Tips dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat vital karena berperan penting bagi sistem pernapasan. Jika terjadi gangguan pada paru-paru maka berpengaruh juga pada sistem pernapasan Anda dan jika sudah terjadi seperti itu maka akan merambat dan berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung. Untuk itu menjaga kesehatan paru-paru menjadi hal yang wajib Anda lakukan agar tubuh Anda tetap dalam kondisi sehat.

Menjaga kesehatan paru-paru tidaklah sulit asalkan kita menanamkannya sejak dini. Mungkin hal yang paling sering terjadi dan sering kita jumpai adalah asap rokok dan asap kendaraan. Dua hal ini merupakan faktor terbesar yang mendorong seseorang terkena masalah pada sistem pernapasannya untuk itu, hindari rokok dan jika berkendara gunakanlah masker untuk menghindari terhirupnya asap knalpot.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru salah satunya sebagai berikut :

1. Hindari Rokok

Salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yaitu menghindari rokok

Hal utama dan yang paling penting dalam menjaga paru-paru yang perlu Anda lakukan yaitu hindari rokok dan hentikan kebiasaan merokok. Rokok merupakan benda yang memiliki kandungan zat racun yang yang disebut nikotin dan jika kandungan tersebut masuk kedalam tubuh maka dapat merusak organ penting seperti paru-paru. Survey membutkikan bahwa 10 perokok aktif 9 diantaranya terkena penyakit paru-paru. Demi menjaga kesehatan organ tubuh Anda, sebaiknya hindari rokok sedini mungkin.

2. Hindari Polusi Udara

menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan menghindari polusi

Seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa penyakit paru-paru dapat bersumber dari asap rokok dan asap kendaraan. Salah satu polusi udara yang ada saat ini berasal dari asap kendaraan sehingga jika Anda hendak melakukan perjalanan sebisa mungkin gunakan masker agar kita tidak menghirup asap kendaraan yang banyak mengandung racun itu.

3. Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin merupakan cara untuk menjaga kesehatan paru-paru

Dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi sehat dan tentunya seluruh organ didalam tubuh pun menjadi sehat. Jika Anda seorang perokok aktif, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut atau imbangi dengan hal baik seperti olahraga. Dengan berolahraga maka racun yang ada didalam tubuh dapat teratasi dan keluar melalui keringat saat kita berolahraga. Olahraga yang bagus untuk kesehatan paru-paru seperti berlari, berjalan dan renang. Jika ketiga hal tersebut dilakukan secara rutin maka paru-paru Anda akan sehat.

4. Bernafas Melalui Hidung

Bernafas melalui hidung merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru

Bernafas juga dapat mempengaruhi sehat tidaknya kondisi paru-paru kita. Bernafas menggunakan hidung lebih disarankan dibandingkan dengan menggunakan mulut. Pasalnya hidung memiliki bulu-bulu halus yang dapat menyaring kotoran ketika kita bernafas sedangkan jika kita bernafas menggunakan mulut maka tidak ada sistem penyaringan dan kotoran akan masuk dengan mudah hingga ke paru-paru.

5. Hindari Stress

Menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan menghindari stress

Stress merupakan kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan. Walaupun kelihatannya sepele, tetapi stress dapat menyebabkan terjadinya masalah pada paru-paru dan sistem pernapasan kita. Usahakan pikiran selalu tenang dengan begitu maka paru-paru Anda akan sehat dan prima.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com