Waspada Tanda dan Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Jika Tidak Mau Didiagonosa Menderita Penyakit Ini

Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan kelainan metabolic yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti ketidakmampuan tubuh kita untuk memanfaatkan insulin atau karena kurangnya insulin, dan adanya simtoma berupa hiperglikemia kronis serta adanya gangguan metabolisme lemak, karbohidrat, serta protein yang diakibatkan oleh banyak faktor, seperti defisiensi transporter glukosa maupun defisiensi sekresi hormon insulin atau aktivitas insulin. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, bila Anda tidak indahkan, tidak menutup kemungkinan jika akan terjadi berbagai komplikasi yang membahayakan kesehatan tubuh Anda. Tanda klasik dari penyakit diabetes adalah berat badan yang hilang drastis, sering merasa haus dan sering buang air kecil serta sering lapar. Untuk lebih jelasnya, coba simak beberapa penyebab penyakit diabetes dan beberapa tanda penyakit diabetes di bawah ini:

Mempunyai Keluarga Yang Menderita Diabetes? Anda Lebih Berisiko Terkena Penyakit Ini

mencegah penyakit diabetes yang disebabkan oleh faktor genetika

Penyebab yang paling memungkinkan mengapa seseorang pada akhirnya positif menderita penyakit diabetes adalah faktor genetika. Anda yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini, sangat dianjurkan untuk rajin melakukan check up ke rumah sakit untuk menghindari atau mencegah penyakit diabetes yang disebabkan oleh faktor genetika. Dan bila ternyata Anda sudah didiagonosa menderita penyakit ini karena faktor genetika, maka lakukan beberapa upaya medis untuk mencegah penyakit diabetes memicu komplikasi penyakit yang lebih kronis.

Gaya Hidup Yang Bermewah-mewah, Tubuh Yang Akan Rusak Jika Anda Tidak Merawatnya

Hidup Yang Bermewah-mewah

Tubuh yang sehat lama kelamaan bisa menjadi rusak apabila tidak dirawat dengan baik, tidak mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak berolahraga secara teratur dan tidak beristirahat secara teratur juga tidak minum air putih setiap hari. Gaya hidup yang tidak sehat, meliputi bekerja terlalu lama, pola makan yang tidak teratur dan lebih sering mengkonsumsi minuman beralkohol serta junk food, kurang berolahraga dan tidak tidur akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi, secara tidak langsung, gaya hidup tidak sehat merupakan penyebab penyakit diabetes yang seharusnya Anda bisa hindari segera.

Bukan Cuman Yang Tua Yang Berisiko Penyakit Diabetes, Tetapi Yang Masih Mudah Juga Berisiko Karena Lingkungan Sekitar Yang Tidak Sehat

sering mengkonsumsi minuman beralkohol serta junk food

 

Terlalu banyak makan dapat meningkatkan kadar gula dan lemak di dalam tubuh. Kondisi ini dapat mengakibatkan kelenjar pancreas bekerja keras untuk memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengolah gula yang masuk. Apabila suatu saat nanti pankreas tidak dapat memenuhi kebutuhan hormon insulin di dalam tubuh yang setiap saat terus bertambah, maka kelebihan gula tidak bisa diolah lagi dengan baik dan terpaksa masuk ke dalam darah juga urine. Pada dasarnya, konsumsi makanan itu tergantung diri Anda sendiri, namun bila Anda masih tinggal bersama orang tua atau kasarnya belum hidup mandiri, mau tidak mau harus bisa menyesuaikan dengan menu makanan yang ada dan inilah salah satu penyebab mengapa banyak orang yang tidak bisa mengaplikasikan gaya hidup sehat tidak lain karena terhambat oleh lingkungan di sekitarnya yang tidak dapat mendukung 100%. Lingkungan di sekitar bisa menjadi penyebab mengapa tubuh Anda menderita penyakit diabetes atau penyakit lainnya.

Sering Haus berlebihan? Salah Satu Gejala Penyakit Diabetes

Haus berlebihan? Salah Satu Gejala Penyakit Diabetes

Anda yang menderita penyakit ini, pasti seringkali merasa haus. Setiap saat bawaannya ingin minum air padahal Anda sudah minum air lebih dari 10 gelas. Selain mengalami haus berlebihan, Anda juga sering merasa lapar, walaupun sudah makan banyak, tubuh masih meminta makan hingga Anda tidak menyadari jika sudah makan sangat banyak.

Kehilangan Berat Badan

Kehilangan Berat Badan

Apakah Anda betul-betul mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes sehingga Anda merasa baik-baik saja, disaat tubuh memperlihatkan beberapa gejala yang ada, salah satunya adalah Anda kehilangan berat badan secara drastis.

dr. Irwan Ashari

Staf Dosen FK Unismuh & Direktur Klinik Parakita Medika. Akrab dipanggil dokter Irga, dan merupakan salah satu dokter yang aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Kunjungi web pribadi dokterirga.com