Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer/Laptop

DOKTERKU.co.id – Bekerja di depan layar komputer atau layar laptop setiap hari selama berjam-jam tentu akan membawa dampak buruk bagi kesehatan mata, mata yang awalnya sehat bisa mengalami komplikasi, menjadi rabun jauh atau rabun dekat atau lebih buruk lagi. Menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer/laptop merupakan hal yang penting terutama jika pekerjaan Anda lebih banyak di depan layar daripada di lapangan. Sesungguhnya untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna laptop atau komputer itu tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan bergizi yang tinggi vitamin A sekaligus mengaplikasikan beberapa tips menjaga kesehatan mata di bawahyang akan kami paparkan dalam Artikel ini.

Apa Saja Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Pengguna Komputer/Laptop?

1. Bekerja di Tempat Yang Cukup Terang

Jika Anda ingin bekerja dengan komputer atau laptop pastikan jika tempat kerja Anda memiliki penerangan yang mencukupi, tidak terlalu gelap dan tidak juga terlalu suram. Anda bisa menggunkan kerai untuk mengatur cahaya yang masuk dari jendela ke tempat kerja. Anda bisa meletakkan lampu tepat di atas kepala atau tepat di bagian belakang punggung sehingga Anda tidak menatap langsung cahayanya. Dan pastikan untuk menghindari cahaya lampu yang datang menyoroti Anda secara langsung.

Di ruang kerja, seharusnya ada cahaya yang cukup merata via pixabay.com

Di ruang kerja, seharusnya ada cahaya yang cukup merata via pixabay.com

2. Gunakan Filter Monitor

Untuk membantu mengurangi terjadinya radiasi yang dipancarkan oleh monitor komputer atau monitor laptop Anda, usahakanlah untuk menggunakan filter glass monitor atau cukup dengan mengurangi cahaya yang masih saja yang lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan kacamata terapi saat bekerja dengan komputer atau laptop.

Filter monitor dapat mengurangi radiasi dari komputer/laptop via aliexpress.com

Filter monitor dapat mengurangi radiasi dari komputer/laptop via aliexpress.com

3. Periksa Monitor Komputer/Laptop

Salah satu trik untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer/laptop adalah memeriksa monitor laptop atau komputer Anda, apabila gambar yang ditampilkan di monitor tidak jelas dan tidak konsisten, kadang terang namun beberapa saat menjadi suram, maka Anda perlu mengganti monitor komputer atau laptop Anda. Mungkin terdengar merepotkan dan mahal, namun akan lebih baik jika Anda melakukannya daripada kesehatan mata terganggu. Bersihkan monitor laptop dan komputer sesering mungkin dari kotoran dan debu yang mengganggu layar sehingga layar komputer atau laptop terlihat buram.

Bersihkan monitor laptop Anda dari debu via wikihow.com

Bersihkan monitor laptop Anda dari debu via wikihow.com

4. Atur Posisi Monitor Dengan Baik

Anda bisa meletakkan layar monitor senyaman mungkin, usahakan untuk meletakkannya membentuk sudut di antara 10-15 derajat dari posisi yang sejajar dengan pandangan mata Anda. Tujuannya untuk menjaga bahu serta leher Anda sehingga selama bekerja terasa cukup nyaman dan tidak melelahkan mata.

Atur posisi monitor Anda dengan baik via fastcompany.com

Atur posisi monitor Anda dengan baik via fastcompany.com

5. Gunakan Font Yang Cukup Besar

Jika pekerjaan utama Anda adalah mengedit naskah novel, maka pastikan untuk menggunakan huruf yang berukuran cukup besar, atau idealnya gunakan saja font size 12, jangan memaksakan diri dengan menggunakan font size yang berukuran kecil karena akan menyiksa mata Anda. Setelah Anda selesai mengedit naskah atau selesai membacanya, Anda bisa mengutak-atik font dan font size sesuai kehendak Anda.

Gunakan font size 12 via dokterku.co.id

Gunakan font size 12 via dokterku.co.id

6. Beristirahat sejenak

Beristirahat ketika bekerja di depan laptop yang cukup lama, dapat menjaga kesehatan mata Anda!

Seperti badan yang butuh istirahat, mata Anda juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Setelah bekerja selama berjam-jam di depan komputer, berhentilah sebentar, walaupun pekerjaan Anda belum selesai, Anda bisa menyelesaikannya setelah beristirahat selama beberapa jam.

Mata Anda juga membutuhkan waktu untuk beristirahat via beritagar.id

Mata Anda juga membutuhkan waktu untuk beristirahat via beritagar.id

7. Periksa Lensa Kontak atau Kacamata

Jika Anda memilih pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk bekerja sepanjang hari tepat di depan komputer maka usahakanlah untuk menggunakan kacamata yang baik, agar penglihatan mata tampak lebih optimal, gunakan resep kacamata 83%.

Gunakan kacamata yang baik via pixabay.com

Gunakan kacamata yang baik via pixabay.com

 

 

Menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer sangatlah penting karena mata merupakan bagian dari panca indera yang sangat penting yang sudah seharusnya dijaga dan dirawat dengan baik setiap harinya.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com
Tips menjaga kesehatan mata depan komputer