Tips-tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga yang harus dijaga. Sekaya apapun orang tetapi kesehatannya bermasalah maka kita tidak akan bahagia dan dirundung kecemasan. Untuk itu menjaga kesehatan adalah hal utama yang harus dilakukan agar tetapi dapat beraktivitas sehari-hari. Tentunya kita kerap mendengar tentang jual beli ginjal. Orang yang memiliki masalah dengan ginjalnya kerap mencari donor ginjal yang mana jika ada yang berani mendonorkan ginjalnya maka akan diberi imbalan hingga millyaran rupiah.

Angka yang sangat besar pastinya, karena itulah kesehatan menjadi harga mati bagi kita dan kita harus benar-benar menjaganya. Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital dimana ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan asam basa, mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah dan merangsang sum-sum tulang. Organ tubuh ini juga sangat berkaitan dengan organ lainnya sehingga jika terjadi masalah pada ginjal sangat berkemungkinan besar akan merambat keorgan tubuh yang lainnya.

Menjaga kesehatan ginjal tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, hanya saja terkadang tidak adanya kemauan dan usaha yang membuat Anda mengalami kesulitan. Gaya hidup dan pola makan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan pada ginjal, untuk itu bagi Anda yang memiliki kebiasaan buruk sebaiknya hindari agar kesehatan Anda tetap terjaga. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal diantaranya sebagai berikut.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Tips menjaga kesehatan ginjal yang pertama adalah mengkonsumsi makanan sehat

Makanan adalah sebuah penentu hidup kita. Jika setiap hari tubuh diberi asupan makanan yang bergizi pastinya kekebalan tubuh juga akan meningkat dan kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuram, dan kacang-kacangan akan membantu tubuh kita untuk mencegah timbulnya masalah pada ginjal. Kurangi asupan garam dan makan berlemak.

2. Jangan Merokok

Tips menjaga kesehatan ginjal yang kedua yaitu jangan merokok

Tentunya Anda sudah tahu tentang bahaya rokok karena pada kemasan rokok sendiri sudah disebutkan bahwa merokok merusak organ tubuh seperti jantung, paru-paru dan ginjal. Dengan tidak merokok maka sama saja Anda mengurangi resiko penyakit ginjal sebanyak 30%. Maka dari itu rubahlah gaya hidup Anda yang kurang sehat ini menjadi lebih baik.

3. Olahraga Teratur

Tips menjga kesehatan ginjal yang ketiga yaitu berolahraga secara teratur

Olahraga menjadi salah satu solusi yang mudah dilakukan dan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit salah satunya ginjal. Dengan berolahraga maka seluruh organ tubuh akan berfungsi secara normal dan membakar zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang bisa menyebabkan penyakit seperti lemak dan kolesterol. Untuk itu kami sarankan kepada Anda untuk berolahraga minimal 3kali dalam seminggu.

4. Jauhi Alkohol dan Perbanyak Minum Air Putih

Tips menjaga kesehatan ginjal yang keempat adalah jauhi alkohol dan perbanyak minum air putih

Sudah banyak orang yang meninggal dunia karena mengkonsumsi minuman beralkohol. Tubuh boleh mendapatkan asupan alkohol tetapi tidak lebih dari 1%. Jadi bagi Anda yang biasa mengkonsumsi minumal beralkohol dengan kadar tinggi sebaiknya jauhi mulai dari sekarang karena dapat merusak fungsi organ tubuh salah satunya ginjal. Ganti minuman beralkohol tersebut dengan air putih minimal 8 gelas perhari.

5. Kurangi Mengkonsumsi Obat-obatan Penghilang Rasa Sakit

Tips menjaga kesehatan ginjal yang kelima yaitu kurangi mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit

Obat yang terlalu sering kita makan dapat menjadi bomerang buat kita sendiri karena bisa menjadi racun bagi ginjal. Untuk itu batasi penggunaan obat dan jika Anda sakit, lebih baik periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter dan berkonsultasilah mengenai kesehatan Anda tersebut jangan hanya mengkonsumsi obat-obatan yang banyak beredar dipasaran.

Jika Anda bisa mematuhi dan menjalani beberapa cara yang telah kami sebutkan diatas, maka untuk jangka panjangnya kesehatan ginjal Anda akan tetap terjaga dengan baik. Perlu Anda ketahui bahwa setiap hari ginjal bertugas menyaring kurang lebih sekitar 200 liter darah didalam tubuh. Jika fungsi ginjal bermasalah maka akan berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas dapat menjadi pedoman dan bermanfaat bagi kita semua.

Klinik Parakita Medika

Klinik Parakita Medika adalah Klinik Pratama yang melayani pengobatan umum & gigi. Pemeriksaan laboratorium & Apotik. Website resmi Klinik Parakita Medika: www.klinikparakita.com