersebut dan akan membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya.

Namun jika kita menanganinya secara dini, hal tersebut tentunya dapat diminimalisir. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati bengkak akibat keseleo salah satunya dengan menggunakan berbagai jenis ramuan alami yang terbuat dari bahan alami. Bahan-bahan yang kita gunakan mudah didapat disekitar kita dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar. Nah, sekarang silahkan Anda coba beberapa cara berikut ini :

Ramuan Alami Untuk Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

1. Almond Oil

Cara mengobati bengkak akibat keseleo yaitu dengan minyak almond

Almond Oil atau minyak almond jika dicampurkan dengan satu sendok minyak garlic akan memberikan rasa hangat pada bagian tubuh yang kita olesi dengan minyak tersebut. Jika Anda mengalami keseleo, cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan kedua minyak ini. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak sambil dilakukan pemijatan kecil maka dalam waktu dua sampai tiga hari bengkak akan mengecil.

2. Kunyit dan Lemon

Campuran lemon dan kunyit dapat digunakan untuk mengobati bengkak akibat keseleo

Kunyit merupakan jenis rempah yang biasa kita gunakan sebagai bumbu dapur. Tetapi jika kita padukan dengan buah lemon, dapat menjadi obat yang bisa mengatasi peradangan akibat terkilir. Cara pembuatan ramuan dari kunyit cukup mudah, gunakan beberapa ruas kunyit kemudian campur dengan air perasan lemon dan dioleskan pada bagian tubuh yang terkilir maka lambat laut bengkak yang terjadi akan segera kempes. Anda juga dapat membungkusnya dengan menggunakan kain katun dan mengikatnya pada bagian tersebut.

3. Miyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati bengkak akibat keseleo

Tentunya Anda sudah mengenal dekat dengan minyak yang satu ini. Minyak kayu putih biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi gatal-gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Selain itu, minyak kayu putih juga bermanfaat baik untuk mengobati bengkak yang terjadi akibat terkilir. Oleskan minyak kayu putih sambil melakukan pijatan kecil untuk memperlancar sirkulasi darak ke otot sehingga pembengkakan yang terjadi dapat segera kempes.

4. Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati bengkak akibat keseleo

Selain kunyit jenis bumbu dapur yang dapat digunakan untuk mengatasi bengkak adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan vitamin A, B6 dan E yang cukup tinggi serta mineral seperti sodium, potassium dan zat besi. Kandungan tersebut dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi karena keseleo. Caranya cukup mudah, ambil beberapa bawang putih kemudian di cincang dan tempelkan pada bagian yang bengkak setelah itu bungkus dengan kain katun halus. Dalam beberapa hari maka bengkak akan segera teratasi.

dr. Megaputera, Sp.OT

Dokter Bedah Tulang (Ortopedi) sub-spesialis lutut dan cedera olah raga. Seorang Ayah dari 2 orang Anak, Founder Surabaya Knee Centre surabayakneecentre.com