Waspada Penyakit Diabetes Dengan Cara Mengenal Gejalanya

Salah satu penyakit yang paling berbahaya dan harus Anda hindari karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya adalah penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau yang lebih mudah disebut sebagai penyakit kencing manis ini menjadi momok bagi semua orang, mereka yang sudah positif didiagonosa menderita penyakit diabetes, kami sarankan untuk lebih menjaga kesehatan tubuhnya karena semua bentuk penyakit diabetes ini dapat meningkatkan risiko komplikasi untuk jangka yang cukup panjang. Komplikasi utama untuk jangka panjang adalah rusaknya pembuluh darah dan penderita diabetes 2 kali lebih berisiko untuk mendapatkan penyakit kardiovaskuler atau sekitar 75% kematian diakibatkan oleh penyakit diabetes yang berkomplikasi menjadi penyakit jantung koroner. Waspada penyakit diabetes harus  Anda lakukan sejak awal sehingga komplikasi buruknya bisa Anda hindari sejak dini dan risiko kematian karena penyakit jantung koroner tidak terjadi. Selengkapnya tentang penyakit diabetes bisa Anda simak di bawah ini:

Selalu Merasa Lapar dan Haus

Sering Merasa Lapar dan Haus

Anda yang dari kecil hobi makan dan minum dan sudah memeriksakan diri ke dokter dan tidak menemukan gejala penyakit apa pun, mungkin Anda tidak harus merasa khawatir, namun sangat berbeda jika Anda yang pada awalnya tidak suka makan dan minum menjadi sangat menyukai kegiatan ini, makan yang biasanya sehari 2 kali menjadi bertambah intensitasnya 2-3 kali lipat. Kondisi ini merupakan kondisi tidak wajar yang termasuk pada salah satu tanda dari penyakit diabetes.

Kehilangan Berat Badan Secara Drastis

Kehilangan berat badan Secara Drastis

Aneh sekali rasanya jika Anda kehilangan berat badan tiba-tiba secara drastis padahal Anda tidak sedang melakukan program diet, tidak sedang rutin berolahraga atau tidak sedang sakit. Kehilangan berat badan dalam jumlah drastis dalam satu minggu patut kamu waspadai karena hal tidak wajar ini merupakan salah satu gejala dari penyakit diabetes dan beberapa penyakit kronis lainnya, seperti HIV/AIDS.

Nafas Berbau Buah

aroma nafas yang berbau buah

Waspada penyakit diabetes sudah harus Anda lakukan sejak kecil atau awalilah dari hari ini. Kebanyakan orang-orang tidak mengetahui apa saja penyebab penyakit diabetes dan apa saja gejala penyakit diabetes padahal kedua hal tersebut sangatlah penting dan seharusnya sudah diketahui sejak awal. Salah satu gejala penyakit diabetes yang terkesan unik dan tidak biasa adalah aroma nafas yang berbau buah. Aroma nafas yang tercium seperti buah sangatlah wajar jika Anda telah menghabiskan banyak sekali buah, namun akan menjadi sangat tidak wajar bila sebelumnya kamu tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung buah namun aroma nafas kamu tercium seperti aroma buah.

Selalu Merasa Kelelahan

Selalu merasa kelelahan merupakan tanda penyakit diabetes yang harus kamu waspadai

Cepat lelah bukanlah gaya kamu karena Anda termasuk orang yang dinamis dan pekerja keras, suka melakukan lembur dan sangat berdedikasi, namun sayangnya beberapa hari ini, tubuh Anda berkata lain, tubuh yang biasanya penuh semangat, tiba-tiba saja selalu merasa kelelahan, padahal tidak banyak pekerjaan berat yang Anda lakukan, namun tetap saja tubuh terasa letih dan lemas, bawaannya ingin selalu berbaring dan tidur. Selalu merasa kelelahan merupakan tanda penyakit diabetes yang harus Anda waspadai karena tidak semua orang mengaggap gejala ini sebagai gejala penyakit diabetes melainkan gejala penyakit biasa.

Kehilangan Konsentrasi

Terlalu banyak pekerjaan dan masalah di rumah mungkin bisa menghilangkan konsentrasi dan perhatian Anda, namun bagaimana jika penyebab kehilangan konsentrasi ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan masalah di rumah maupun masalah di pekerjaan melainkan berkaitan erat dengan gejala penyakit diabetes.

Usahakanlah untuk selalu waspada penyakit diabetes, karena bila sudah terjadi komplikasi yang kronis bisa mengakibatkan kematian.

dr. Irwan Ashari

Staf Dosen FK Unismuh & Direktur Klinik Parakita Medika. Akrab dipanggil dokter Irga, dan merupakan salah satu dokter yang aktif menulis di DOKTERKU.co.id. Kunjungi web pribadi dokterirga.com